Boladunia

Profil Nathan James, Pengganti Elkan Baggott yang Dipanggil Timnas Thailand U-19

Sosok Nathan James menjadi perhatian karena diklaim jadi pengganti Elkan Baggot di Timnas Thailand.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Thailand U-19, Nathan James. (Instagram/changsuek)
Pemain Timnas Thailand U-19, Nathan James. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Mengenal Nathan James, pemain keturunan yang dipanggil Thailand usia gagal dapatkan Elkan Baggott yang memilih membela Timnas Indonesia.

Timnas Thailand tak hanya mengandalkan para pemain lokal saja untuk beradu di kancah internasional. Para pemain keturunan pun dipanggil untuk membela Gajah Perang. Salah satunya Nathan James.

Thailand menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang gencar memanggil pemain keturunan. Di SEA Games 2021 lalu saja, tim Gajah Perang memanggil empat pemain keturunan.

Kini, guna menyongsong Piala AFF U-19, Thailand lagi-lagi memanggil pemain keturunan, yakni bek muda bernama Nathan James.

Bek yang baru berusia 17 tahun ini merupakan bek muda jebolan akademi klub Liga Inggris, sama seperti Elkan Baggott.

Bisa dikatakan, Nathan James adalah pelipur lara Thailand usai gagal mendapatkan Elkan Baggott yang memilih Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Thailand juga getol memburu tanda tangan Elkan Baggott di masa lalu, mengingat bek muda Timnas Indonesia ini lahir di Bangkok.

Meski sama-sama berasal dari klub Liga Inggris, Nathan James berasal dari tim dengan kasta lebih baik ketimbang Elkan Baggot.

Diketahui, Nathan James merupakan produk akademi Burnley, tim yang baru terdegradasi dari Premier League pada musim 2021/2022 lalu.

Lantas, siapakah sosok Nathan James tersebut?

Pemain Thailand, Nathan James saat bermain di Burnley. (Instagram/kitjames4ever)
Pemain Thailand, Nathan James saat bermain di Burnley. (Instagram/kitjames4ever)

Profil Nathan James

Nathan James merupakan pemain keturunan Inggris-Thailand yang lahir di Coventry pada 28 September 2004 silam.

Ia sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah dengan postur tubuh yang mumpuni, yakni 188 cm.

Meski lahir di Inggris, Nathan James malah lebih memilih Thailand sebagai negara yang dirinya representasikan di lapangan hijau.

“Saya bangga memiliki kesempatan bermain untuk tim nasional saya,” kata Nathan dilansir dari laman News Directory saat bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Thailand U-19.

Dilansir dari laman Transfermarkt, karena besar di Inggris, Nathan James pun mengawali karier sepak bolanya di tanah Ratu Elizabeth tersebut.

Diketahui, ia mengawali kariernya di tim akademi Leicester City hingga 2021 lalu. Setelahnya ia hijrah ke Burnley U-18 dan bermain di tim akademi The Clarets hingga saat ini.

Sama seperti Elkan Baggott, Nathan James punya kesempatan besar membela tim utama Burnley di masa mendatang.

Pasalnya, ia dikontrak oleh Burnley hingga 2023 mendatang. Dengan turun kastanya The Clarets, besar kemungkinan Nathan James bisa tampil di tim arahan Vincent Kompany itu.

Kesempatan itu terbuka lebar mengingat Nathan James menjadi andalan Burnley U-18 di ajang Premier League U-18 pada musim 2021/2022 lalu.

Nathan James bahkan tampil reguler dengan mencatatkan 14 penampilan, di mana ia tampil sebagai starter di sembilan dari 10 pertandingan terakhir Burnley U-18 di ajang tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini