Dari 4 Nama, Baru Sandy Walsh dan Mees Hilgers yang Serius Mau Bela Timnas

Sementara dua nama lainnya, yakni Jordi Amat dan Kevin Diks masih belum memberikan jawaban lagi

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 24 November 2021 | 13:47 WIB
Sandy Walsh. [@sandywalsh / Instagram]

Sandy Walsh. [@sandywalsh / Instagram]

Bolatimes.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, menjelaskan bahwa baru Sandy Walsh dan Mees Hilgers yang menyatakan keseriusannya mau memperkuat Timnas Indonesia. Sementara dua nama lainnya, Jordi Amat dan Kevin Diks masih perlu menunggu jawaban.

Sebelumnya, Hasani ditugaskan PSSI menghubungi empat calon pemain Eropa yang bakal dinaturalisasi. Selain Sandy Walsh dan Mees Hilgers ada lagi Jordi Amat serta Kevin Diks.

Untuk Jordi Amat dan Kevin Diks, Hasani mengaku baru membuka omongan dengan agen keduanya. Agen tersebut meminta waktu kepada PSSI untuk berbicara dengan pemainnya.

Baca Juga: Tunggakan Gaji 18 Eks Persis Solo Lunas, Aksi Kompak Petinggi Klub Disorot

"Pada prinsipnya ke empat pemain tersebut berminat. Namun yang sudah memberi respons baru dua yaitu Sandy Walsh dan Mees Hilgers," kata Hasani saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (23/11/2021).

"Sedangkan Jordi Amat dan Kevin Diks, kami sudah bicara sama agennya, namun agennya minta waktu mau bicara sama pemainnya dulu," terangnya.

BACA JUGAWasit Liga 1 Merasa Terhina Karena Sosok Mr Y, Mata Najwa Bakal Disomasi

Baca Juga: Serius di Sepak Bola, Raffi Ahmad Bangun Rans Prestige Sportstainment

Empat pemain ini rencananya akan dinaturalisasi atas permintaan langsung Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Jika sudah memiliki minat, akan ada penelusuran yang dilakukan PSSI khususnya darah keturunan yang dimiliki.

Oleh sebab itu prosesnya tidak bisa cepat. PSSI tidak mau kasus Marc Klok terulang tak bisa memperkuat timnas Indonesia sebelum lima tahun karena tak bisa menunjukkan bukti keturunan WNI.

"Proses naturalisasi pemain memang tidak gampang, perlu waktu dalam proses administrasinya dan dokumen yang lengkap. PSSI juga mengecek dokumen para pemain ini apakah benar punya darah Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Persis Solo Lolos 8 Besar Liga 2, Gibran Rakabuming Raka Merespons Singkat

"Karena bila dokumen tidak ada atau tidak diakui FIFA bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia," terangnya.

Mengingat proses naturalisasi cukup panjang keempatnya dipastikan belum bisa tampil bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Seperti yang diharapkan pada Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga: Curhat Usai Digugat Cerai Istri, Eric Abidal: InsyaAllah Kamu Akan Memafkan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak