Boladunia

Vietnam U-23 Dituding Sengaja Imbang Lawan Filipina, Park Hang-seo Tak Terima

Park Hang-seo jawab tuduhan hasil imbang lawan Filipina.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam U-23, Park Hang-seo buka suara terkait tuduhan yang menyebut timnya sengaja imbang saat melawan Filipina di lanjutan fase grup A SEA Games 2021. Pada laga yang digelar Minggu (8/5/2022), Vietnam meraih hasil imbang 0-0 melawan Filipina.

Padahal di pertandingan pertama Vietnam U-23 ini superior mengalahkan timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-0. Imbas hasil imbang tersebut, Vietnam dituduh sengaja seri.

Vietnam U-23 Dituding ingin terhindar dari Thailand yang secara mengejutkan kalah 1-2 dari Malaysia di grup B.

Menjawab tuduhan itu, Park Hang-seo menegaskan hasil pertandingan Thailand itu tak ada korelasinya terkait hasil imbang Vietnam menghadapi Filipina. Ia menegaskan tidak ada kesengajaan anak asuhnya meriah hasil imbang.

"Saya ingin mengatakan bahwa pertandingan Malaysia vs Thailand kemarin tidak ada hubungannya dengan pertandingan ini. Saya tidak punya perhitungan. Kalau saya hitung imbang, kalah di pertandingan ini tidak ada bedanya," ucap Park Hang-seo dikutip dari Bongdaplus pada Senin (9/5/2022).

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan hasil imbang melawan Filipina itu murni karena tim lawan menampilkan pertahanan yang rapat, sehingga sulit untuk dijebol.

Vietnam vs Filipina di SEA Games 2021. (Dok. AFF)
Vietnam vs Filipina di SEA Games 2021. (Dok. AFF)

"Hari ini, meskipun hanya bermain imbang, bukan hasil terbaik. Ini pertandingan di mana lawan banyak bertahan, sangat sulit bagi kami untuk menerobos," ucap pelatih berusia 64 tahun ini.

"Di tim nasional kami memiliki pertandingan sulit serupa ketika kami menghadapi lawan yang bermain seperti ini. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa Vietnam ditahan. Seluruh tim akan memiliki bebera libur untuk menantikan pertandingan berikutnya," sambungnya lagi.

Berkat hasil imbang ini, Filipina kini berada di puncak klasemen Grup A SEA Games 2021 dengan raihan empat poin. Vietnam ada di tempat kedua dengan poin yang sama, tapi kalah selisih gol.

Tentunya hasil imbang tersebut menjadi alarm berbahaya bagi timnas Indonesia U-23. Sebab, skuad Garuda Muda harus menyapu bersih tiga laga yang ada untuk memastikan diri lolos dari fase grup.

Berita Terkait

Berita Terkini