Bolaindonesia

3 Alasan Ezra Walian Bisa Jadi Bomber Andalan Indonesia di Piala AFF 2020

Ezra Walian mulai nyetel dengan skema Shin Tae-yong.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)
Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Bolatimes.com - Ezra Walian bakal menjadi salah satu penyerang yang diandalkan oleh Timnas Indonesia saat mengarungi Piala AFF 2020.

Sebetulnya, catatan yang dimiliki Ezra Walian saat tampil bersama Persib Bandung di Liga 1 2021/2022 tak terlalu impresif untuk dipanggil timnas Indonesia.

Namun, alasan yang mendasari pelatih Shin Tae-yong untuk memanggil Ezra Walian sebagai striker timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mulai tampak.

Apabila dibandingkan dengan Ilija Spasojevic, misalnya, pemain berusia 24 tahun ini memang kalah jauh dari segi penciptaan gol.

Namun, Ezra Walian mulai bisa menjadi andalan timnas Indonesia selama menjalani pemusatan latihan dan beberapa laga uji coba di Turki.

Penampilan pemain Persib Bandung ini tampak mulai nyetel dan mampu mencetak sejumlah gol untuk skuad Garuda.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah alasan yang membuat Ezra Walian bisa menjadi bomber andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

1. Mulai nyetel dengan Timnas Indonesia

Ezra Walian mulai mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi jajaran lini serang timnas Indonesia.

Buktinya, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, ini sudah mampu membuktikan ketajamannya saat timnas Indonesia menggelar laga uji coba jelang Piala AFF 2020.

Ezra Walian saat berlatih bersama Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)
Ezra Walian saat berlatih bersama Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Ketika skuad Garuda menggelar TC di Turki, Ezra sudah mencatatkan dua gol yang masing-masing tercipta pada laga kontra Myanmar dan melawan klub Turki, Antalyaspor.

Bahkan, catatan lain yang diciptakan penyerang berusia 24 tahun itu pada laga uji coba kontra Myanmar ialah satu assist untuk gol yang dicetak Ricky Kambuaya.

Dua gol ini membuktikan bahwa pemain Persib Bandung itu sudah mulai nyetel dengan permainan anak asuh Shin Tae-yong.

2. Pekerja keras di atas lapangan

Catatan gol Ezra Walian bersama Persib Bandung saat tampil di kompetisi Liga 1 2021-2022 memang tak bisa dikatakan impresif.

Sebab, dari total sembilan penampilannya bersama skuad Pangeran Biru, dia baru mencetak satu gol. Artinya, rasio penciptaan golnya ialah 0.11.

Meskipun demikian, kondisi itu memang wajar karena Ezra tak dipasang sebagai ujung tombak oleh pelatih Robert Rene Alberts.

Dia biasa ditempatkan menyamping karena di lini serang ada duet pemain asing, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

Barangkali, inilah sebabnya Shin Tae-yong memilih Ezra Walian alih-alih sejumlah striker ganas di Liga 1 2021/2022 seperti, misalnya Ilija Spasojevic.

Sebab, Ezra merupakan pemain pekerja keras yang bersedia menjemput bola dan mampu mengikuti ritme cepat permainan skuad Merah Putih.

3. Tenang saat jadi eksekutor penalti

Ezra Walian sempat ditunjuk sebagai eksekutor penalti ketika timnas Indonesia beruji coba melawan Myanmar di Turki

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021) itu, Ezra diberi kesempatan rekan-rekannya untuk menjadi algojo.

Dengan penalti ini, Ezra diharapkan mampu memecah kebuntuan sehingga mendapatkan kembali kepercayaan dirinya sebagai seorang striker.

Saat mengambil sepakan 12 pas itu, pemain berusia 24 tahun ini juga tampak tenang dan sukses menjebloskan bola ke gawang Myanmar.

Ini menjadi gol pertama Ezra Walian bersama timnas senior. Gol perdana ini diharapkan mampu meningkatkan moral eks-pemain PSM Makassar itu saat tampil bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini