Bolaindonesia

Presiden Jokowi: Indonesia Bersedia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Indonesia akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036

Irwan Febri Rialdi

Presiden Jokowi perintahkan PSSI hentikan Liga 1 sementara. (YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi perintahkan PSSI hentikan Liga 1 sementara. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Bolatimes.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Lokasi yang akan dicalonkan adalah ibu kota baru, Nusantara.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam pernyataan yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan itu di sela-sela menghadiri rangkaian kegiatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, terlihat dari baju putih lengan panjang yang dikenakannya bersematkan logo G20 2022.

Sebelum menyatakan kesiapan pencalonan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan kesepakatan tentang peran penting olahraga di antara para pemimpin G20.

Jokowi mengingatkan bahwa di tengah situasi global yang diwarnai invasi militer Rusia ke Ukraina, peran olahraga menjadi lebih penting.

"Saya sebagai Ketua G20 2022 bersama pemimpin G20 lainnya, menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," katanya.

Menurut Jokowi sejumlah Olimpiade mendatang baik musim panas maupun musim dingin akan menghadapi tantangan kesuksesan penyelenggaraan demi menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga.

Jokowi menyebutkan hal itu dihadapi oleh Olimpiade musim panas Paris 2024, Olimpiade musim dingin Milan-Cortina 2026, Olimpiade musim panas Los Angeles 2028, Olimpiade musim panas Brisbane 2032, serta Olimpiade musim dingin remaja Gangwon 2024 dan Olimpiade musim panas remaja Dakkar 2026.

Pesan tentang peranan penting olahraga di dunia juga sebelumnya sempat disampaikan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach serta Presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino yang turut menghadiri jamuan makan siang pemimpin negara dan delegasi KTT G20 di Bali pada Selasa (15/11) kemarin.

Keduanya diberi kesempatan berbicara oleh Presiden Jokowi dalam jamuan makan siang tersebut, di mana Bach menyerukan persatuan dunia, sedangkan Infantino mengimbau agar Rusia-Ukraina berkenan melakukan gencatan senjata selama Piala Dunia 2022 Qatar yang bakal bergulir mulai Minggu 20 November ini. (Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini