Bolaindonesia

3 Kelebihan Singapura yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16 harus mewaspadai kelebihan-kelebihan Singapura

Irwan Febri Rialdi

Singapura vs Vietnam di Piala AFF U-16 2022. (Twitter/@affpress)
Singapura vs Vietnam di Piala AFF U-16 2022. (Twitter/@affpress)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 wajib mewaspadai sejumlah ancaman yang berpotensi diberikan Singapura saat kedua tim berjumpa pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022.

Pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF u-16 2022 ini menurut jadwal akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022), pukul 20.00 WIB.

Timnas Singapura U-16 memang bukan menjadi salah satu lawan terkuat yang tergabung di Grup A. Namun, tetap saja timnas Indonesia U-16 tak bisa memandang remeh tim lawan.

Pada laga sebelumnya, Singapura memang sempat dibabat Vietnam dengan skor 1-5 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (31/7/2022).

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, sebelumnya telah mengirimkan sejumlah asistennya untuk memantau pertandingan tersebut.

Dari hasil pantauan itu, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Singapura. Keunggulan inilah yang harus diredam oleh Arkhan Kaka dan kawan-kawan saat berjumpa.

Jika mampu mengantisipasi kelebihan-kelebihan yang dimiliki Singapura, maka timnas Indonesia U-16 bisa mendapatkan peluang yang lebih besar untuk meraih kemenangan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kelebihan timnas Singapura U-16 yang patut diwaspadai oleh timnas Indonesia U-16.

1. Sepakan Jarak Jauh

Dari segi taktik, organisasi permainan timnas Singapura U-16 memang belum terlalu berjalan dengan baik saat menghadapi Vietnam.

Beberapa kali upaya mereka untuk membangun serangan masih sering kandas di tengah jalan. Salah satu cara mereka untuk menciptakan peluang ialah melalui tendangan dari jarak jauh.

Sebetulnya, cara ini beberapa kali menghadirkan ancaman tersendiri. Oleh karena itu, barisan pertahanan timnas Indonesia U-16 harus lebih mewaspadai sepakan jarak jauh yang dilesakkan pemain lawan.

2. Serangan Balik

Bima Sakti mengatakan, salah satu antisipasi yang disiapkan timnas Indonesia U-16 ialah pendekatan defensif yang diprediksi diterapkan Singapura.

Selain bermain bertahan, Singapura juga akan melancarkan serangan balik untuk memberikan ancaman di pertahanan lawan.

“Tadi kami berlatih menyerang dari tengah ke depan. Kita mengantisipasi Singapura akan bermain defense. Oleh karena itu, kita harus mengantisipasi serangan balik mereka,” kata Bima Sakti seusai latihan, Selasa (2/8/2022).

3. Pemain Nomor Punggung 9

Dari hasil pengamatan Bima Sakti, ada salah satu pemain timnas Singapura U-16 yang menonjol pada laga melawan Vietnam.

Pemain yang dimaksud ialah striker bernomor punggung sembilan, yakni Muhammad Qaisy Bin Noranzor. Striker berusia 16 tahun ini disebut memiliki kecepatan.

“Kami akan mengantisipasi juga mereka memiliki satu striker nomor sembilan yang cepat,” ujar Bima Sakti.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini