Gaji Fantastis Wasit di Liga Indonesia, Dapat Rp10 Juta Sekali Main

Wasit di Liga Indonesia mendapat kenaikan gaji hingga mencapai Rp 10 juta saat ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 19 Januari 2022 | 15:09 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat diundah di podcast Deddy Corbuzier. (Youtube/Deddy Corbuzier)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat diundah di podcast Deddy Corbuzier. (Youtube/Deddy Corbuzier)

Bolatimes.com - Wasit di Liga Indonesia ternyata mendapat gaji dengan nilai yang cukup fantastis. Mereka rata-rata mendapat bayaran mencapai Rp 10 juta sekali main.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat diundang di acara podcast Close the Door milik Deddy Corbuzier. Ia mengungkapkan gaji itu diberikan demi kesejahteraan wasit.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mulanya bercerita soal gaji pemain di Indonesia yang bukan wewenang PSSI. Sementara wasit yang memberi bayaran mutlak dari PSSI.

Baca Juga: Duel Tottenham vs Arsenal Dibatalkan, Antonio Conte Anggap Keputusan Aneh

''Gaji itu kontrak, pemain kan profesioanl. Tergantung kesepakatan antara klub dengan pemain. Jadi pemain dalam satu tahun dapat sekian, itu kita nggak ikut campur,'' kata Iwan Bule.

''Kalau wasit digaji itu merupakan aturan PSSI. Dulu wasit sekali main dapat 3,5 juta, saya naikin jadi 5 juta hingga 7 juta. Sekarang wasit dapat 10 juta untuk sekali main,'' tambahnya.

Bahkan, Mochamad Iriawan menegaskan gaji wasit di Liga Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Dengan demikian, ia berharap wasit bisa berlaku lebih tegas.

Baca Juga: 6 Potret Terkini Atta Halilintar usai Transplantasi, Rambut Makin Tebal

''Sudah cukup tinggi, mungkin di ASEAN jadi bayaran wasit paling tinggi. Ini sebagai bentuk care terhadap kesejahteraan wasit. Dengan harapan bisa memimpin lebih tegas,'' tandas Iwan Bule.

Sementara itu, kenyataannya kinerja wasit di Liga 1 2021 kerap memicu kontroversi. Banyak keputusan yang dinilai tak masuk akal selama kompetisi musim ini.

Salah satunya saat wasit Oke Dwi Putra yang mengeluarkan keputusan kontroversial di laga Persija Jakarta vs Arema FC pada pekan ke-7 Liga 1 2021. Pertama adalah tidak memberi penalti ke Persija saat Rio Fahmi dijatuhkan di kotak penalti Singo Edan.

Baca Juga: Wahyu Subo Seto Kunci Akun Instagram, Gara-gara 'Pukul' Ricky Kambuaya?

Lalu kedua saat Oke Dwi Putra memberi kartu merah ke Kushedya Hari Yudo saat karena dianggap Diving. Dan keputusan paling kontroversial adalah kala wasit berlisensi FIFA itu menganulir gol Marko Simic di masa injury time.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak