Bolaindonesia

Kisah Timnas Indonesia Tumbangkan Juara Piala Dunia di SUGBK

Siapa sangka, Timnas Indonesia pernah kalahkan Uruguay yang pernah juara Piala Dunia di SUGBK.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sampai sejauh ini, hanya ada delapan negara yang pernah menjuarai ajang Piala Dunia. Menariknya, salah satu negara tersebut pernah ditumbangkan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Salah satu momen yang patut dikenang itu terjadi ketika timnas Indonesia menggelar pertandingan persahabatan internasional melawan negara yang sudah dua kali meraih trofi Piala Dunia, yakni timnas Uruguay.

Peristiwa bersejarah itu terjadi ketika timnas Indonesia dan Uruguay berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada 21 April 1974.

Ketika itu, skuad Merah Putih memang diperkuat sederet pesepak bola legendaris di Indonesia seperti Ronny Pattinasarany, Sultan Harhara, Abdul Kadir, Ronny Pasla, Anjas Asmara, dan lain-lain.

Setelah berjibaku sepanjang pertandingan, timnas Indonesia akhirnya berhasil menundukkan peraih gelar Piala Dunia edisi 1930 dan 1950 itu dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan ini tentu terasa sangat spesial jika melihat rekam jejak timnas Uruguay yang menjadi salah satu negara elite di dunia. Sebab, selain dua kali juara, mereka juga tercatat sebagai tim terbanyak kedelapan yang paling sering berpartisipasi di Piala Dunia.

Namun, beberapa hari berselang dari pertandingan bersejarah itu, timnas Indonesia akhirnya harus tumbang dengan skor 2-3 dari Uruguay ketika berjumpa pada pertemuan kedua.

Pertemuan Era Modern

Sebetulnya, timnas Indonesia juga pernah kembali menjajal kekuatan timnas Uruguay ketika era modern. Momen itu tepatnya terjadi pada medio OKtober 2010.

Ketika itu, timnas Indonesia menggelar laga persahabatan internasional melawan Uruguay di lokasi yang sama, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tepatnya pada 8 Oktober 2010.

Saat itu, skuad Merah Putih sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Boaz Solossa pada menit ke-18. Namun, itu menjadi gol pertama dan satu-satunya timnas Indonesia ke gawang Uruguay.

Bahkan, Uruguay yang saat itu turut diperkuat oleh Luis Suarez sukses pesta gol seusai tujuh kali membobol gawang yang dikawal oleh Markus Horison.

Tercatat, tujuh gol tersebut dicetak oleh Edinson Cavani (35’, 80’, dan 84’), Luis Suarez (43, 55’, dan 70’), dan satu lainnya disumbangkan Eguren.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini