Bolaindonesia

Sehati, Inilah 10 Pemain Timnas Indonesia yang Turut Berikan Dukungan untuk Shin Tae-yong

Para pemain Timnas Indonesia berbondong-bondong berikan dukungan untuk Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia tampak ikut memberikan dukungannya terhadap keputusan Shin Tae-yong yang bakal mundur dari kursi pelatih apabila Mochamad Iriawan akhirnya meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Dukungan ini terlihat dari munculnya sejumlah pemain timnas Indonesia di kolom komentar Instagram Shin Tae-yong yang mengunggah sebuah sikap mengejutkan.

Sikap ini menanggapi desakan publik yang semakin tak terbendung terhadap Mochamad Iriawan untuk segera meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI sebagai sebuah bentuk pertanggung jawaban moral atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

Dalam unggahannya tersebut, Shin Tae-yong juga siap mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia apabila nantinya Iwan Bule benar-benar melepaskan statusnya sebagai orang nomor satu di PSSI.

“Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” tulis Shin Tae-yong via akun Instagram-nya, Rabu (12/10/2022).

“Menurut saya, jika Ketum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tambahnya.

“Karena, saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai satu tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah satu tim,” lanjutnya.

Sontak, unggahan pelatih asal Korea Selatan di akun Instagram-nya yang diterjemahkan oleh Jeong Seok-seo itu mendapat banyak sambutan dari pemain timnas Indonesia. 

Setidaknya, sampai Jumat (14/10/2022), sudah ada sepuluh nama penggawa Garuda yang memberikan dukungannya untuk Shin Tae-yong.

Sepuluh nama pemain yang dimaksud ialah Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Marc Klok dan Hokky Caraka.

Sebagian besar pemain-pemain ini memang banyak memberikan komentar dengan emoji ‘love’ di kolom komentar tersebut. Hanya ada dua nama yang memberikan komentarnya secara jelas.

Misalnya, Asnawi menulis, “This is true, Pak Iwan Bule masih yang terbaik untuk PSSI”. Sementara itu, Saddil Ramdani mengatakan, ‘Terbaik sekunci-kunci dunia”.

Dari pantauan Bolatimes.com hingga Jumat (14/10/2022) pukul 10.00 WIB, unggahan Shin Tae-yong tersebut telah disukai 325 ribu orang dan mendapat lebih dari 32 ribu komentar.

Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Nampang di Instagram Shin Tae-yong

1. Egy Maulana Vikri

2. Saddil Ramdani

3. Asnawi Mangkualam

4. Rizky Ridho

5. Witan Sulaeman

6. Elkan Baggott

7. Fachruddin Aryanto

8. Pratama Arhan

9. Marc Klok

10. Hokky Caraka

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini