Hasil Piala Dunia 2022: Nyaris Tawuran, Argentina Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Tantang Kroasia di Semifinal

Argentina menang lewat adu penalti dengan Belanda, 4-3.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Sabtu, 10 Desember 2022 | 05:06 WIB
Nahuel Molina mencetak gol untuk Argentina saat mengahapi Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@footballdaily)

Nahuel Molina mencetak gol untuk Argentina saat mengahapi Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@footballdaily)

Bolatimes.com - Timnas Argentina melaju sebagai pengunci tiket ke semifinal setelah mengalahkan Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). Tim Tango menang adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain normal 120 menit dengan skor 2-1.

Pencetak gol di waktu normal antara lain, Nahuel Molina (35') dan Lionel Messi (73'). Sementara Belanda mencetak dua golnya dari Wout Weghorst (83', 90+9) yang masuk sebagai pengganti.

Dua tim saling jual beli serangan di awal babak pertama. Messi nyaris menggetarkan jala gawang Andries Noppert di menit ke-21 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun arah boal masih jauh di atas mistar gawang.

Baca Juga: Profil Bruno Petkovic, Pahlawan Timnas Kroasia yang Gagalkan Impian Brasil Juarai Piala Dunia 2022

Masih belum mendapat hasil baik, Argentina memberikan ancaman lagi di menit ke-33. Tendangan Rodrigo de Paul namun berhasil diantisipasi kiper.

Tak berselang lama, gol pertama Argentina tercipta di menit ke-35 berkat Nahuel Molina. tersebut tak lepas dari assist Lionel Messi yang mampu dikonversikan Molina menjadi gol.

Empat menit berselang, Messi nyaris menambah skor, meski dijaga tiga pemain Belanda, Messi melepas tendangan ke gawang lawan. Namun tendangan pelannya masih bisa dibendung Noppert.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Drama Sengit 120 Menit hingga Adu Penalti, Kroasia Melaju ke Semifinal usai Jegal Brasil

Pemain Timnas Belanda dan Argentina bersitegang saat laga perempat final Piala Dunia 2022, di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@JacobsBen)
Pemain Timnas Belanda dan Argentina bersitegang saat laga perempat final Piala Dunia 2022, di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@JacobsBen)

Argentina terus mengancam pertahanan De Oranje. Hingga tambahan waktu lima menit waktu normal 45 menit. Tak ada lagi gol tercipta.

Babak kedua pertandingan Argentina vs Belanda, serangan Tim Tango tak begitu menusuk di awal-awal peluit dibunyikan. Bahkan Belanda mampu mengembalikan bola ketika masuk ke dalam wilayah pertahanannya.

Argentina mendapat kesempatan mengeksekusi tendangan bebas di menit ke-63. Messi yang mendapat tugas itu nyaris menambah gol untuk kedua kali. Namun bola masih melayang sedikit di atas mistar gawang.

Baca Juga: Mirisnya 11 Pemain Kongo saat Bela Klub, Niat Raih Poin justru Tersambar Petir karena Kiriman Santet?

Belanda justru makin digempur oleh Argentina. Bahkan kesalahan Jurrien Timber yang menjatuhkan pemain Argentina di kotak penalti menjadi hadiah bagi Tim Tango.

Messi yang menjadi algojo, berhasil melaksanakan tugasnya. Argentina menambah jumlah skor menadi 2-0 di menit ke-73.

Menjadi bulan-bulanan Messi dkk, De Oranje akhirnya membalas. Tepat di menit ke-83, umpan silang Steven Berghuis, mantap disambut dengan sundulan Wout Weghorst dan menjebol gawang kawalan Emiliano Martinez. Skor berubah 2-1.

Tensi pertandingan berubah panas di menit ke-88, menyusul pelanggaran Leandro Paredes ke pemain sayap Belanda, Nathan Ake. Bahkan Paredes menendang bola ke arah bench Belanda yang menyebabkan pemain naik pitam.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara pemain. Hasilnya wasit memberikan kartu kuning ke Paredes. Tercatat ada 9 kali wasit mengeluarkan kartu kuning di pertandingan tersebut.

Akibat tensi panas, Belanda terus bermain ngotot. Akhirnya di menit 90+11' Weghorst untuk kedua kalinya mencetak gol. Belanda berhasil menyamai kedudukan, dan babak kedua ditutup dengan skor 2-2. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu.

Para pemain Belanda merayakan gol ke gawang Argentina saat perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)
Para pemain Belanda merayakan gol ke gawang Argentina saat perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Sabtu (10/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)

Pada babak tambahan pertama, kedua tim mempercepat tempo permainan. Argentina terus menyerang ke pertahanan lawan, begitu juga dengan Belanda. Namun hingga waktu berakhir tidak ada tambahan gol.

Berlanjut di babak extra time kedua, Scaloni menurunkan Angel Di Maria untuk menambah daya gedor. Memang ada perubahan signifikan, terbukti di menit ke-113 ada kesempatan Lautaro Martinez menambah gol, namun tendangannya masih tertahan dada Virgil van Dijk.

Gempuran Argentina makin kencang. Bahkan Enzo Fernandez di menit ke-115 melepaskan tendangan keras. Sayang arah bola masih meleset ke atas mistar gawang.

Belanda juga tak mau kalah, serangan di menit ke-117 nyaris meruntuhkan pertahanan Argentina. Namun masih berhasil diantisipasi bek Tim Tango.

Argentina kembali memberi tekanan di menit ke-118, Lautaro Martinez melepaskan tembakan keras namun sayang belum mengarah ke gawang. Tak hanya Martinez, Messi lagi-lagi melepas tendangan, namun Noppert berhasil menepis.

Bahkan di menit ke-120, Enzo Fernandez memberikan ancaman keras dengan tendangannya ke gawang Noppert. Tapi kiper masih saja membendung gempuran Tim Tango. Hingga akhir babak tambahan berakhir tak ada gol tercipta. Pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu penalti, Emiliano Martinez berhasil menepis dua tendangan dari lima percobaan.

Sementara Noppert harus kebobolan empat gol dari Argentina, temasuk Lionel Messi yang berhasil menyarangkan gol sebagai eksekutor pertama. Hasil adu penalti, 4-3 untuk Tim Tango.

Dengan demikian, Messi dkk melanjutkan petualangannya di babak semifinal Piala Dunia 2022. Argentina akan menghadapi Kroasia yang sudah menunggu terlebih dahulu. Kedua tim akan bertanding pada Rabu (14/12/2022).

Susunan Pemain Argentina vs Belanda:

Timnas Belanda XI: Noppert; Dumfries, Timber, Van Dijk, Aké, Blind; De Roon, De Jong; Gakpo, Bergwijn, Memphis Depay.

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)

Timnas Argentina XI: Emiliano Martinez; Molina, Romero, Otamendi, Lisandro Martínez, Acuna; De Paul, Enzo, Mac Allister; Messi, Alvarez.

Pelatih: Lionel Scaloni

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak