Jadi Juara, Arema FC Ukir Rekor Raih Hadiah Terbesar di Piala Presiden

Arema FC tak hanya raih trofi Piala Presiden 2019 tetapi juga hadiah uang sebesar Rp 3,5 miliar.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 12 April 2019 | 23:08 WIB
Arema FC, Dedi setiawan (kiri) berebut bola dengan pesepesepakbola Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi (kanan) dalam pertandingan Final Piala Presiden Leg Kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.

Arema FC, Dedi setiawan (kiri) berebut bola dengan pesepesepakbola Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi (kanan) dalam pertandingan Final Piala Presiden Leg Kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.

Bolatimes.com - Arema FC mengulang kisah indah di tahun 2017 silam dengan keluar sebagai kampiun Piala Presiden 2019 usai menumbangkan Persebaya.  Dalam Derby Jawa Timur leg kedua final yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4/2019) malam itu, skuat Singo Edan menang 2-0.

Arema FC unggul agregat 4-2 setelah pada leg pertama di kandang Persebaya awal pekan ini berhasil mengamankan hasil imbang 2-2.

Sepasang gol Arema di partai leg kedua ini dibukukan Ahmad Nur Hardianto pada menit 43, serta Ricky Kayame pada menit 90+1.

Baca Juga: PSIM Jogja Resmi Perkenalkan 7 Pemain Anyar, Berikut Daftarnya

Selain merengkuh trofi Piala Presiden 2019, Arema FC juga berhak atas hadiah sebesar Rp 3,5 miliar. Ini merupakan rekor lantaran jumlah hadiah tersebut adalah yang terbesar sepanjang gelaran Piala Presiden.

Jalannya Pertandingan

Menit kedua, Persebaya langsung mengancam via striker andalan mereka, Manuchekhr Dzhalilov. Sayang, sepakan penyerang berpaspor Tajikistan itu hanya membentur mistar gawang Arema.

Baca Juga: Terbongkar, Ternyata Begini Aslinya Sosok Para Penggawa Garuda Select

Dua menit berselang, giliran eksekusi tendangan bebas bintang Arema, Makan Konate yang mengenai tiang gawang Persebaya. Nyaris!

Setelah peluang Konate itu, sampai menit 15, kedua tim mulai menurunkan tempo permainan setelah sekian banyak peluang tercipta.

Meski demikian, kedua tim kemudian jual-beli serangan sampai laga memasuki menit 30.

Baca Juga: Jelang Lawan Arsenal, Garuda Select Bakal Kedatangan Tamu Istimewa Ini

Bagi Persebaya, kemenangan 1-0 sudah cukup untuk membawa pulang trofi ke Surabaya. Tapi hingga kini belum ada lagi peluang emas yang berhasil diciptakan tim berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Justru Arema yang terlihat lebih terskema dalam melakukan serangan dan lebih berbahaya. Tim tuan rumah pun akhirnya berhasil unggul via Ahmad Nur Hardianto pada menit 43.

Umpan terobosan Konate bisa diselesaikan pemain nomor punggung tujuh itu menjadi gol dengan tendangan keras.
1-0!

Baca Juga: Ini Alasan Totti Dukung Juventus Singkirkan Ajax di Liga Champions

Skor 1-0 untuk keunggulan Arema ini sendiri bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga babak pertama.

Memasuki babak kedua, Arema masih tetap mengambil inisiatif serangan. Menit 59, umpan silang mendatar dari Konate di sisi kiri bisa diputus oleh Hansamu Yama dengan sangat baik. Momentum Arema pun rusak kali ini.

Menit 73, kamera televisi menyorot Khofifah Indar Parawangsa, Puan Maharani dan Gusti Randa yang berada di tribun VIP Stadion Kanjuruhan.

Khofifah sendiri akan menggantikan Presiden Jokowi untuk menganugerahkan trofi pada tim juara Piala Presiden 2019.

Laga terus berlanjut, menit 84, penyerang Dedik Setiawan mendapat bola dan langsung memimpin serangan Arema. Sayang, umpan silang Konate tak maksimal sehingga kans ini pun terbuang percuma.

Menit pertama injury time babak kedua, Ricky Kayame akhirnya memastikan kemenangan 2-0 Arema FC.

Bola lepas dari tangkapan kiper Persebaya, Abdul Rohim, dan bola pun jatuh di kaki Kayame yang sukses meneruskan bola ke gawang untuk menjadi gol.

Di sedikit waktu sisa pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Arema FC.

Susunan Pemain

Arema FC XI: Kurniawan Katrina Aji; Hanif Sjahbandi, Arthur Cunha, Hamka Hamza, Johan Ahmad Farizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Makan Konate, Nur Hardianto, Dedik Setiawan, Riky Kayame.

Persebaya XI: Abdul Rohim; Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, Abu Rizal, Damian Lizio, Misbakus Solihin, Irfan Jaya, Manuchekhr Dzhalilov, Amidou Balde.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak