Profil Sonhadji, Anggota Exco PSSI yang Viral usai Sebut Tragedi Kanjuruhan Terjadi karena Kehendak

Sonhadji mengatakan bahwa Tragedi Kanjuruhan sebagai kehendak Tuhan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 13:09 WIB
Anggota Exco PSSI Sonhadji menyebut Tragedi Kanjuruhan kehendak Tuhan. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Anggota Exco PSSI Sonhadji menyebut Tragedi Kanjuruhan kehendak Tuhan. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sonhadji, belakangan ini menuai sorotan tajam dari masyarakat karena pernyataannya yang menyebut Tragedi Kanjuruhan terjadi karena kehendak Tuhan.

Pernyataan kontroversial itu disampaikan Sonhadji saat Exco mendampingi sejumlah petinggi PSSI untuk menemui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada Kamis (13/10/2022).

Ketika memberikan keterangan kepada awak media, Sonhaji menyebut bahwa Insiden Kanjuruhan yang telah menewaskan 132 korban jiwa itu terjadi karena kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Sebab, dia mengatakan bahwa semua pihak sudah sesuai dengan porsi masing-masing. Tentu saja, pernyataan ini mengundang kritik keras dari publik.

“Tentunya ini di luar kehendak kita semua. Jadi tidak ada yang ke dalam bagaimana, ini maksudnya ya kehendak Allah,” kata Sonhadji.

“Maksud saya adalah, Tragedi Kanjuruhan kemarin itu di luar kehendak kita semua. Tidak ada seorang pun yang menghendaki ada peristiwa itu,” imbuhnya.

Profil Sonhadji

Sebagai informasi, Sonhadji merupakan purnawirawan perwira TNI Angkatan Darat yang telah pensiun pada tahun 2019 silam. Pangkat terakhirnya ialah Mayor Jenderal (Mayjen) alias bintang dua.

Lelaki kelahiran Brebes, Jawa Tengah, ini mengawali kariernya di dunia militer sejak lulus dari Akademi Militer pada tahun 1984. Dia memiliki pengalaman di bidang Artileri Medan.

Apabila melihat rekam jejaknya, Sonhadji sebetulnya tak memiliki pengalaman apa pun di dunia olah raga, khususnya sepak bola.

Sebab, dia tercatat menjabat sebagai Danyon Armed 1/Ajusta, Danmenarmed 1/Putra Yudha (2007-2009), Paban V/Dalprogar Srenad, dan Danpussenarmed (2013-2015).

Selain itu, ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Wadan Seskoad (2015-2016), Aspers Kasad (2016-2017), Pangdam VI/Mulawarman (2017-2018), dan TA Pengajar Bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional Lemhannas (2018-2019).

Dalam jabatannya yang terakhir itu, Sonhadji menjalin kedekatan dengan Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan, yang juga pernah bertugas di Lemhannas.

Bahkan, Sonhadjipernah menjadi salah satu tim sukses Mochamad Iriawan selama masa kampanye untuk menuju bursa pemilihan Ketum PSSI.

Selain menjabat sebagai Exco PSSI, Sonhaji juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Jabatan ini didapatkan Sonhadji melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru yang ketika itu melakukan perombakan struktur direksi.

Saat itu, mayoritas pemegang saham PT LIB, yakni klub-klub Liga 1, memutuskan untuk menunjuk mantan Wakil Ketua I PSSI, Cucu Soemantri, menjadi Direktur Utama.

Sementara itu, posisi Komisaris Utama dipercayakan kepada Sonhadji yang juga berstatus sebagai Ketua Tim Asistensi dari Lemhannas.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak