Profil Andries Noppert, Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 yang Nyaris Pensiun Dini karena Tak Punya Klub

Sebelum jadi andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Nopper nyaris pensiun dini karena tak punya klub selama setahun.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 26 November 2022 | 00:00 WIB
Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (Twitter)

Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Andries Noppert, kiper Timnas Belanda yang ternyata punya kisah kelam di mana dirinya hampir pensiun dini sebelum menjadi andalan De Oranje di Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda merupakan salah satu tim besar yang tak diperhitungkan di Piala Dunia 2022 ini. Hal ini lantaran De Oranje tak lagi punya pemain-pemain bernama beken.

Meski masih ada beberapa nama besar di skuad Belanda, tetap saja skuad saat ini tak bisa menandingi nama-nama besar di masa silam.

Baca Juga: Jelang Bentrok Kontra Amerika Serikat, Timnas Inggris DIhantui Rekor Buruk

Terutama di pos penjaga gawang. Belanda selalu memiliki kiper hebat di setiap generasinya. Namun di Piala Dunia 2022 ini, De Oranje mengandalkan kiper bernama Andries Noppert.

Sejenak, tak banyak yang mengenal kiper berusia 28 tahun itu. Wajar saja jika mengingat dirinya tak membela klub besar, yakni Heerenveen di Eredivisie Belanda.

Namun Louis van Gaal selaku pelatih Belanda, mempercayakannya di bawah mistar De Oranje untuk Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Link Live Streaming Inggris vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Kick Off 02.00 WIB

Kepercayaan itu pun dibayar dengan baik oleh Andries Noppert yang mampu mencetak Clean Sheet saat Belanda melawan Senegal, Senin (21/11).

Siapa sangka kiprah apik Andries Noppert hingga menjadi andalan Belanda di Piala Dunia 2022 tak didapatkan dengan mudah.

Ia bahkan hampir pensiun dini di usianya yang masih terbilang muda sebelum berhasil menembus panggung Piala Dunia 2022 bersama Belanda.

Baca Juga: Kembangkan Program Garuda Select yang Lebih Baru, PSSI Mulai Lirik Kerjasama dengan KNVB

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari kiper andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert.

Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (AFP)
Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (AFP)

Rekam Jejak Andries Noppert

Andries Noppert merupakan penjaga gawang Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 ini yang lahir pada 7 April 2004 di Heerenveen.

Baca Juga: Marselino Ferdinan jadi Langganan Shin Tae-yong di Kelompok Umur hingga Timnas Senior, Netizen: Hati-hari Cedera

Di Piala Dunia 2022 ini, Andries Noppert didapuk sebagai pemain tertinggi. Hal ini lantaran posturnya yang menyentuh 203 cm.

Sama seperti pesepak bola Belanda lainnya, Noppert mengawali kiprahnya sejak muda dengan bergabung tim muda SC Joure.

Lalu pada 2005 ia bergabung akademi Heerenveen. Di tim inilah ia berhasil naik kelas dari tim U-17 hingga tim U-21.

Sayangnya Noppert gagal menembus tim utama karena persaingan ketat di bawah mistar. Hal ini membuatnya bergabung NAC Breda pada 2014.

Nasib lagi-lagi tak berpihak pada Noppert. Selama 3,5 tahun di NAC Breda, dirinya hanya menjadi kiper pelapis saja dengan jumlah 7 penampilan di tim utama.

Pada Januari 2018, Noppert memutuskan hijrah ke Italia dengan bergabung klub bernama Foggia. Ia pun bertahan di tim ini selama 1,5 musim.

Setelah bermain 1,5 musim di Italia, Noppert kemudian dilepas oleh Foggia pada Juli 2019. Ia pun sempat menganggur selama sebulan sebelum bergabung FC Dordrecht.

Di klub ini, ia bermain selama semusim penuh. Lagi-lagi nasib tak berpihak pada Noppert yang kemudian dilepas oleh FC Dordrecht pada 2020.

Usai dilepas FC Dordrecht, Noppert pun menganggur hampir setahun lamanya. Ia pun sempat berpikiran pensiun dini dan mulai melamar pekerjaan di bidang lain.

Namun angin takdir membawanya ke sepak bola. Pada Januari 2021, Noppert dikontrak oleh Go Ahead Eagles. Di sinilah ia mulai diperhitungkan.

Usai bermain selama 1,5 musim bagi Go Ahead Eagles, tim masa kecilnya, Heerenveen merekrutnya kembali dan menjadikannya penjaga gawang utama per Juli 2022.

Di musim ini, Noppert pun tampil reguler bagi Heerenveen dengan mencatatkan 14 penampilan di tim utama dan hanya kebobolan 13 gol saja.

Catatan gemilang itu lantas membuat Louis van Gaal memanggilnya ke Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022. Siapa sangka, ini menjadi pemanggilan perdananya.

Debutnya pun baru datang di ajang Piala Dunia 2022 kala Belanda menghadapi Senegal. Dilansir dari Fotmob, debutnya itu terbilang apik di mana Noppert mampu membuat 4 penyelamatan dan membuat gawang timnya tak kebobolan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak