Diduga Akibat Rivalitas, Eks Kapten PSIM Yogyakarta Pensiun Dini

Hendika Arga Permana pensiun di usia 25 tahun.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Rabu, 24 Oktober 2018 | 09:00 WIB
Kapten PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana dan anaknya (dok psim)

Kapten PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana dan anaknya (dok psim)

Bolatimes.com - Mantan Kapten PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana memutuskan untuk pensiun dini dari karier sepak bola yang ia pilih selama ini, keputusan ini Arga ambil setelah beberapa hari dipinang oleh klub rival, PSS Sleman

Melalui akun instagram pribadinya, Hendika Arga mengumumkan kabar dirinya gantung sepatu pada Selasa (23/10/2018) malam WIB atau tepat lima hari setelah manajemen PSIM Yogyakarta melepas dirinya ke PSS Sleman. 

PSIM Yogyakarta yang gagal melaju ke babak 8 besar Liga 2 2018 memang meminjamkan tiga pemain mereka kepada dua klub yang lolos ke 8 besar. Ketiganya yakni Hendika Arga ke PSS Sleman, Fandi Edy dan Crah Angger ke Kalteng Putra.

Baca Juga: Paul Scholes: Juventus Satu Tingkat di Atas Man United

Tidak ada masalah dengan kepindahan Fandy Eka dan Crah Angger ke Kalteng Putra. Masalah justru dialami oleh Hendika Arga yang dipinang PSS Sleman. 

Rivalitas kedua tim asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini diduga turut menjadi cikal bakal Hendika Arga memutuskan untuk pensiun di usia yang masih 25 tahun, usia yang masih produktif bagi pesepak bola.

Selama lima hari, Hendika Arga banyak mendapat protes dari pendukung PSIM di media sosial yang tidak terima pemainnya bergabung dengan klub rival. Bahkan sebuah spanduk protes terhadap Hendika Arga terbentang di mess PSIM Yogyakarta.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Juventus dan Real Madrid Kompak

Spanduk Protes Terhadap Hendika Arga Permana di mess PSIM Yogyakarta
Spanduk Protes Terhadap Hendika Arga Permana di mess PSIM Yogyakarta

PSS Sleman Mencoba Mengerti

PSS Sleman sendiri menerima keputusan Hendika Arga meski sudah menyelesaikan semua proses transfer dan pemain bernomor punggung 8 itu sudah terdaftar di klub Elang Jawa untuk menghadapi babak 8 besar.

Asisten manajer PSS, Dewanto Rahadmoyo bercerita, Arga sudah memikirkan pensiun dini sejak Senin (22/10/2018) saat mengajak dirinya dan pelatih Seto Nurdiantoro bertemu enam mata.

Baca Juga: Paulo Dybala Bawa Juventus Kalahkan Manchester United

''Secara tiba-tiba, dia (Hendika Arga) menghubungi dan ingin mengajak bertemu. Lalu dia menyampaikan maksud pengunduran diri tersebut di depan saya dan mas Seto. Kami sempat mencoba berbicara kepada Arga namun sepertinya keputusannya sudah bulat untuk mundur dari tim.'' kata Dewanto.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro (twitter/pssleman)
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro (twitter/pssleman)

Padahal, kehadiran Hendika Arga di PSS Sleman sudah dipikirkan matang oleh pelatih Seto Nurdiantoro, skill dan kepintarannya di lapangan menjadi alasan Seto ''nekat'' mendatangkan Hendika Arga dari klub rival, PSIM Yogyakarta. 

''Adaptasi mereka cepat dan langsung nyetel dengan tim. Selain faktor kemampuan dan teknik, intelegensia mereka menjadi landasan kuat kami mengajak mereka bergabung dengan PSS,'' kata Seto Nurdiantoro.

Baca Juga: Sriwijaya FC: Tidak Usah Capek Latihan, Bayar Wasit Saja!

Kalimat Perpisahan Hendika Arga Pramana

''Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Menjadi pemain sepakbola hebat, sudah menjadi impian saya sejak kecil. Waktu itu, saya berfikir, sepakbola merupakan permainan yang mampu membawa saya kepada kesenangan, keceriaan, kebahagiaan dan kebebasan. Sepakbola mampu menghapus kesedihan, mempererat tali persaudaraan, dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.

Dengan bermodalkan angan-angan itu, saya memutuskan untuk berjuang dan berkarir di dunia sepakbola profesional. Saya pun merasa, angan-angan indah itu, akan menjadi kendaraan bagi saya untuk meraih prestasi. Namun kebahagiaan yang saya dambakan sejak kecil tidak seutuhnya ada. Sulit bagi saya untuk mendapat kebahagiaan serta kebebasan dengan keadaan yang seperti saat ini.

Eks Kapten PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana saat latihan bersama PSS Sleman
Eks Kapten PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana saat latihan bersama PSS Sleman

Saya berharap teman-teman pemain digenerasi sekarang atau yang akan datang yang ingin memperkuat tim manapaun, mampu mendapatkan kebahagiaan dan kebebasan secara utuh. Mampu menikmati sepakbola dimanapun mereka bermain untuk tim tersebut. Dan saya yakin semua pesepakbola mendambakan hal itu.

Saya Hendika Arga Permana memutuskan untuk mengakhiri aktivitas saya di sepakbola profesional. Keputusan ini saya buat dengan tekad yang bulat serta restu dari keluarga. Semoga berkah barokah untuk semuanya.

Terima kasih. Enjoy the life scenarios of Allah.''

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak