Shin Tae-yong Ancam Mundur dari Pelatih Timnas Indonesia Gegara Iwan Bule, Dukungan Netizen Terpecah Jadi Dua Kubu

Dukungan netizen terpecah jadi dua kubu terkait ancaman mundur Shin Tae-yong dari pelatih Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 13 Oktober 2022 | 15:15 WIB
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong menyampaikan kabar mengejutkan dengan mengancam mundur dari posisi pelatih Timnas Indonesia jika Mochamad Iriawan tak lagi jadi Ketua Umum PSSI. Sontak pernyataan tersebut menyebabkan perpecahan dukungan di kalangan netizen.

Ia mengatakan akan melepaskan jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Iwan Bule mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum PSSI.

Pernyataan itu ia ungkapkan melalui akun instagram pribadinya pada Rabu (12/10/2022). Dalam unggahannya itu, terang-terangan ia membela Iwan Bule yang kini tengah jadi sorotan akibat Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: Mirip Indonesia, Suporter Waswas Timnas Thailand Terancam Kena Sanksi FIFA

"Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI," tulis Shin Tae-yong.

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," sambungnya.

Sebagaimana diketahui masyarakat, usai terjadi tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang, desakan publik agar Iwan Bule mundur dari PSSI semakin menguat.

Baca Juga: Gokil, Momen Mohamed Salah Cetak Hattrick dalam Waktu 6 Detik ke Gawang Rangers

Namun ternyata desakan itu ditanggapi dengan Shin Tae-yong dengan pernyataan demikian. Hal ini kemudian membuat publik terbelah.

Ada yang tetap mendukung Shin Tae-yong untuk tetap jadi pelatih timnas, namun ada juga yang merasa kesal dengan sikapnya itu karena dinilai pasang badan untuk Iwan Bule.

Terbelahnya dukungan publik terhadap pelatih asal Korea Selatan itu terlihat dalam media sosial Twitter dengan munculnnya dua tagar, yakni #STYSTAY dan #STYOut.

Baca Juga: Sering Duduk di Bangku Cadangan, Performa Egy Maulana Vikri Disorot

Warganet yang mengumandangkan tagar #STYSTAY menyatakan jika Shin Tae-yong adalah pelatih timnas terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

Terlepas dari sikapnya yang pasang badan untuk Iwan Bule, warganet lebih melihat pada sejumlah prestasi yang pernah ditorehkan timnas sejak diasuh oleh Shin Tae-yong.

Suasana haru waktu itu di stadion GELORA BUNG TOMO SURABAYA. Semua menangis haru bahagia  timnas indonesia U-20 berhasil lolos menggenggam tiket piala asia 2023. Momen ini ngak akan terlupa, terimaksih banyak terkhusus coach SHIN TAE YONG, we love you coach #STYSTAY #STYSTAY,” tulis salah satu warganet.

Baca Juga: Media Korea Selatan Curiga Shin Tae-yong Mau Pindah ke Vietnam Gantikan Park Hang-seo

Ada juga warganet yang menilai sepak bola Indonesia belum tentu menjadi lebih baik jika Iwan Bule mundur dari jabatannya sebagai Ketum PSSI.

Kalian yg minta ketum PSSI mundur jabatan apkh kalian memikirkan dampak ini sebelumnya? Apkh kalian tdk ingin timnas kita maju n lbh baik? Jika sty out kalian akan tanggung jawab mencarikan coach terbaik sprt beliau? #STYSTAY #STYSTAY SAYA INGATKAN STY SEDANG DI PANTAU VIETNAM,” sambung warganet lainnya.

Di sisi lain, warganet yang mendukung mundurnya Shin Tae-yong berpendapat bahwa nyawa 132 korban Tragedi kanjuruhan lebih penting dibanding mempertahankan Iwan Bule.

Warganet juga menilai, mundurnya Iwan Bule dari jabatannya sebagai ketum PSSI akan menjadi momen tepat untuk mereformasi asosiasi sepak bola tersebut.

reformasi besar besaran pssi harus dilakukan iwan bule dan anggota organisasi harus out semua, STY mau out juga silakan. STY orang paling bodoh memasang badan buat org yg ga menghargai dia dan memasang badan atas genosida masal #STYOut,” tulis seorang warganet.

If STY wanna leave just leave. No need to bargain. Losing 132 people in kanjuruhan is not worth for just single man. #STYout,” timpal warganet lainnya.

(Kontributor: Damayanti Kahyangan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak