Bolaindonesia

Bakat Istimewa Tristan Gooijer, Pemain Ajax U-17 Keturunan Indonesia

Tristan Gooijer sudah membela Ajax sejak kategori U-14 hingga kini naik pangkat ke tim U-17.

Rauhanda Riyantama

Pemain Ajax U-17, Tristan Gooijer. (Dok: ajax.nl)
Pemain Ajax U-17, Tristan Gooijer. (Dok: ajax.nl)

Bolatimes.com - Indonesia tak henti-hentinya menelorkan bibit pemain sepak bola potensial. Terbaru, muncul nama Tristan Gooijer, remaja berusia 14 tahun keturunan Indonesia yang saat ini tengah membela klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam.

Ya, Tristan Gooijer sendiri merupakan pemain asli binaan akademi Ajax. Ia sudah menjadi skuat de Godenzonen sejak kategori U-14 hingga kini naik pangkat ke tim U-17.

Menyoal Tristan Gooijer memiliki darah Indonesia tertuang dalam situs statistik asal Jerman, Transfermarkt. Ia diketahui memiliki dua warga negara, yakni Belanda dan Indonesia. Namun, status resminya adalah berpaspor Belanda.

Selain Ajax, Tristan Gooijer tercatat pernah menimba ilmu di Almere City FC. Kamudian pada 1 Juli 2016, ia mulai bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam.

Sebagai pemain akademi Ajax, Tristan Gooijer sudah terdaftar dalam skuat yang dibawa untuk mengarungi Eredivisie U-17. Namun, ia belum sekalipun merasakan debut, meski namanya kerap masuk dalam daftar pemain cadangan. Salah satunya saat menghadapi AZ Alkmaar U-17 pada Maret lalu.

Bicara soal performa, Tristan Gooijer sepertinya dinilai memiliki kemampuan lebih. Bagaimana tidak, di usianya yang masih 14 tahun sudah sukses menembus tim U-17.

Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk bermain di beberapa posisi, antara lain bek kanan atau gelandang bertahan. Padahal, posisi naturalnya adalah sebagai bek tengah.

 

Tak sampai di situ saja, Tristan Gooijer juga dinilai memiliki kemampuan khusus dalam urusan melakukan sepakan jarak jauh. Musim lalu saat masih memperkuat tim U-14, ia mencuri perhatian publik usai mencetak gol indah lewat sepak keras dari luar kotak penalti ke gawang FC Utrecht U-14.

Bahkan, berkat gol tersebut Tristan Gooijer dinobatkan sebagai pencetak gol terbaik. Pertandingan antara Ajax U-14 vs FC Utrecht U-14 itu sendiri terjadi pada Februari 2018.

Kendati demikian, peluang Tristan Gooijer membela Timnas Indonesia bakal mendapat ganjalan. Pasalnya, pemain berdarah campuran ini pernah memperkuat Timnas Belanda U-14 pada Januari 2018.

Berita Terkait

Berita Terkini