Boladunia

Profil Le Cao Cuong, Pelatih Fisik Timnas Vietnam U-19 yang Perkuat Dugaan Main Mata dengan Thailand

Le Cao Cuong menyebut laga 15 menit terakhir Vietnam vs Thailand sebagai kawan

Irwan Febri Rialdi

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Pelatih fisik timnas Vietnam U-19, Le Cao Cuong, membuat geger publik Indonesia setelah berhasil lolos ke fase semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hal ini karena Le Cao Cuong mengunggah foto skuad timnas Vietnam U-19 disertai dengan kalimat yang cukup kontroversial dan mengundang polemic.

Bahkan, kalimat yang dituliskan oleh Le Cao Cuong via akun Instagramnya itu seolah-olah semakin menegaskan bahwa Vietnam dan Thailand bermain mata pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebab, duel yang berakhir dengan skor 1-1 itu membuat kedua tim lolos ke semifinal dan menyingkirkan timnas Indonesia U-19.

Kalimat yang diucapkan Le Cao Cuong turut mempertegas kontroversi bahwa Vietnam dan Thailand memang tak lagi menunjukkan permainan yang fairplay seusai menit ke-75.

“Vietnam 1-1 Thailand. 75 menit musuh, 15 menit teman baik selamanya. Pertandingan yang luar biasa,” tulis Le Cao Cuong via InstaStory.

“Bagaimanapun, kami lolos ke semifinal setelah lima pertandingan dalam sembilan hari. Usaha yang hebat dari semuanya. Waktunya pemulihan dan fokus untuk babak berikutnya,” ia menambahkan.

Profil Le Cao Cuong

Le Cao Cuong merupakan pelatih fisik yang saat ini bertugas bersama timnas Vietnam U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Apabila dilihat dari akun Instagram-nya, Le Cao Cuong juga menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Keolahragaan alias Sport Science Department di PVF Football Academy.

Sebagai informasi, PVF atau Promotion Fund of Vietnamese Football Talent merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik yang ada di Negeri Paman Ho.

Bahkan, PFC menjadi salah satu dari tiga akademi sepak bola di Asia yang mendapatkan rating bintang tiga dari AFC. Selain PVF ada Jeonbuk Hyundai Motors FC (Korea Selatan) dan Aspire Academy (Qatar).

Selain itu, Le Cao Cuong juga menjadi salah satu pendiri sekaligus editor di Viet Sport Science, sebuah kanal informasi ilmu olahraga yang berbasis di Vietnam.

Le Cao Cuong juga sering kali menjadi narasumber dalam berbagai kesempatan. Sebab, ia merupakan seorang praktisi yang memahami penerapan Sports Science untuk mengoptimalkan perkembangan fisik seorang atlet.

Melalui workshop tersebut, Cao Cuong ingin memberikan pengetahuan dan cara-cara pengaplikasian Ilmu Keolahragaan untuk semua orang.

Berbagai informasi mengenai aktivitas Le Cao Cuong dapat ditelusuri melalui laman vietsportscience.com maupun laman facebook Viet Sport Science.

Latar belakang itulah yang mengantarkan karier Le Cao Cuong menjadi salah satu pelatih fisik dan kebugaran di timnas Vietnam U-19.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini