Bolaindonesia

Jadi Bintang Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Filipina, Arkhan Kaka Merendah

Arkhan Kaka tak mau sombong.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan Arkhan Kaka saat jumpa pers usai pertandingan perdana di Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo. (Suara.com/Arif Budi)
Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan Arkhan Kaka saat jumpa pers usai pertandingan perdana di Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo. (Suara.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Figur Arkhan Kaka dielu-elukan usai menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesis U-16 atas Filipina di laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7/2022). Ia mengantarkan timnya menang 2-0.

Arkhan Kaka tampil impresif ketika timnas Indonesia U-16 melumat Filipina U-16 dengan skor 2-0. Nyatanya pemain termuda di tim yang masih berusia 14 tahun ini berkontribusi di semua gol Garuda Asia.

Di awal pertandingan, tepatnya menit ketiga, Kaka berhasil membuat kapten Filipina U-16 yang bernama Jared Pena melakukan blunder. Ia berhasil melancarkan serangan balik cepat dari sisi kanan lapangan.

Arkhan Kaka kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti lawan. Bola tersebut sejatinya mampu dihalau Jared Pena, tapi blok yang dilakukan kapten Filipina U-16 itu salah arah dan masuk ke gawangnya sendiri.

Arkhan Kaka kembali mencuri perhatian. Ia sukses mencetak gol pada menit ke-38 setelah menyambar umpan matang dari rekan setimnya.

Meski berusia paling muda di tim dan menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia, Arkhan Kaka tidak lantas tinggi hati. Ia menyadari kemenangan ini hadir bukan karena dirinya saja.

"Alhamdulilah karena semua (kemenangan) berkat kerja sama tim, bukan hanya saya. Karena kerja keras pemain, teman-teman, ofisial dan pelatih," ucap Arkhan setelah pertandingan di Stadion Maguwoharjo pada Minggu (31/7/2022).

Adapun Bima Sakti juga memuji Arkhan yang menjadi bintang kemenangan timnya. Pelatih berusia 46 tahun ini mengatakan bahwa anak asuhnya ini adalah pemain dengan prospek cerah.

Meski sempat tercoret dari skuad timnas Indonesia U-19, Arkhan mampu termotivasi untuk bangkit lagi. Nyatanya ia merupakan salah satu pencetak gol terbanyak di Elite Pro Academy (EPA) U-16 2021 bersama Bhayangkara FC.

"Dia bangkit dan menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di EPA U-16 2021 bersama Bhayangkara FC. Namun, saya meminta kepada Arkhan dan semua pemain agar tidak cepat puas, tetap rendah hati dan terus belajar," tutup Bima Sakti.

Berita Terkait

Berita Terkini