Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Dukung Keputusan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sebelumnya bikin gempar dengan mengancam mundur dari pelatih Timnas Indonesia jika Iwan Bule keluar sebagai Ketua Umum PSSI.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) merangkul pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong selepas sesi konferensi pers di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Iriawan menegaskan bahwa posisi Shin sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia tetap aman meski gagal membawa anak-anak asuhnya ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (Michael Siahaan)

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) merangkul pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong selepas sesi konferensi pers di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Iriawan menegaskan bahwa posisi Shin sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia tetap aman meski gagal membawa anak-anak asuhnya ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Berikut daftar pemain Timnas Indonesia yang mendukung keputusan Shin Tae-yong mundur dari kursi kepelatihan jika Mochamad Iriawan dituntut mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Belum lama ini, jagat sepak bola Indonesia dihebohkan dengan pernyataan Shin Tae-yong yang mengisyaratkan akan mundur dari kursi kepelatihan tim nasional Indonesia.

Pernyataan kontroversial ini disampaikan pelatih asal Korea Selatan tersebut melalui unggahan di akun Instagramnya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ancam Mundur dari Timnas Indonesia, Netizen Yakin Bukan karena Skema Iwan Bule

Dalam unggahan itu, Shin Tae-yong mengungkapkan dirinya juga akan mundur jika Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan, mundur dari jabatannya.

Sebagai informasi, tuntutan agar Mochamad Iriawan mundur dari kursi Ketua Umum PSSI digaungkan belakangan ini imbas tragedi Kanjuruhan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut dituntut untuk mundur oleh netizen karena dianggap lepas tanggung jawab atas kejadian tersebut.

Baca Juga: Iwan Bule Sebut PSSI Bertanggung Jawab Penuh atas Tragedi Kanjuruhan

Desakan ini pun kian menjadi-jadi, sehingga sampai di telinga Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia.

Tak disangka, Shin Tae-yong mengeluarkan pernyataan mengejutkan jika dirinya akan mundur andai Iwan Bule juga mundur dari jabatannya.

“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” bunyi unggahan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pernyataan Shin Tae-yong Tuai Pro dan Kontra, Nova Arianto: Tanpa Tekanan dan Keluar dari Hati Terdalam

Karena pernyataan itu, pecinta sepak bola Indonesia pun terbelah menjadi dua pihak. Ada yang pro dengan pernyataan Shin Tae-yong, ada pula yang kontra.

Bahkan, para pihak yang kontra itu berani menyuarakan tagar ‘STY Out’ di media sosial karena pernyataan kontroversial itu.

Meski banyak yang kontra hingga adanya tagar ‘STY Out’, nyatanya Shin Tae-yong mendapat dukungan dari banyak pihak, salah satunya berangkat dari penggawa Timnas Indonesia.

Baca Juga: Soal Ancaman Mundur, Nova Arianto Sebut Murni Keinginan Shin Tae-yong

Kira-kira siapa saja para penggawa Timnas Indonesia yang mendukung keputusan Shin Tae-yong tersebut?

Dukungan via Instagram

Dalam unggahan Shin Tae-yong tersebut, terdapat ribuan komentar yang mampir. Saat artikel ini dibuat, total ada 28,8 ribu komentar yang meramaikan unggahan tersebut.

Dari sekian banyak komentar itu, ada beberapa penggawa Timnas Indonesia yang turut mampir dan memberikan komentarnya.

Berbanding terbalik dengan komentar yang mayoritas kontra, para penggawa Timnas Indonesia ini malah mendukung keputusan Shin Tae-yong yang ingin mundur jika Iwan Bule mengundurkan diri dari PSSI.

Para penggawa Timnas Indonesia itu antara lain:

- Asnawi Mangkualam
- Witan Sulaeman
- Saddil Ramdani
- Elkan Baggott
- Egy Maulana Vikri

Kelima pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ini memberikan komentar yang berisikan dukungan atas keputusan tersebut.

Asnawi Mangkualam bahkan secara terang-terangan menyebut bahwa Iwan Bule masih menjadi sosok terbaik yang menjabat kursi Ketua Umum PSSI.

Pengakuan Asnawi ini berbanding terbalik dengan sudut pandang para pecinta sepak bola Indonesia yang menganggap Iwan Bule seharusnya mundur dari jabatannya.

Tekanan untuk mundur ini dianggap sebagai tanggung jawab PSSI atas tragedi Kanjuruhan yang telah menelan ratusan korban jiwa.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak