Bolaindonesia

Profil Bung Towel, Pengamat yang Vokal Kritisi PSSI

Bung Towel tak sungkan memberikan kritikan dan teguran untuk PSSI

Irwan Febri Rialdi

Bung Towel. (YouTube/Gocek Bung Towel)
Bung Towel. (YouTube/Gocek Bung Towel)

Bolatimes.com - Tommy Welli, atau yang akrab disapa Bung Towel, menjadi salah satu pengamat sepak bola di Indonesia yang kerap mengkritik PSSI.

Sosok Bung Towel sudah tak asing lagi bagi pecinta sepak bola di Tanah Air. Selain kerap tampil di layar kaca, analisis-analisisnya selalu dinantikan.

Yang terakhir, Bung Towel memberikan pendapatnya soal akal-akalan yang dilakukan sejumlah klub kontestan Liga 1 mengenai lisensi pelatih kiper.

Fenomena itu muncul saat kompetisi Liga 1 2021-2022 baru memasuki pekan pertama. Bung Towel menyoroti sejumlah klub seperti Persib Bandung, Persipura Jayapura, hingga Bali United yang tak menggunakan pelatih kiper sesuai standar.

Pasalnya, regulasi pelatih kiper di Liga 1 mengharuskan klub untuk menggunakan pelatih yang sudah mengantongi minimal lisensi C dan level 1 goalkeeper.

Ini menjadi salah satu kritik yang disampaikan Bung Towel. Saat ini, ia juga memiliki kanal YouTube pribadi, yakni Gocek Bung Towel, sebagai medium penyampaian analisisnya.

Melalui kanal YouTube itu, Bung Towel sering kali membagikan analisis, baik hasil pertandingan atau pun kritik kepada PSSI.

Profil Bung Towel

Bung Towel memang terkenal di kalangan publik sebagai komentator sepak bola. Lelaki kelahiran Bandung, 5 Maret 1971, ini memang sering muncul di layar kaca.

Sebelum berkarier sebagai komentator, Bung Towel sudah lebih dulu terjun di dunia sepak bola sebagai jurnalis.

Kariernya itu sudah dipersiapkan sejak bangku pendidikan. Sebab, ia sempat menempuh pendidikan di Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran.

Sejak masih mahasiswa, Bung Towel sudah bekerja sebagai jurnalis di Harian Umum Bandung Pos. Ia bertugas di desk olahraga.

Dari pengalamannya itulah, Bung Towel mendapatkan bekal pengetahuan yang mumpuni untuk menjadi seorang komentator maupun pengamat sepak bola Indonesia.

Bung Towel dulunya sering muncul di stasiun televisi ANTV sebagai komentator pertandingan Indonesia Super League (ISL).

Selain itu, stasiun-stasiun televisi lainnya yang pernah menggunakan jasanya ialah RCTI dan SCTV. Ia juga tak hanya membawakan pertandingan sepak bola nasional.

Sebab, Bung Towel juga kerap diminta untuk menjadi analis pertandingan Liga Champions dan sejumlah event lainnya.

Selain sebagai komentator, Bung Towel juga pernah bekerja di federasi sebagai General Manager Football Development PSSI.

Sebagai seorang analis sepak bola, Bung Towel kerap kali memberikan pandangannya. Bahkan, ia juga tak jarang melontarkan kritik pedas kepada pihak federasi.

PSSI memang menjadi salah satu objek kritiknya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini