5 Alasan Indonesia Bakal Kalahkan Kuwait di Laga Perdana Kualifikasi Piala Asia 2023

Meski berat, Timnas Indonesia diyakini bisa kalahkan Kuwait karena sejumlah faktor ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 08 Juni 2022 | 13:44 WIB
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki 5 alasan untuk bisa kalahkan Kuwait di laga perdana fase Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada Rabu (8/6/2022).

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong bakal segera menghadapi tantangan pertama di Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait yang berstatus tuan rumah akan jadi lawan pertama.

Kemenangan tentu menjadi target yang harus dicapai Stefano Lilipaly dkk atas Kuwait demi memastikan kelancaran jalan di fase Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Australia Selangkan Lagi ke Qatar usai Kalahkan Uni Emirat Arab

Namun timnas Indonesia harus sadar diri bukan menjadi tim yang diunggulkan dalam fase ini, terlebih jika bisa melaju ke babak final Piala Asia yang digelar tahun depan.

Meski demikian, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong setidaknya memiliki 5 alasan untuk bisa mengalahkan Kuwait di laga perdana fase grup yang mulai digelar pukul 23.30 WIB malam nanti.

1. Faktor Shin Tae-yong

Baca Juga: Mundur dari Indonesia Masters 2022, Anders Antonsen Curhat Pilu

Menjabat pelatih timnas Indonesia lebih dari dua tahun, Shin Tae-yong merupakan sosok yang paling memahami bagaimana kondisi dan komposisi skuat asuhannya.

Apalagi Shin Tae-yong sukses membawa timnas Indonesia meraih runner-up Piala AFF 2020, catatan menarik yang ditorehkan pelatih asal Korea Selatan.

Raihan itu tentu tak mudah untuk bisa digapai jika Shin tak memahami dengan benar komposisi skuatnya, pun demikian saat ia membawa Indonesia meraih medali perunggu SEA Games 2021.

Baca Juga: Hasil UEFA Nations League Semalam: Jerman Ditahan Imbang Inggris, Italia Menang Lawan Hungaria

2. Pemain Naturalisasi

Tak hanya Stefano Lilipaly, pemain berstatus naturalisasi yang bermain untuk Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, adapula Elkan Baggott dan Marc Klok.

Shin Tae-yong akhirnya menaruh kepercayaan pada Marc Klok, jenderal lapangan tengah pembagi alur bola ke lini pertahanan dan penyerangan skuat Garuda.

Baca Juga: Diklaim Tak Layak Main di Level Asia, Media Vietnam Prediksi Timnas Indonesia Kalah Lawan Kuwait

Kombinasi pemain naturalisasi dan pemain lokal terpilih diharapkan memberi Indonesia kekuatan penuh jika ingin berlaga di kompetisi prestisius Asia ini.

3. Kompaknya Para Pemain

Mayoritas pemain timnas Indonesia yang berlaga di kualifikasi Piala Asia merupakan kombinasi pemain yang berlaga di Piala AFF dan SEA Games 2021.

Saling memahami antarpemain menjadi poin penting dalam hal ini, karena berdampak pada kekompakan bermain tim saat menghadapi lawan kuat.

4. Ada Pemain Eropa

Elkan Baggott dan Witan Sulaeman merupakan pemain timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri, pengalaman berharga tentu akan ditunjukkan keduanya.

Elkan saat ini bermain untuk Ipswich Town, sementara Witan Sulaeman untuk Lechia Gdansk bakal memberi dampak positif untuk permainan timnas Indonesia.

5. Polesan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong bisa jadi sosok pembeda dari kualitas permainan timnas Indonesia, pengalaman yang dimiliki menjadi modal berharga saat ini.

Eks pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu diharapkan memberi motivasi berlebih bagi para pemain timnas Indonesia, apalagi jika berhadapan dengan tim-tim kuat.

Lewat tangan dinginnya, Korea Selatan bahkan mampu membekuk timnas Jerman di Piala Dunia 2018 Rusia dengan skor 2-0.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak