Boladunia

Profil Andries Noppert, Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 yang Nyaris Pensiun Dini karena Tak Punya Klub

Sebelum jadi andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Nopper nyaris pensiun dini karena tak punya klub selama setahun.

Rauhanda Riyantama

Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (Twitter)
Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Andries Noppert, kiper Timnas Belanda yang ternyata punya kisah kelam di mana dirinya hampir pensiun dini sebelum menjadi andalan De Oranje di Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda merupakan salah satu tim besar yang tak diperhitungkan di Piala Dunia 2022 ini. Hal ini lantaran De Oranje tak lagi punya pemain-pemain bernama beken.

Meski masih ada beberapa nama besar di skuad Belanda, tetap saja skuad saat ini tak bisa menandingi nama-nama besar di masa silam.

Terutama di pos penjaga gawang. Belanda selalu memiliki kiper hebat di setiap generasinya. Namun di Piala Dunia 2022 ini, De Oranje mengandalkan kiper bernama Andries Noppert.

Sejenak, tak banyak yang mengenal kiper berusia 28 tahun itu. Wajar saja jika mengingat dirinya tak membela klub besar, yakni Heerenveen di Eredivisie Belanda.

Namun Louis van Gaal selaku pelatih Belanda, mempercayakannya di bawah mistar De Oranje untuk Piala Dunia 2022.

Kepercayaan itu pun dibayar dengan baik oleh Andries Noppert yang mampu mencetak Clean Sheet saat Belanda melawan Senegal, Senin (21/11).

Siapa sangka kiprah apik Andries Noppert hingga menjadi andalan Belanda di Piala Dunia 2022 tak didapatkan dengan mudah.

Ia bahkan hampir pensiun dini di usianya yang masih terbilang muda sebelum berhasil menembus panggung Piala Dunia 2022 bersama Belanda.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari kiper andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert.

Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (AFP)
Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (AFP)

Rekam Jejak Andries Noppert

Andries Noppert merupakan penjaga gawang Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 ini yang lahir pada 7 April 2004 di Heerenveen.

Di Piala Dunia 2022 ini, Andries Noppert didapuk sebagai pemain tertinggi. Hal ini lantaran posturnya yang menyentuh 203 cm.

Sama seperti pesepak bola Belanda lainnya, Noppert mengawali kiprahnya sejak muda dengan bergabung tim muda SC Joure.

Lalu pada 2005 ia bergabung akademi Heerenveen. Di tim inilah ia berhasil naik kelas dari tim U-17 hingga tim U-21.

Sayangnya Noppert gagal menembus tim utama karena persaingan ketat di bawah mistar. Hal ini membuatnya bergabung NAC Breda pada 2014.

Nasib lagi-lagi tak berpihak pada Noppert. Selama 3,5 tahun di NAC Breda, dirinya hanya menjadi kiper pelapis saja dengan jumlah 7 penampilan di tim utama.

Pada Januari 2018, Noppert memutuskan hijrah ke Italia dengan bergabung klub bernama Foggia. Ia pun bertahan di tim ini selama 1,5 musim.

Setelah bermain 1,5 musim di Italia, Noppert kemudian dilepas oleh Foggia pada Juli 2019. Ia pun sempat menganggur selama sebulan sebelum bergabung FC Dordrecht.

Di klub ini, ia bermain selama semusim penuh. Lagi-lagi nasib tak berpihak pada Noppert yang kemudian dilepas oleh FC Dordrecht pada 2020.

Usai dilepas FC Dordrecht, Noppert pun menganggur hampir setahun lamanya. Ia pun sempat berpikiran pensiun dini dan mulai melamar pekerjaan di bidang lain.

Namun angin takdir membawanya ke sepak bola. Pada Januari 2021, Noppert dikontrak oleh Go Ahead Eagles. Di sinilah ia mulai diperhitungkan.

Usai bermain selama 1,5 musim bagi Go Ahead Eagles, tim masa kecilnya, Heerenveen merekrutnya kembali dan menjadikannya penjaga gawang utama per Juli 2022.

Di musim ini, Noppert pun tampil reguler bagi Heerenveen dengan mencatatkan 14 penampilan di tim utama dan hanya kebobolan 13 gol saja.

Catatan gemilang itu lantas membuat Louis van Gaal memanggilnya ke Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022. Siapa sangka, ini menjadi pemanggilan perdananya.

Debutnya pun baru datang di ajang Piala Dunia 2022 kala Belanda menghadapi Senegal. Dilansir dari Fotmob, debutnya itu terbilang apik di mana Noppert mampu membuat 4 penyelamatan dan membuat gawang timnya tak kebobolan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini