Bolaindonesia

3 Dampak Positif bagi Timnas Indonesia jika Serbia Gabung ke AFF

Inilah dampak-dampak positif apabila Serbia gabung AFF

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Serbia Dusan Tadic (Tengah) menghadiri sesi latihan bersama rekan satu timnya di Al Arabi SC di Doha pada 21 November 2022, selama Piala Dunia Qatar 2022. (AFP/Andrej Isakovic)
Penyerang Serbia Dusan Tadic (Tengah) menghadiri sesi latihan bersama rekan satu timnya di Al Arabi SC di Doha pada 21 November 2022, selama Piala Dunia Qatar 2022. (AFP/Andrej Isakovic)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bisa saja mendapat sejumlah dampak positif apabila Serbia nantinya benar-benar mewujudkan keinginannya untuk bergabung ke ASEAN dan AFF.

Sebab, bergabungnya Serbia ke ASEAN dan AFF bisa saja memberikan sejumlah keuntungan besar bagi dunia sepak bola Indonesia yang muaranya tentu berdampak pada kualitas timnas Indonesia.

Sebelumnya, keinginan Serbia untuk bisa bergabung ke ASEAN itu telah disampaikan oleh Perdana Menteri, Ana Brnabic, ketika berjumpa dengan Presiden Singapura, Halimah Yacob dan Menteri Pertahanan Nasional, Teo Chee Hean.

Dalam pertemuan tersebut, Ana Brnabic mendapatkan dukungan penuh dari Singapura agar Serbia bergabung dengan ASEAN. Singapura siap mendorong Serbia untuk meneken perjanjian kerja sama dan persahabatan dengan negara di Asia Tenggara.

“Dan Perdana Menteri (Brnabic) mengatakan Serbia mendapat dukungan untuk bergabung dengan ASEAN, sebagai negara yang tidak menjadi bagian dari Kawasan Asia Tenggara,” bunyi pernyataan resmi pemerintah Serbia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah dampak positif yang bisa diperoleh timnas Indonesia apabila Serbia benar-benar bergabung ke AFF.

1. Meningkatkan Level Permainan

Timnas Indonesia tentu akan semakin berat untuk bisa menjadi tim terkuat di AFF jika nantinya timnas Serbia benar-benar bergabung ke ASEAN dan federasinya juga ikut menjadi anggotanya.

Sebab, level permainan serta kemampuan para pemain Serbia sudah berada jauh di atas Indonesia. Hal ini terbukti dari kualitas pemain-pemain Serbia yang banyak tersebar di Eropa hingga menjadi legenda.

Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi pelecut semangat tersendiri bagi seluruh stakeholder sepak bola di Indonesia untuk belajar agar kualitas pemainnya bisa menyaingi Serbia.

Sebab, jika hal itu tidak diikuti dengan perbaikan kualitas, timnas Indonesia akan semakin tersisih dari persaingan ketat, bahkan hanya untuk level Asia Tenggara.

2. Timnas Indonesia Dapat Sorotan Lebih Banyak di Eropa

Selanjutnya, keuntungan lainnya yang juga bisa diperoleh timnas Indonesia apabila Serbia bergabung ke ASEAN ialah besarnya sorotan yang diberikan media-media Eropa.

Dengan keluarnya Serbia dari Uni Eropa untuk bergabung ke Asosiasi Negara Asia Tenggara, tentu media-media Eropa akan semakin banyak menyoroti kondisi ASEAN, termasuk dari segi industri sepak bolanya.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan pamor skuad Merah Putih di mata dunia. Dengan begitu, PSSI tidak akan kesulitan untuk mencari lawan uji coba internasional di Eropa karena namanya mulai dikenal.

Tak hanya itu saja, setiap kiprah timnas Indonesia di Piala AFF yang bersentuhan dengan Serbia juga akan semakin mendapat perhatian dunia.

3. Membuka Peluang Pemain Indonesia Berkarier di Serbia

Bergabungnya Serbia ke ASEAN juga bakal berdampak positif bagi karier para pemain Indonesia. Sebab, mereka akan mendapatkan peluang besar untuk meniti karier di sana.

Hal ini tentunya tak terlepas dari perhatian besar klub-klub Serbia yang lebih mengenal sepak bola di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. Mereka akan mencari bakat-bakat terbaik yang bisa direkrut dan dilatih di Serbia.

Dengan peluang semacam ini, para pemain Indonesia bakal mendapat kesempatan untuk bergabung dengan klub-klub Serbia dan ditempa di ekosistem pembinaan usia dini yang lebih matang.

Kesempatan ini juga menjadi keuntungan tersendiri karena pemain-pemain Indonesia juga bisa membuka pintunya untuk berkarier di Eropa.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini