Boladunia

Ada Messi hingga Ronaldo, Berikut 7 Eks Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain

Berikut 7 jebolan Piala Dunia 2006 yang masih aktif bermain hingga sekarang.

Rauhanda Riyantama

Messi vs Ronaldo. (Sumber: Twitter/@barcatimes).
Messi vs Ronaldo. (Sumber: Twitter/@barcatimes).

Bolatimes.com - Piala Dunia nyaris memasuki dekade kedua setelah gelaran edisi 2006 di Jerman. Menariknya ada setengah lusin lebih pemain dari ajang tersebut yang masih eksis bermain sampai saat ini.

Pesepak bola dunia dengan kualitas mentereng dan penampilan memukau memang tidak semuanya berkesempatan tampil di ajang Piala Dunia.

Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Luka Modric dan Lionel Messi merupakan tiga dari 9 pemain eks Piala Dunia 2006 yang masih eksis bermain.

Dan ketiga pemain tersebut juga berkesempatan bermain di Piala Dunia 2022 Qatar setelah negara mereka memastikan satu tiket ke putaran final.

Lantas, siapa saja 9 pemain jebolan Piala Dunia 2006 yang masih aktif bermain hingga saat ini dan 3 di antaranya akan berlaga di Piala Dunia 2022.

1. Lionel Messi

Lionel Messi, Sergio Aguero saat Argentina Vs Kroasia (sumber: twitter)
Lionel Messi, Sergio Aguero saat Argentina Vs Kroasia (sumber: twitter)

Sederet nama pemain bintang timnas Argentina di Piala Dunia 2006 seolah lenyap dengan hadirnya sosok Lionel Messi.

Messi yang saat itu baru berusia 18 tahun, dua tahun sebelumnya menjalani debut profesional di Barcelona dan sukses mencetak gol di laga kemenangan Argentina atas Serbia-Montenegro.

Meski demikian, Jose Pekerman yang saat itu melatih Argentina justru mendapat banyak kritik setelah keputusannya saat tersingkir di perempat final Piala Dunia 2006.

Pekerman dengan berani tidak memainkan Messi saat itu, hujatan dan kritik pun membanjiri Jose Pekerman dan dianggap sebagai biang kerok kegagalan Argentina.

2. Cristiano Ronaldo

Momentum awal rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bisa dibilang dimulai sejak Piala Dunia 2006.

Terlepas dari itu Piala Dunia 2006 adalah turnamen debut Ronaldo sekaligus kali pertama ia mencetak gol di Piala Dunia.

Setelah itu Ronaldo menjelma sebagai mesin gol Portugal di sepak bola internasional, dua dekade belakangan merupakan eranya bersama Messi.

Ronaldo sukses memberi gelar EURO 2016 dan UEFA Nations League untuk Portugal, di usianya yang sudah 37 tahun ini ia berkesempatan meraih gelar Piala Dunia 2022.

3. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon/Instagram
Gianluigi Buffon/Instagram

Buffon saat itu sudah berusia 28 tahun dan sukses hanya kebobolan dua gol saat membawa Italia mengangkat trofi Piala Dunia 2006.

Sejak saat itu, Buffon mengoleksi 11 gelar liga bersama klub yang dibelanya dan hingga saat ini sang pemain masih aktif bermain.

Buffon kembali membela klub masa kecilnya Parma yang berkompetisi di Serie B dan tidak bermain untuk Italia di Piala Dunia 2022.

Selain karena tidak dipanggil oleh Roberto Mancini, Italia juga gagal lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar.

4. Zlatan Ibrahimovic

Gelaran Piala Dunia 2006 menjadi kali terakhir Zlatan Ibramimovic setelah Swedia setelah tersingkir dari Polandia di babak playoff.

Bukan kesuksesan terbesar dalam karier Ibrahimovic, tak mampu membawa Swedia melaju ke babak delapan besar setelah tersingkir di babak 16 besar dari Jerman.

Meski begitu, Ibrahimovic masih aktif bermain di sepak bola profesional bersama AC Milan di Liga Italia meskipun usianya sudah menginjak kepala empat.

5. Luka Modric

Luka Modric meraih Golden Ball/Twitter
Luka Modric meraih Golden Ball/Twitter

Luka Modric merupakan pemain muda potensial di Piala Dunia 2006 Jerman, meskipun hanya bermain dua kali setelah Kroasia tersingkir di babak pertama.

Meski begitu, 12 tahun berselang Modric meraih kesuksesan bersama Real Madrid hingga membuatnya dianugerahi Bola Emas Piala Dunia di Piala Dunia 2018.

Modric akan tetap bermain untuk Kroasia di Piala Dunia 2022, penampilan impresifnya di level klub di bawah asuhan Carlo Ancelotti jadi alasannya.

6. Franck Ribery

Di dalam rentetan nama-nama gemilang Prancis di Piala Dunia 2006, seperti Lilian Thuram, Claude Makelele dan Zinedine Zidane.

Setelah nyaris gagal lolos di fae grup, Franck Ribery muncul sebagai sosok pembeda sekaligus pembakar semangat skuat Prancis.

Ribery juga mencetak gol kemenangan atas Spanyol di babak perempat final, ia juga bertanding di final melawan Italia.

Di usianya yang kini sudah 39 tahun, Ribery masih bermain setelah menghabiskan banyak waktu di Bayern Muenchen.

Saat ini Ribery bermain untuk Salernitana di Liga Italia Serie A.

7. Lukas Podolski

Penyerang Vissel Kobe Lukas Podolski cetak gol spektakuler dengan tendangan karate menerima umpan cantik dari Andres Iniesta pada laga lanjutan J1 League, Sabtu (3/11/2018). [@poldi_official/Instagram]
Penyerang Vissel Kobe Lukas Podolski cetak gol spektakuler dengan tendangan karate menerima umpan cantik dari Andres Iniesta pada laga lanjutan J1 League, Sabtu (3/11/2018). [@poldi_official/Instagram]

Dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2006, Lukas Podolski kerap diremehkan karena tak memiliki potensi di awal.

Namun sebagai bagian dari skuat pemenang Piala Dunia 2014, Podolski memberi banyak keajaiban dalam kariernya termasuk saat membela Arsenal di Liga Inggris.

Di usianya yang sudah 36 tahun, Podolski saat ini masih bermain untuk klub Polandia idolanya saat masih kecil, Gornik Zabre.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini