Bolaindonesia

3 Calon Pengganti Shin Tae-yong di SEA Games 2023, Siapa Paling Cocok?

Inilah tiga kandidat yang digadang-gadang cocok menggantikan Shin Tae-yong di SEA Games 2023

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memimpin sesi latihan. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memimpin sesi latihan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - erikut tiga calon pengganti Shin Tae-yong guna menukangi Timnas Indonesia U-23 di gelaran SEA Games 2023 Kamboja mendatang.

Belum lama ini, PSSI membuat wacana untuk menggantikan peran Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pada gelaran SEA Games 2023 Kamboja.

Wacana ini dikemukakan mengingat padatnya agenda yang akan dilakoni juru taktik berusia 51 tahun tersebut pada tahun depan.

Selain SEA Games 2023, Shin Tae-yong harus berjibaku dengan menukangi Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023, dan Piala Dunia U-20 2023.

Selain ajang-ajang tersebut, Shin Tae-yong juga dihadapkan pada agenda FIFA Matchday bersama Timnas Indonesia.

Mengingat SEA Games 2023 Kamboja akan berlangsung pada 5-16 Mei 2023, maka ajang tersebut akan berdekatan dengan penyelenggaraan ajang-ajang lainnya.

Karenanya, PSSI pun mencari alternatif agar Shin Tae-yong tak dibuat sibuk dengan agenda yang begitu padat di tahun 2023 mendatang.

PSSI pun berencana melepaskan tanggung jawab Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 nanti pada gelaran SEA Games 2023 mendatang.

Induk sepak bola Indonesia itu pun berencana merekrut pelatih baru untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di ajang dua tahunan tersebut.

Melihat rencana ini, berikut tiga pelatih lokal yang bisa menjadi opsi PSSI untuk menggantikan Shin Tae-yong di SEA Games 2023 mendatang.

1. Bima Sakti

Nama pertama yang bisa dilirik PSSI untuk mengisi kursi Shin Tae-yong di SEA Games 2023 Kamboja nanti adalah pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Bima Sakti bisa menjadi alternatif mengingat dirinya cukup berprestasi sebagai pelatih tim nasional. Prestasi ini dibuktikannya bersama Timnas Indonesia U-16 beberapa waktu lalu.

Mantan pemain Persema Malang tersebut diketahui bisa membawa Timnas Indonesia U-16 berprestasi dengan meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

2. Indra Sjafri

Direktur Teknik PSSI saat ini, Indra Sjafri, juga bisa menjadi opsi untuk mengisi kursi Shin Tae-yong di SEA Games 2023 Kamboja mendatang.

Indra Sjafri bisa ditunjuk mengingat pengalaman yang ia miliki. Diketahui, dirinya pernah menukangi Timnas Indonesia kelompok umur.

Bahkan, Indra Sjafri pernah membawa Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke final SEA Games 2019 Filipina, kendati tumbang dan hanya meraih medali perak.

3. Nova Arianto

Jika menginginkan wajah baru di kursi kepelatihan Timnas Indonesia, maka tak ada salahnya PSSI mencoba melirik sosok Nova Arianto.

Nova Arianto memang belum teruji sebagai pelatih tim nasional. Namun ia punya pengalaman melatih di tim kelompok umur klub-klub Indonesia.

Di sisi lain, Nova Arianto juga berpengalaman sebagai asisten pelatih, termasuk sebagai asisten Shin Tae-yong. Pengalaman ini akan berguna nantinya di SEA Games 2023, mengingat dirinya pasti paham betul dengan taktik pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini