Bikin Haru, Ini 3 Mimpi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Setahun ke Depan

Ini mimpi Shin Tae-yong yang ingin diwujudkan bersama Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 19 Juli 2022 | 15:00 WIB
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong (tengah) menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar U-19 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong (tengah) menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar U-19 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Berikut tiga mimpi yang ingin diwujudkan Shin Tae-yong dalam menjalani waktunya sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga kontraknya habis pada 2023 mendatang.

Shin Tae-yong saat ini berada di tahun kedua kontraknya bersama Timnas Indonesia, pasca ditunjuk sebagai pelatih pada akhir tahun 2019 silam.

Juru taktik berusia 51 tahun itu sendiri dikontrak oleh PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia selama tiga tahun, atau hingga akhir tahun 2023 nanti.

Baca Juga: Bukan Robert Lewandowski, Inilah Pemain Polandia Pertama yang Gabung Barcelona

Hingga saat ini, belum ada pembahasan mengenai perpanjangan kontrak antara Shin Tae-yong dan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap melakoni tugasnya sepenuh hati sebagai juru taktik Timnas Indonesia, baik di kelompok umur maupun tim senior di berbagai ajang.

Belum lama ini dalam acara bincang-bincang bersama kanal YouTube bernama Sport77 Official, Shin Tae-yong mengungkapkan ambisinya bersama Timnas Indonesia untuk setahun ke depan.

Baca Juga: Christian Adinata Tersingkir, Indonesia Cuma Punya 2 Wakil di Taipei Open 2022

Setidaknya ada tiga mimpi yang ingin diwujudkan Shin Tae-yong untuk setahun ke depan atau hingga kontraknya habis pada Desember 2023 mendatang.

Kira-kira, apa saja mimpi tersebut?

1. Juara Piala AFF 2022

Baca Juga: Profil Juan Jose Tramutola, Pelatih Termuda dalam Sejarah Piala Dunia

Di akhir masa kontraknya sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berambisi menciptakan sejarah bagi tim Merah Putih. Salah satunya adalah memenangi Piala AFF 2022 mendatang.

Shin Tae-yong sendiri hampir memenuhi mimpinya itu musim lalu, saat memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021 kemarin.

Sayangnya di edisi Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong gagal membawa Timnas Indonesia juara usai tumbang di tangan Thailand.

Baca Juga: Hasil Evaluasi, Asisten Shin Tae-yong Beberkan 7 Catatan yang Perlu Dibenahi Timnas Indonesia

Menyambut Piala AFF 2022, Shin Tae-yong pun berambisi menjadi juara dan membawa Timnas Indonesia meraih gelar perdananya di ajang ini.

2. Lolos Babak Grup Piala Asia 2023

Tak hanya mencetak sejarah dengan menjuarai Piala AFF 2022, Shin Tae-yong juga bermimpi membawa Timnas Indonesia untuk kali pertama lolos dari babak grup Piala Asia.

Shin Tae-yong sendiri belum lama ini berhasil mematahkan kutukan yang berlangsung selama 15 tahun, usai membawa Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023.

Pencapaian ini dirasa mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu belumlah cukup bagi dirinya. Sehingga ia ingin membawa Timnas Indonesia bisa melangkah jauh di Piala Asia 2023.

Mimpinya ini sekaligus tantangan bagi Shin Tae-yong, mengingat Timnas Indonesia tak pernah sekalipun lolos dari babak grup Piala Asia.

3. Tampil Apik di Piala Dunia U-20 2023

Sebagai informasi, Shin Tae-yong pertama kali ditunjuk PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia U-20 yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2021 lalu.

Namun, pandemi Covid-19 membuat gelaran pun diundur di tahun 2023 atau di tahun terakhir masa kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Alhasil, Shin Tae-yong bermimpi bisa membuat Timnas Indonesia yang merupakan tuan rumah, bisa tampil apik dan bersaing dengan negara-negara adidaya sepak bola lainnya.

Ia pun ingin membawa Timnas Indonesia U-20 bisa melangkah jauh di ajang tersebut dan memenuhi target yang diminta PSSI untuk lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak