Bolaindonesia

Bantai Timor Leste, Indonesia Puncaki Klasemen Sementara Piala AFF U-18

Timnas Indonesia lumat Timor Leste dengan skor 4-0 di pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-18.

Rauhanda Riyantama

Skuat Timnas Indonesia U-19 melakukan foto bersama saat akan bertanding melawan Filipina pada Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Binh Duong 2 di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Selasa (6/8/2019). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Skuat Timnas Indonesia U-19 melakukan foto bersama saat akan bertanding melawan Filipina pada Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Binh Duong 2 di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Selasa (6/8/2019). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 sukses melanjutkan tren positif dengan melumat Timor Leste di pertandingan kedua fase Grup A Piala AFF U-18 2019. Skuat Garuda Nusantara menang dengan skor 4-0.

Bertanding di Stadion Go Dau, Kamis (8/8/2019), pasukan Fakhri Husaini sudah unggul 3-0 di babak pertama. Kemudian gol keempat berhasil diciptakan pada babak kedua. 

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Hasil positif ini sekaligus memperbesar peluang lolos ke babak semifinal.

Jalannya Pertandingan

Berhadapan dengan Timor Leste di Stadion Go Dau, Vietnam, timnas Indonesia langsung menggebrak di awal pertandingan.

Peluang langsung didapat Garuda Nusantara di awal laga ketika Sutan Zico menerima umpan terobosan dari sisi kiri lapangan. Sayang, bola yang disepak Zico berhasil dibendung penjaga gawang Timor Leste Georgino Da Silva.

Peluang Indonesia belum berhenti di situ, menyusul bola liar yang jatuh ke kaki Fajar Fathur Rachman. Namun lagi-lagi bola ditepis oleh Georgina.

Tak berselang lama, gawang Timor Leste akhirnya bergetar. Lolos dari kawalan, David Maulana melepaskan sepakan keras dari sisi kanan. Bola sempat ditepis Georgino namun tetap menggelinding ke dalam gawang. Indonesia memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Timor Leste mencoba membalas. Peluang didapat lewat tendangan bebas. Akan tetapi sepakan Mouzinho dari titik set piece melenceng dari sasaran.

Memasuki menit 30, David Maulana kembali berpeluang mencatatkan namanya di papan skor. Tapi kali ini sepakan kerasnya masih melambung di atas mistar.

Di menit 39, tendangan bebas yang dilepaskan Salman Alfarid nyaris menggandakan keunggulan Garuda Nusantara. Beruntung bagi Timor Leste, bola melebar tipis dari tiang gawang.

Memasuki menit 42, Salman akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat bola liar, tendangan keras first time kaki kiri yang dilepaskan Salman dari luar kotak penalti bersarang di sisi kiri gawang Georgino.

Jelang turun minum Indonesia kembali mendapat peluang untuk menambah keunggulan setelah wasit menunjuk titik penalti menyusul pelanggaran pemain belakang Timor Leste kepada Sutan Zico. Beckham Putra yang maju sebagai algojo dengan penuh percaya diri menundukkan Georgino sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-0.

Di awal babak kedua, Timor Leste nyaris memangkas jarak lewat sepakan Gumario dari tengah lapangan. Beruntung bagi Indonesia, bola masih mampu ditepis keluar oleh Ernando Ari.

Di menit 63, peluang emas kembali datang bagi Timor Leste. Namun lagi-lagi Ernando Ari masih terlalu gagah bagi tim lawan setelah berhasil menepis bola tandukkan Mouzinho.

Mengeksploitasi sisi kiri pertahanan lawan, dua peluang didapat Indonesia lewat David Maulana dan Sutan Zico. Tapi peluang tersebut kandas setelah sepakan David dan Zico melebar di sisi gawang.

Memasuki menit 78, serangan yang dibangun anak-anak asuh Fakhri Husaini kembali membuahkan hasil. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Timor Leste, Zico kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa timnas Indonesia menjauh dengan skor 4-0.

Di menit 88 pertandingan sempat terhenti menyusul aksi tidak sportif yang dilakukan Salvador Da Silva dengan menginjak paha Supriadi yang tengah terbaring di lapangan. Kericuhan antarpemain terjadi hingga pelatih dan ofisial kedua tim turun melerai.

Setelah beberapa menit, pertandingan kembali dilanjutkan dengan diusirnya Salvador Da Silva dari arena pertandingan dan hadiah tendangan bebas bagi Indonesia. Tendangan bebas yang diambil Bagus Kahfa pun menjadi peluang terakhir yang dimiliki Indonesia dalam laga ini.

Meski peluang tersebut kandas, skor 4-0 untuk kemenangan timnas Indonesia bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Amiruddin Bagas Kaffa, Yudha Febrian, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fajar Fathur Rachman, Brylian Aldama, David Maulana (C), Beckham Putra, Mochammad Supriadi, Sutan Zico.

Cadangan: Muhamad Adisatryo, Risky Muhammad, Fadhil Aditya, Theo Fillo Da Costa, Khairul Imam, Rendy Juliansyah, Braif Fatari, Bayu Mohamad Fiqri, Salman Alfarid, Komang Teguh Trisnanda, saddam Emiruddin Gaffar, Amiruddin Bagus Kahfi.

Timor Leste: Georgino Da Silva, Gumario Moreira, Jaimito Soares, Jose Antonio, Kornelis Portela, Dom Lucas Braz, Osorio Gusmao, Salvador Da Silva, Kay Olok Gusmao, Expedito Conceicao, Mouzinho Lima.

Cadangan: Junildo Pereira, Karvazinho Fernandes, Nelson Dos Reis, Orcelio Da Silva, Aldo Amaral, Zinedine Lopes, Elias Mesquita, Amancio Araujo, Joao Martins, Jordan Medeiros, Danilson Araujo, Alexander Moreira.

Berita Terkait

Berita Terkini