Bolaindonesia

Shin Tae-yong Akui Kualitas Rafael Struick dan Zico Soree, tapi ...

Shin Tae-yong mengungkapkan kekurangan dari Rafael Struick dan Zico Soree

Irwan Febri Rialdi

Pemain keturunan, Rafael Struick dan Zico Soree yang gabung TC timnas Indonesia U-20. (Twitter/@FT_IDN)
Pemain keturunan, Rafael Struick dan Zico Soree yang gabung TC timnas Indonesia U-20. (Twitter/@FT_IDN)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dua calon pemain naturalisasi, Rafael Struick dan Zico Soree. Terutama setelah keduanya tampil kontra Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, kualitas individu dua pemain berdarah Belanda-Indonesia itu bagus. Namun, secara organisasi permainan, mereka dinilai perlu berbenah.

"Mereka memiliki kemampuan individu yang baik. Namun, secara organisasi masih kurang," kata Shin, diunggah di akun Youtube PSSI TV, Minggu (20/11/2022).

Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia U-20. (dok PSSI)
Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia U-20. (dok PSSI)

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa kekurangan tersebut wajar lantaran Rafael dan Zico baru bergabung dengan timnas Indonesia U-20. Mereka baru berlatih bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Spanyol, Jumat (18/11/2022).

Keesokan harinya, Rafael dan Zico turut berlaga kontra Slovakia, di mana Indonesia kalah 1-2. Meski demikian, Rafael mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut.

"Mereka belum mengikuti sesi latihan normal dengan pemain lain, tetapi langsung bertanding bersama tim," kata Shin Tae-yong menambahkan.

Penyerang asal Belanda keturunan Indonesia Zico Jamai Soree dan pemain sayap Rafael William Struick. [Dok.Antara]
Penyerang asal Belanda keturunan Indonesia Zico Jamai Soree dan pemain sayap Rafael William Struick. [Dok.Antara]

Sementara dua calon pemain naturalisasi lainnya, Ivar Jenner dan Justin Hubner, disebut Shin sudah mampu beradaptasi dengan Garuda Nusantara karena keduanya sudah mencicipi empat pertandingan uji coba selama di Turki maupun Spanyol.

Zico Jamai Soree merupakan penyerang berusia 19 tahun dan kini bermain untuk tim U-21 PEC Zwolle di Belanda. Sementara Rafael Struick (19 tahun) adalah pemain sayap klub ADO Den Haag, tim yang berkompetisi di liga lapis kedua Belanda.

Justin Hubner (19 tahun) merupakan bek tengah bertinggi badan 1,87 meter yang berkarier di tim Wolverhampton Wanderers di Inggris. Sedangkan Ivar Jenner (18 tahun) adalah gelandang asal Belanda dan kini bermain untuk skuad U-21 FC Utrecht di Belanda.

Mereka berempat diproyeksikan untuk untuk membela Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Selama menjalani pemusatan latihan, timnas yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 menjadi beberapa laga persahabatan baik di Turki maupun Spanyol.

Selama pemusatan latihan di Turki, 16 Oktober-13 November , skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023. Sedangkan Piala Dunia U-20 2023 berlangsung di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni 2023, demikian Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini