3 Kemungkinan Buruk Jika Tak Ada Striker Asing di Liga 1

Kehadiran striker asing memiliki plus minus tersendiri untuk Kompetisi sepakbola Indonesia.

Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:42 WIB
Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic.

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic.

Bolatimes.com - Sebuah wacana baru muncul dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi di Indonesia. Badan yang dikomandoi oleh Tigor Shalom Boboy itu berencana tak menggunakan jasa striker asing di Liga 1.

Hal ini dilakukan dengan alasan kurangnya striker lokal berkualitas yang dimiliki oleh Timnas Indonesia.

Terbukti, saat ini tak ada penyerang lokal murni di skuat Garuda. Lini serang Timnas Indonesia kini diisi oleh Alberto Goncalves, pemain naturalisasi dari Brasil.

Baca Juga: Prediksi Real Madrid vs Atletico Madrid, Demi Gelar Raja Eropa

Namun, aturan tersebut barulah sekadar wacana yang belum pasti diterapkan pada musim depan.

Kendati demikian, Bolatimes.com mencoba merangkum kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi andai tak ada striker asing di Liga 1.

1. Kompetisi kurang greget

Baca Juga: Tiga Maskot Lucu Asian Games 2018, Kenalan Dulu Yuk

Striker asing memberikan plus minus di kompetisi Indonesia. Mereka bisa menjadi keuntungan dan kebuntungan , tetapi tergantung dipandang dari sudut sebelah mana.

Tanpa striker asing Liga 1 akan terlihat kurang greget, kemungkinan jumlah gol tak akan sebanyak seperti saat ini.

Dilansir dari laman resmi Liga 1, hingga saat ini, Rabu (15/8/2018) jumlah gol seluruhnya adalah 313. Dari sejumlah itu, pemain asing yang menyumbang paling banyak. Rinciannya yakni Fernando Rodrigues (14 gol), Ezechiel N'Douassel (13), David da Silva (11 gol).

Baca Juga: PT LIB Wacanakan Hapus Jasa Striker Asing di Liga 1 2019

Ezechiel N'Douassel, Persib Bandung
Ezechiel N'Douassel, Persib Bandung

2. Penyerang lokal kehilangan aroma kompetisi

Striker lokal akan kehilangan persaingan ketika tak ada penyerang asing. Jika dipandang positif, striker asing akan membuat pemain lokal terpacu untuk lebih baik lagi.

Selain itu, penyerang asing bisa menularkan pengalaman mereka yang telah malang melintang di berbagai kompetisi. Hal ini baik bagi penyerang lokal muda untuk menyerap ilmu dan pengalamannya.

Baca Juga: Alasan Personal Buat Diego Godin Tolak Manchester United

Harry Kane menjadi sebuah contoh nyata untuk seorang penyerang lokal yang berjuang di ketatnya kompetisi tanah kelahiran.

Liga Primer Inggris menjadi kompetisi yang sangat berat bagi pemain lokal, karena dibolehkan mendaftarkan 17 pemain asing. Di sana banyak penyerang non Inggris berkualitas yang ikut bermain, tetapi Harry Kane bisa membuktikan kualitas.

Pemain 24 tahun itu konsisten menjadi mesin gol untuk Tottenham Hotspur. Ia bahkan menyabet gelar top skor di Piala Dunia 2018.

3. Bek Indonesia akan melemah

Adanya penyerang asing menjadi keuntungan untuk pembinaan pemain yang berposisi bek atau pemain bertahan di Indonesia. Pasalnya mereka akan menghadapi striker dari non Indonesia yang secara fisik lebih besar dan kuat.

Pemain Barito Putera, Hansamu Yama (Sumber: Dok Barito Putera)
Pemain Barito Putera, Hansamu Yama (Sumber: Dok Barito Putera)

Hal ini akan membuat bek lokal tertempa dan sudah terbiasa ketika menghadapi pemain-pemain Eropa atau Afrika di even internasional.

Sementara jika bek lokal hanya bersaing dengan striker lokal, hal yang ditakutkan yakni akan mudah roboh dan kaget ketika menghadapi negara-negara dengan fisik besar dan kuat.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak