Bolaindonesia

Profil Persiraja Banda Aceh, Sempat Viral karena Pemain Asingnya Ngopi

Profil Persiraja Banda Aceh sebenarnya cukup menarik untuk dikulik. Meski sempat dikritik karena pemain asingnya minum kopi pakai gelas plastik bekas, Persiraja cukup serius menghadapi musim depan

Irwan Febri Rialdi

Tim Persiraja Banda Aceh. [Antara Aceh/HO]
Tim Persiraja Banda Aceh. [Antara Aceh/HO]

Bolatimes.com - Persatuan Sepak Bola Indonesia Kutaraja Banda Aceh, atau dikenal dengan nama Persiraja Banda Aceh, merupakan satu kekuatan persepakbolaan yang berasal dari bagian ujung barat wilayah Indonesia.

Jika Anda belum terlalu mengenal tim ini, mungkin Anda bisa melihat secara singkat profil Persiraja Banda Aceh pada penjelasan di bawah ini.

Profil Persiraja Banda Aceh

Kiper Persiraja Banda Aceh, Fakhrurrazi Quba. (Instagram/persiraja_official)
Kiper Persiraja Banda Aceh, Fakhrurrazi Quba. (Instagram/persiraja_official)

Secara resmi didirikan pada tanggal 28 Juli 1957, tim ini merupakan tim kebanggaan rakyat Banda Aceh. Persiraja Banda Aceh sendiri telah mengikuti berbagai kompetisi sepakbola nasional, dan pertama kali mencatatkan namanya dalam galeri juara ketika merebut gelar Juara Perserikatan pada tahun 1980 lalu.

Kala itu, Persiraja Banda Aceh harus menaklukkan Persipura Jayapura, dan berhasil dengan skor 3 – 1. Kemenangan besar ini membawa mereka pada gelar juara pertama untuk tim tersebut.

Dinamika Persiraja Banda Aceh

Presiden Persiraja Banda Aceh, Dek Gam. (Dok. MO Persiraja).
Presiden Persiraja Banda Aceh, Dek Gam. (Dok. MO Persiraja).

Langkah tim ini di persepakbolaan Indonesia bukan tanpa hambatan. Sederet kejadian turut menghiasi kiprahnya di Indonesia, dengan kabar baik maupun kabar yang kurang mengenakkan.

Sempat berselisih paham dengan pihak Pemerintah Kota Banda Aceh, klub ini kemudian menarik diri dari kompetisi D 2014. Setahun berikutnya tim ini juga terkena imbas permasalahan yang terjadi di tubuh PSSI, dan terpaksa tak dapat mengikuti  berbagai kompetisi karena masalah finansial.

Mereka baru bisa memulai kiprahnya di Liga 2 pada tahun 2017, setelah sanksi FIFA selesai dijalani oleh persepakbolaan Indonesia. Tahun 2019 lalu Persiraja Banda Aceh berhasil menjadi juara 3 di Liga 2 dan berhak mendapat promosi ke Liga 1 2020.

Kabar Terbaru, Sempat Viral Karena Pemain Asingnya Ngopi

Paulo Henrique, pemain asing Persiraja Banda Aceh asal Brasil,. [Antara Aceh/HO/Media Officer Persiraja]
Paulo Henrique, pemain asing Persiraja Banda Aceh asal Brasil,. [Antara Aceh/HO/Media Officer Persiraja]

Kabar terbaru yang datang dari Persiraja Banda Aceh adalah mereka secara resmi mendatangkan empat  pemain asing untuk memperkuat timnya. Tercatat nama-nama seperti Shori Murata, Leonardo Lelis, dan Vanja Markovic, dan Paulo Henrique.

Namun, belum lama ini, Persiraja viral lantaran beredar video keempat pemain asingnya ngopi mengenakan gelas plastik bekas minuman saat hendak latihan. Tempat jersey latihan juga menjadi sorotan karena ditempatkan di ember besar.

Meski begitu, Persiraja tetap menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai di Liga 1 2021/2022. 

Demikian tadi sedikit sejarah dan profil Persiraja Banda Aceh. Tim dari Tanah Rencong ini optimis bisa memberikan permainan terbaiknya di laga-laga yang akan dijalaninya nanti. Menurut Anda sendiri, bagaimana kekuatan tim Persiraja Banda Aceh setelah kedatangan empat pemain asing ini?

Berita Terkait

Berita Terkini