Hasil Liga 1 2019: Persebaya Lumat Bhayangkara FC 4-0

Persebaya Surabaya menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 08 Desember 2019 | 19:00 WIB
Logo Liga 1 2019. [Dok. PT LIB]

Logo Liga 1 2019. [Dok. PT LIB]

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya menaklukkan sang tamu, Bhayangkara FC dengan skor telak 4-0 pada laga pekan ke-31 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (8/12/2019) sore WIB.

gol Persebaya pada partai ini dicetak Aryn Williams pada menit ke-25, David Da Silva (71' dan 75'), serta gol bunuh diri penggawa Bhayangkara FC, I Putu Gede Juni Antara (78').

Sejak menit pertama, tuan rumah langsung menggempur pertahanan Bhayangkara FC. Persebaya tercatat memiliki tiga peluang hanya dalam tempo 10 menit.

Baca Juga: Kunci Praveen/Melati ke Lolos Final SEA Games 2019

Peluang pertama melalui tendangan jarak jauh M Hidayat dan Rendi Irwan, serta sontekan dari dalam kotak penalti Aryn Williams.

Pada menit ketujuh sempat dilakukan pergantian di posisi kiper Bhayangkara FC. Wahyu Tri Nugroho yang mengalami cedera digantikan Awan Setho.

Tim tamu sendiri mendapat peluang lewat Bruno Matos pada menit ke-15, setelah mengelabui dua pemain bertahan Persebaya. Sayang, kontrol yang terlalu tajam membuat kiper Persebaya, Miswar Saputra mudah menangkap si kulit bundar.

Baca Juga: SEA Games 2019: Dua Wakil Indonesia Lolos ke Final Cabor Bulutangkis

Kebuntuan Persebaya akhirnya pecah pada menit ke-25 setelah gelandang impor berpaspor Australia, Aryn Williams melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti.

Dua menit berselang, kembali Persebaya menyerang dan nyaris memperbesar kedudukan setelah David Da Silva melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang, bola menyamping di sisi kanan gawang Bhayangkara FC.

Peluang berbahaya Bhayangkara FC diperoleh pada menit ke-36 saat Arif Setiawan melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, bola masih bisa ditepis kiper Miswar Saputra.

Baca Juga: Rekor Baru Messi: Pencetak Hat-trick Terbanyak La Liga Spanyol

Hingga wasit Darma Santoso Gulo asal Sumatera Utara meniup peluit panjang, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Babak kedua berjalan, Bhayangkara FC yang tertinggal berusaha menyamakan kedudukan melalui TM Ichsan. Namun, tendangannya dari jarak jauh masih tipis di sisi kiri gawang Miswar.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso kemudian melakukan pergantian dengan memasukkan Irfan Jaya untukmenggantikan Yanto Basna, yang diharapkan bisa mempertajam serangan tim tuan rumah.

Begitu juga pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster yang memainkan gelandang lincah Nur Iskandar untuk menggantikan Dendy Sulistyawan.

Kembali rotasi dilakukan Aji Santoso pada pertengahan babak kedua, dengan memainkan Alwi Slamat dan menarik keluat Rendi Irwan. Di sisi lain, Paul Munster memasukkan Wahyu Subo Seto untuk menggantikan TM Ichsan.

Persebaya sendiri sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-71 melalui sontekan David Da Silva, usai memanfaatkan umpan terukur dari Irfan Jaya.

Persebaya semakin memperbesar keunggulan pada menit ke-75, lagi-lagi melalui David Da Silva yang kali ini melakukan aksi individu dari tengah lapangan sebelum mencetak gol.

Bhayangkara FC semakin terpuruk saat pemain belakangnya, I Putu Gede Juni Antara melakukan gol bunuh diri saat berupaya menghalau umpan silang Irfan Jaya pada menit ke-78.

Pada sisa waktu pertandingan, Persebaya terus mendominasi permainan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun, skor 4-0 tidak berubah hingga laga rampung.

Sebagai informasi tambahan, laga ini merupakan kali pertama Persebaya bermain di Stadion GBT tanpa penonton, menyusul sanksi Komdis PSSI. Persebaya dihukum akibat insiden kerusuhan usai laga kontra PSS Sleman, akhir Oktober 2019 lalu.

Di beberapa laga kandang sebelumnya, Persebaya sendiri harus bermain di Stadion Batakan, Balikpapan karena tak mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian.

Dengan kemenangan atas Bhayangkara FC sendiri, Persebaya kini menghuni peringkat kelima klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 45 poin dari 31 pertandingan.

Persebaya secara 'direct' menyalip Bhayangkara FC, sebagaimana klub berjuluk The Guardian itu harus rela turun ke peringkat keenam dengan raihan 44 poin dari 31 laga.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra (kiper), M Syaifuddin, Otavio Dutra, Novan Sasongko, Ruben Sanadi (kapten), Aryn Williams, Elisa Basna, M Hidayat, Rendi Irwan, Diogo Campos, David Da Silva.

Pelatih: Aji Santoso

Bhayangkara FC: Wahyu Tri Nugroho (kiper), Anderson Salles, I Putu Gede Juni Antara, Adam Alis, Arif Setiawan, Bruno Matos, Dendy Sulistyawan, M Hargianto, TM Ichsan, Alsan Sanda, Herman Dzumafo (kapten).

Pelatih: Paul Munster

Hasil Liga 1 2019, Minggu (8/12/2019):

Persebaya Surabaya 4-0 Bhayangkara FC

PSIS Semarang 5-1 Arema FC

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak