CEK FAKTA: Bakal Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Benarkah Burundi Negara Termiskin di Dunia?

Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi sebanyak dua kali di FIFA Matchday Maret 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 11 Maret 2023 | 16:30 WIB
Timnas Burundi. (Dok. FIFA)

Timnas Burundi. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday Meret 2023, Burundi disebut sebagai negara dengan status termiskin di dunia, benarkah?

Klaim Burundi merupakan negara termiskin di dunia itu muncul dari unggahan video kanal YouTube KabarPedia.

Namun tidak menyinggung agenda FIFA Matchday melawan timnas Indonesia pada Mret 2023, karena video tersebut diunggah pada 27 Desember 2022.

Baca Juga: Profil Youssouf Ndayishimiye, Bek Tangguh Burundi yang Siap Sulitkan Lini Depan Timnas Indonesia

Berjudul 'Burundi: Negara Termiskin yang Dijuluki Neraka di Dunia', narator kanal YouTube tersebut menjelaskan sisi kelam negara ini.

Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton lebih dari 973 ribu kali, dengan lebih dari 5 ribu jempol like dari para penonton.

Di awal video, narator menjelaskan mengapa Burundi bisa mendapat status termiskin di dunia bahkan ketika sudah mendapat 6 dekade kemerdekaan.

Baca Juga: Elkan Baggott Baru Tampil Sekali di Cheltenham Town FC, Sang Pelatih Ungkap Alasannya

Negara ini masih jadi termiskin di dunia, narator juga mengutip data dari Global Finance Magazine di mana sebanyak 85 persen penududuk memenuhi kebutuhan hidup hanya dengan Rp17.500.

Nilai kekayaan masyarakat Burundi juga tidak dilihat dari kemewahan gaya hidup, melainkan diukur dari kepemilikan sapi.

Dibanding uang, masyarakat Burundi lebih memilih memiliki sapi karena dianggap sebagai barang paling mewah, karena itu tak semua orang di negara ini punya sapi.

Baca Juga: Timnas Burundi Resmi Hadapi Indonesia di FIFA Matchaday, Erick Thohir juga Siapkan Lawan Lain di Bulan Juni dan November

Burundi memiliki tingkat kebahagiaan rendah, berdasar World Happines Report, di tahun 2020 negara ini menempati peringkat 140 paling tidak bahagia.

Dari total 153 negara yang diteliti, berdasarkan produk domestik bruto, kebebasan memilih hidup, bantuan sosial hingga kesehatan.

Negara ini juga dijuluki sebagai neraka di dunia, akibat adanya kekerasan peran saudara yang berlangsung sejak 1972 hingga 2018 dengan jutaan korban jiwa.

Baca Juga: Daftar Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Timnas Indonesia, Terkini Burundi

Selain itu faktor yang membuat Burundi menjadi termiskin di dunia adalah letak geografis, Burundi adalah negara yang terkurung daratan di Asia Timur.

Berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di sebelah selatan dan timur, serta Republik Demokrasi Kongo di sisi barat.

Sektor pertanian yang tak stabil padahal sekitar 90 persen dari total penduduk negara ini sangat mengandalkan sektor pertanian.

Selain itu ditambah siklus perang sejak negara ini merdeka dari Belgia.

Perang saudara membuat tingkat kemiskinan meningkat, dari 48 persen menjadi 67 persen, pengelolaan keuangan oleh pemerintah juga tidak efektif.

Barang pribadi milik masyarakat disita, diganti dengan subsidi untuk listrik dan bahan bakar, tetapi memengaruhi harga lewat sektor terkait.

PENJELASAN

Menurut data World Population Review 2022, Burundi masih berada di puncak teratas daftar negara termiskin di dunia.

Pada Februari 2023 lalu, Global Finance merilis pernyataan bahwa sekitar 90 persen dari sekitar 12 juta penduduk Burundi sangat bergantung pertanian.

Meski sebagian besar dari masyarakat ini berada dalam kondisi kemiskinan yang ekstrem, catatan ini membenarkan narasi kanal YouTube KabarPedia.

Pun demikian dengan negara dengan tingkat kebahagiaan rendah yang dirilis World Happines Report (WHR) juga menunjukkan data yang sama.

KESIMPULAN

Sesuai dengan data yang dicantumkan kanal YouTube KabarPedia, klaim mengenai Burundi merupakan negara termiskin di dunia benar adanya.

Informasi yang diberikan KabarPedia valid, tidak hoaks dan berdasarkan data yang ada dan dirilis ke publik oleh pihak bersangkutan.

Keadaan ekonomi negara Burundi tentu tidak akan memengaruhi pertandingan melawan timnas Indoensia di FIFA Matchday Maret 2023 mendatang.

Di atas lapangan pertandingan, kualitas sepak bola yang menjadi kunci tim mana bakal memetik kemenangan dan menelan kekalahan.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak