Bolaindonesia

Unik, Bima Sakti Pajang Foto Orangtua Pemain Timnas Indonesia U-16 di Ruang Ganti Demi Bakar Semangat

Bima Sakti punya cara unik untuk semangai pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil di Piala AFF U-16 2022.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Pelatih Bima Sakti saat memimpin latihan skuat Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI)
Pelatih Bima Sakti saat memimpin latihan skuat Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, punya cara unik untuk menyemangati anak asuhnya. Ia menyebut ada foto dari tiap orang tua pemain di ruang ganti.

Timnas Indonesia U-16 saat ini sedang berjuang mengharumkan nama negara di ajang Piala AFF U-16 2022. Meski begitu, skuad Garuda Asia masih punya mental yang naik turun.

Maklum mereka masih sangat muda dan punya rata-rata usia 15 serta 16 tahun. Oleh sebab itu, para pemain tentunya butuh dorongan untuk menguatkan mental.

Bima Sakti mengatakan salah satu faktor yang membuat pemain timnas Indonesia U-16 adalah sosok orang tua. Mensiasati hal tersebut, pelatih berusia 46 tahun ini lantas memajang foto orang tua di ruang ganti pemain.

"Mereka ingin membahagiakan kedua orang tua, itu yang paling perasa. Di ruang ganti kita tempel foto orang tua mereka sebelum masuk ke lapangan. Tatap wajah orang tua mereka, walaupun enggak hadir secara fisik, tapi InsyaAllah orang tua mereka pasti akan bangga, akan mendoakan saat pertandingan," ucap Bima Sakti saat ditemui di Lapangan UNY, Selasa (2/8/2022).

Bima Sakti pun menerapkan aturan yang ketat untuk menjaga disiplin para pemain. Misal pelatih berusia 46 tahun ini menerapkan jam main HP, mengatur seragam, hingga ibadah.

"Mental mereka (pemain) masih naik turun. Oleh sebab itu, kita harus berproses bikin aturan yang jelas masalah seragam, ibadah," sambungnya.

Dari pantuan saat latihan timnas Indonesia U-16 pada Selasa (2/8/2022), staf pelatih memberikan hukuman terhadap skuad Garuda Asia untuk push up. Hal itu karena ada salah satu dari pemain yang melanggar aturan.

"Kita belajar disiplin dari hal yang kecil agar mereka terbawa ke dalam pertandingan, karena kita tim kalau ada yang salah satu itu kena semua," tegas Bima Sakti.

Berita Terkait

Berita Terkini