Bolaindonesia

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026 andai Melaju ke Perempatfinal Piala Asia 2023

Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 andai bisa melaju ke perempatfinal Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang menembus Piala Dunia 2026 mendatang jika berhasil melaju hingga babak perempatfinal Piala Asia 2023 nanti.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia belum lama ini memastikan satu tempat di ajang terakbar antarnegara di benua Asia bertajuk Piala Asia 2023.

Keberhasilan ini tak lepas dari kiprah Timnas Indonesia yang berhasil merebut tiket sebagai salah satu Runner Up grup terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tergabung di grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal, Timnas Indonesia berhasil finis di tempat kedua dengan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Hebatnya, Timnas Indonesia mampu mencetak 9 gol dan kebobolan 2 gol saja dalam tiga laga, sehingga berhasil menjadi Runner Up grup terbaik kedua di belakang Kirgizstan.

Pencapaian ini pun lantas membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia, sejak terakhir kali tampil pada 2007 silam kala menjadi tuan rumah.

Pada Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia mengusung target tinggi dengan lolos dari fase grup dan bahkan bisa menembus babak perempatfinal.

Menembus babak perempatfinal ini sendiri tak hanya akan menjadi sejarah baru bagi Timnas Indonesia, melainkan juga membuka peluang skuat Garuda akan tampil di Piala Dunia 2026.

Bagaimana peluang Timnas Indonesia menembus Piala Dunia 2026 andai berhasil lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023?

Manfaatkan Slot Tambahan

Jika Timnas Indonesia berhasil menembus perempatfinal Piala Asia 2023, maka skuat Garuda akan punya peluang besar untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Keberhasilan menembus perempatfinal Piala Asia 2023 akan membuktikan Timnas Indonesia punya kekuatan mumpuni untuk bersaing dengan tim-tim besar di Asia.

Sehingga, jika berhasil ke perempatfinal Piala Asia 2023, Timnas Indonesia bisa merasa pede untuk bersaing dengan negara-negara Asia lainnya di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain itu, keberhasilan menembus perempatfinal Piala Asia 2023 nanti akan membuat Timnas Indonesia bisa merebut tempat di Piala Dunia 2026 dengan memanfaatkan slot tambahan.

Sebagai informasi, FIFA telah mengkonfirmasi bahwa nantinya Piala Dunia 2026 akan diisi oleh 48 tim atau naik sebanyak 16 tim dari edisi sebelumnya yakni hanya 32 tim.

Untuk zona Asia, FIFA akan memberikan jatah kepada AFC sebanyak 9 tim, naik 4,5 tim. Hal inilah yang membuat Timnas Indonesia punya peluang bisa ke Piala Dunia 2026.

Jika berhasil ke perempatfinal Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berarti mengalami perubahan signifikan dalam permainan dan juga mental.

Alhasil, akan mudah nantinya bagi Timnas Indonesia bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan negara-negara Asia lain yang dianggap jauh lebih baik.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini