Bolaindonesia

3 Pelatih Lokal yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong apabila Mundur, Saatnya bagi Indra Sjafri?

Indra Sjafri pernah ngotot ingin jadi pelatih kepala Timnas Indonesia senior

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).
Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).

Bolatimes.com - Sejumlah nama pelatih lokal muncul ke permukaan untuk menjadi kandidat yang menggantikan Shin Tae-yong dari jabatan pelatih timnas Indonesia.

Pelatih-pelatih lokal ini dinilai mampu melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan oleh Shin Tae-yong sejak akhir tahun 2019 untuk mengasuh timnas Indonesia.

Sebelumnya, mencuatnya kabar pengunduran diri Shin Tae-yong ini tak terlepas dari desakan publik yang meminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk meletakkan jabatannya. 

Publik menuntut Ketua Umum PSSI untuk mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab moril atas pecahnya Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022).

Namun, secara tidak terduga, Shin Tae-yong justru memberikan dukungan kepada Mochamad Iriawan untuk tetap mempertahankan jabatannya tersebut.

Bahkan, Shin Tae-yong turut mengancam ikut mengundurkan diri apabila nantinya lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu akhirnya melepaskan jabatannya sebagai orang nomor satu di PSSI.

Setidaknya, ada tiga nama pelatih lokal yang memiliki kemampuan serta kapasitas yang cukup mumpuni di level tim nasional untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong jika benar-benar mengundurkan diri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pelatih lokal yang cocok menggantikan Shin Tae-yong untuk menakhodai timnas Indonesia.

1. Indra Sjafri

Mundurnya Shin Tae-yong dari jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia bisa menjadi momentum come-back bagi Indra Sjafri yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik (Dirtek) PSSI.

Rekam jejak Indra Sjafri sebagai pelatih kepala sebelumnya memang sudah cukup teruji, baik di level timnas U-19 maupun timnas U-22. Bersama dua tim ini, dia juga pernah mempersembahkan gelar juara.

Yang pertama, Indra membantu timnas U-19 menjuarai ajang Piala AFF U-19 2013. Lalu ada pula gelar Piala AFF U-22 2019 yang dipersembahkan eks-pelatih Bali United ini bersama skuad Garuda Muda.

2. Nova Arianto

Nova Arianto saat ini menjadi satu-satunya nama pelatih lokal yang sudah bekerja cukup lama sebagai asisten Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Itulah sebabnya, ia menjadi kandidat terbaik untuk mengisi posisi pelatih kepala.

Pasalnya, Nova Arianto sudah memahami pola, metode, serta pendekatan Shin Tae-yong untuk melatih timnas Indonesia. Dia hanya tinggal meneruskan pekerjaan ini jika nantinya pelatih asal Korea Selatan itu benar-benar mundur.

Dengan demikian, Nova juga bisa melakukan sinkronisasi program dan metode latihan yang nantinya digunakan jajaran pelatih timnas Indonesia.

3. Bima Sakti

Selanjutnya, ada nama Bima Sakti yang menjadi salah satu pelatih lokal yang diyakini mampu mengemban tugas sebagai pelatih timnas Indonesia untuk menggantikan Shin Tae-yong.

Sebelum menjabat sebagai pelatih kepala timnas Indonesia U-16, Bima Sakti sebetulnya sudah pernah memiliki sederet pengalaman sebagai asisten. Salah satunya di bawah kepemimpinan Luis Milla.

Bima juga sempat membawa timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Gaya kepemimpinan Bima Sakti yang juga mengandalkan attitude tentu menjadi nilai plus jika nanti ditunjuk mengasuh skuad Merah Putih.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini