Bolaindonesia

Momen Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Filipina di SEA Games, Evan Dimas Jadi Penyelamat

Timnas Indonesia U-23 pernah kalahkan Filipina di perempat final SEA Games.

Husna Rahmayunita

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani laga krusial melawan Filipina dalam lanjutan fase Grup A SEA Games 2021, pertemuan terakhir bikin skuat Garuda Muda boleh jemawa.

Duel timnas Indonesia U-23 melawan Filipina digelar pada Jumat (13/5/2022) di Stadion Viet Tri, Vietnam, pertandingan ketiga tim asuhan Shin Tae-yong di fase grup SEA Games 2021.

Kemenangan wajib diraih timnas Indonesia U-23 di laga nanti melawan Filipina, demi menjaga asa lolos dari babak penyisihan grup SEA Games 2021.

Indonesia saat ini bertengger di peringkat keempat klasemen Grup A dengan torehan 3 poin dari dua pertandingan yang sudah dilakoni di fase grup.

Jika mampu menyapu bersih dua pertandingan terakhir dengan kemenangan, Egy Maulana Cs dipastikan lolos ke partai semifinal menghadapi jagoan dari Grup B.

Di sisi lain, Filipina juga membutuhkan kemenangan atas Indonesia guna menjamin langkah mereka mewakili Grup A berlaga di semifinal.

Filipina saat ini mengoleksi empat poin dari tiga pertandingan, meskipun kans meraih kemenangan atas Indonesia bisa dibilang kecil.

Selain karena para pemain timnas Indonesia sedang dalam motivasi tinggi setelah mengalahkan Timor Leste, riwayat pertemuan juga lebih menguntungkan anak asuh Shin Tae-yong.

Kali terakhir pertemuan dengan Indonesia, Filipina dipaksa menyerah dengan skor 0-2 tepatnya di ajang SEA Games 2015.

Dua gol Evan Dimas mengantar pasukan Garuda Muda melenggang ke semifinal, setelah menghadapi perlawanan Singapura terlebih dulu dan menang 1-0.

Kesuksesan mengalahkan Filipina di ajang yang sama pada tahun 2015 kemungkinan besar bisa terulang kembali jika para pemain timnas Indonesia U-23 disiplin.

Baik bertahan atau dalam penyerangan, selain itu meminimalisir kesalahan sendiri seperti passing tidak benar atau salah dalam mengantisipasi pergerakan pemain lawan.

Kemenangan atas Filipina di laga nanti juga menjadi jalan timnas Indonesia U-23 menuju target yang digembar-gemborkan di awal turnamen, yakni meraih medali emas.

Timnas Indonesia sudah terlalu lama berpuasa medali emas, kali terakhir prestasi tertinggi SEA Games ini diraih pada 1991 silam, di Manila, Filipina.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini