Ini Tindakan PSSI Tanggapi Bentrok Suporter di Bantul

PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia sangat menyayangkan hal yang mencoreng sepak bola negeri ini kembali terjadi.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Senin, 04 Juni 2018 | 09:48 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria. (Suara.com/Adie Prasetyo).

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria. (Suara.com/Adie Prasetyo).

Bolatimes.com - Bentrok antara suporter Jakmania, dengan Bonek yang terjadi di Stadion Sultan Agung Bantul Minggu (3/6/2018) kemarin berdampak pada batalnya laga Persija vs Persebaya. PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia sangat menyayangkan hal yang mencoreng sepak bola negeri ini kembali terjadi.

"Saya sih belum menemukan laporan secara resmi, ya maksudnya apa yang sebenarnya terjadi, kronologisnya seperti apa, buktinya mana, baru hanya laporan teman yang ada di sana untuk share kondisi yang ada," kata Sekretaris Jenderal PSSI (Sekjen) Ratu Tisha Destria di Stadion Pakansari semalam.

Tisha mengatakan pihaknya menyayangkan insiden tersebut. PSSI pun tidak akan mentoleransi aksi-aksi anarkis yang merugikan seperti ini.

Baca Juga: Ini Kata Timnas Thailand Usai Bermain Imbang 0-0 Hadapi Indonesia

Tisha memastikan bakal ada tindak lanjut yang akan diambil federasi untuk meredam aksi brutal para suporter.

"PSSI sangat menyayangkan hal seperti ini terjadi lagi, dikhususkan ini kita pun sedang fokus kepada semua suporter harus bersatu mendukung timnas di Asian Games, ini hal apa yang diributkan sehingga menjadi seperti ini karena ini sudah di luar kendali dan sangat disayangkan," ujar Tisha.

"Kita tidak akan mentoleransi seluruh tindakan anarkis yang terjadi karena itu areanya ada dua, kebanyakan juga di luar stadion, di area yang memang menjadi kewenangan kepolisian," tambahnya.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Neymar Setelah Mencetak Gol ke Gawang Kroasia

Lebih lanjut, PSSI akan mengambil tindakan guna mengantisipasi terulangnya bentrok suporter. Salah satunya dengan membuat aturan baru bersama kepolisian untuk suporter.

"Jadi pastinya kita akan link, sangat urgent sudah, pertemuan harus dilakukan antara kepolisian dengan PSSI untuk membuat langkah kerjasama strategis sehingga bisa mencegah hal seperti ini bisa terjadi."

"Tapi di satu sisi kita juga tidak bisa kehilangan kendali. Kejadian seperti itu kan seperi kehilangan kendali dan itu yang ingin kita tahu sebetulnya apa yang menjadi motif dan basis dari terjadinya hal seperti ini," jelas Tisha.

Baca Juga: Neymar Jadi Kunci Kemenangan Brasil 2-0 Atas Kroasia

"Tapi kita gak akan mentoleransi ini, kami akan menghukung tegas apa yang terjadi sesuai dengan kaedah kewenangan kami di hukum sepak bola. Sisanya apabila itu terjadi di luar dan menuju ke arah kerusakannya berbasis masa itu saya tidak bisa komentar," terangnya.

"Itu sepenuhnya di area kepolisian, namun demikian PSSI menyadari ada di tahun ini langkah strategis antara kepolisian dan PSSI untuk menindaklanjuti secara tegas hal apa yang harus kita lakukan untuk mencegah fanatisme dan holiganisme seperti ini terjadi di Indonesia," pungkasnya.

 

Baca Juga: Isi Surat Pembatalan Laga Persija vs Persebaya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak