Boladunia

5 Pemain Paling Setia di Satu Klub, Lionel Messi Cuma Peringkat Kedua

Messi masih kalah dengan pemain ini soal kesetiaan pada satu klub.

Rauhanda Riyantama

Lionel Messi saat mengikuti sesi latihan tengah pekan ini. (Twitter/@FCBarcelona)
Lionel Messi saat mengikuti sesi latihan tengah pekan ini. (Twitter/@FCBarcelona)

Bolatimes.com - Loyalitas dalam sepak bola adalah nilai yang paling mahal, terbukti hanya pemain tertentu yang bisa melakukan bermain untuk satu klub dalam kurun waktu belasan tahun.

Predikat one man club tidak bisa disandang sembarang pemain, terlebih di era sepak bola modern seperti yang sedang terjadi saat ini.

Berbagai alasan digunakan, mulai dari mencari pengalaman baru, mengincar gelar juara bergengsi hingga ingin melebarkan karier di kancah Eropa.

Uang menjadi pembeda, hal ini biasanya terjadi ke beberapa pemain yang sebelumnya membela klub di luar top Eropa, bahkan untuk tidak bermain di Benua Biru pun dijabani oleh mereka.

Sepanjang sejarah hanya ada beberapa pemain yang bisa bertahan dengan hanya satu klub hingga belasan tahun, berikut ini 5 di antaranya.

5. Giorgio Chiellini (15 Tahun 2 Bulan)

Bek Juventus asal Italia, Giorgio Chiellini. ANTARA/Reuters/Massimiliano Ferraro
Bek Juventus asal Italia, Giorgio Chiellini. ANTARA/Reuters/Massimiliano Ferraro

Mantan bek veteran Juventus ini masih menjadi salah satu pemain bertahan terbaik di dunia, dan hal itu tak lepas dari kesetiannya untuk Si Nyonya Tua.

Bermain untuk Juventus dari 2004 dan pergi dari Turin ke Los Angeles FC di Amerika Serikat pada bursa transfer musim panas 2022.

Chiellini menorehkan penampilan 562 selama bersama Juventus, mencetak 38 gol dan mencatat 25 assist sepanjang kariernya hingga belasan tahun itu.

4. Sergio Alvarez (16 Tahun 2 Bulan)

Kariernya dimulai bersama Celta Vigo pada tahun 2004 dan berakhir sebagai legenda klub saat pensiun di musim 2021-2022.

Menurut Transfermarkt, catatan bersarkan klub yang dibela Sergio memainkan sebanyak 186 pertandingan di tim utama Celta Vigo dengan 249 kebobolan dan 53 cleansheet.

Ia juga bermain untuk Celta Vigo B sebanyak 95 kali kebobolan dan 33 cleansheet, sebelum akhirnya memutuskan pensiun.

3. Mark Noble (16 Tahun 8 Bulan)

Paul Pogba dan Mark Noble/Twitter
Paul Pogba dan Mark Noble/Twitter

Mark Noble bermain untuk West Ham United selama 16 tahun 8 bulan, berposisi sebagai gelandang dan menjadi pemain dengan penampilan terbanyak untuk klub tersebut.

Noble dapat dikatakan pemain terbaik West Ham, dengan catatan 544 penampilan di semua kompetisi dan 61 gol serta 63 assist di semua penampilannya.

2. Lionel Messi (16 Tahun 8 Bulan)

Siapa yang menyangka Lionel Messi akan pergi dari Barcelona, tepat setelah karier yang ditorehkannya selama 16 tahun 8 bulan.

Barcelona sukses melahirkan salah satu pemain terbaik Eropa dan dunia, menorehkan 778 pertandingan dengan catatan 672 gol dan 305 assist.

Kepindahannya ke PSG di awal musim 2021-2022 memang menjadi pembicaraan banyak pihak meski cikal bakalnya dari Barcelona itu sendiri.

1. Igor Akinfeev (17 Rahun 8 Bulan)

Igor Akinfeev/Instagram
Igor Akinfeev/Instagram

Karier Igor Akinfeev dimulai sejak CSKA Moskow promosi dari tim junior pada 2003, hingga saat ini pria berusia 36 tahun masih setia untuk klub tersebut.

Igor tak hijrah ke klub mana pun, termasuk saat FIFA memberi hukuman untuk sepak bola Rusia akibat konflik yang terjadi dengan Ukraina.

Bersama CSKA, Igor sukses membukukan 715 penampilan dengan 302 cleansheet dan 639 kemasukkan di semua kompetisi.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini