Bolaindonesia

3 Alasan Timnas Indonesia U-19 Bisa Kalahkan Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia U-19 wajib menang lawan Hong Kong.

Husna Rahmayunita

Kiper Timnas Indonesia U-19 Cahya Supriadi (ketiga kanan) menangkap bola tembakan pesepak bola Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 Idzzaham Aleshahmezan (kedua kanan) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Kiper Timnas Indonesia U-19 Cahya Supriadi (ketiga kanan) menangkap bola tembakan pesepak bola Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 Idzzaham Aleshahmezan (kedua kanan) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Bolatimes.com - Pada pertandingan kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-19 diyakini mampu meraih kemenangan secara mudah saat berjumpa Hong Kong.

Duel timnas Indonesia U-19 melawan Hong Kong ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (16/9/2022), pukul 20.00 WIB.

Apabila melihat peta kekuatan dan persaingan di Grup F, tentu saja timnas Indonesia U-19 memiliki sejumlah keunggulan dan ketimbang Hong Kong.

Keunggulan-keunggulan ini wajib dimanfaatkan oleh tim asuhan Shin Tae-yong, sehingga bisa dengan mudah menaklukkan perlawanan Hong Kong.

Secara matematis, Hokky Caraka dan kawan-kawan sebetulnya tak akan menghadapi kesulitan berarti untuk mengamankan tiga poin dari Hong Kong pada pertempuran kali ini.

Meskipun lebih diunggulkan di atas kertas, tetapi timnas Indonesia U-19 juga tak sepatutnya meremehkan tim lawan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat timnas Indonesia U-19 bisa menang mudah atas Hong Kong pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

1. Hong Kong Minim Persiapan

Alasan pertama yang membuat timnas Indonesia U-19 bisa menaklukkan perlawanan Hong Kong dengan mudah ialah faktor persiapan tim lawan.

Dari pengamatan Shin Tae-yong pada laga perdana Grup F antara Vietnam melawan Hong Kong, calon lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia U-19 terhitung belum matang.

Shin Tae-yong menyebut, Hong Kong tampak kurang persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Hal ini pula yang sebelumnya sempat diakui oleh pelatih timnas Hong Kong U-19 sendiri.

"Untuk pertandingan pertama saya langsung nonton, tapi saya merasa hanya Hong Kong belum ada persiapan matang," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pada Rabu (14/9/2022).

2. Unggul di Atas Kertas, Indonesia Lebih Pede

Secara hitung-hitungan kekuatan, Hong Kong memanglah bukan lawan terberat yang dihadapi Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebab, satu-satunya lawan yang paling berpotensi merepotkan Indonesia di fase ini ialah Vietnam. Oleh karena itu, Hong Kong semestinya tak sulit ditaklukkan Hokky Caraka dan kawan-kawan.

Apalagi, anak asuh Shin Tae-yong tengah memiliki kepercayaan diri yang tinggi seusai melibas Timor Leste dengan skor 4-0, sedangkan Hong Kong mengalami kekalahan 1-5 dari Vietnam pada laga perdana.

3. Dukungan Suporter

Faktor terakhir yang juga bakal berpengaruh terhadap hasil pertandingan kedua Grup F antara Indonesia melawan Hong Kong ialah kehadiran suporter tim tuan rumah.

Timnas Indonesia U-19 tentunya mendapatkan suntikan motivasi tambahan karena bermain sebagai tuan rumah dan mendapatkan dukungan penuh dari suporternya.

Di sisi lain, aspek ini bisa mempengaruhi psikologis pemain lawan. Sebab, Hong Kong dipastikan menghadapi tekanan yang luar biasa akibat kehadiran dan teror yang dilancarkan suporter Indonesia.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini