Boladunia

5 Pesepak Bola Terkaya per 2022, Salah Satunya Alexandre Pato

Alexandre Pato secara mengejutkan masuk 5 besar pesepak bola terkaya.

Rauhanda Riyantama

Alexandre Pato merayakan gol saat laga Tianjin Quanjian vs Guangzhou Evergrande pada 15 Mei 2018 (AFP)
Alexandre Pato merayakan gol saat laga Tianjin Quanjian vs Guangzhou Evergrande pada 15 Mei 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Profesi sebagai pesepak bola menjadi salah satu sumber di mana seseorang bisa meraih kekayaan. Besarnya bayaran serta pemasukan dari ketenaran menjadi alasan mengapa para pelaku olahraga si kulit bundar mendapat pundi-pundi berlimpah.

Berbicara soal pemain terkaya di dunia sepak bola saat ini, semua penikmat sepak bola sepakat menunjuk sosok Faiq Bolkiah, pemain asal Brunei Darussalam.

Mantan pemain akademi Chelsea, Southampton, dan Leicester City ini dicap sebagai pesepak bola terkaya karena disebut-sebut punya kekayaan sebesar Rp287 triliun.

Angka ini didapat karena statusnya yang memang orang kaya. Selain itu, pemain berusia 23 tahun ini merupakan keponakan dari Raja Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Memiliki keluarga kerajaan membuat Faiq Bolkiah hidup bergelimang harta sejak muda hingga kini dirinya berstatus pemain profesional yang membela klub Thailand, Chonburi FC.

Meski punya kekayaan yang takkan habis tujuh turunan, nyatanya Faiq Bolkiah tak pantas disebut pemain terkaya di dunia. Pasalnya, kekayaan yang ia miliki tak didapatkannya semasa bermain.

Lantas, siapa pesepak bola aktif maupun yang telah pensiun dan memiliki kekayaan berlimpah di tahun 2022 ini? Berikut daftarnya, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo berpose bersama trofi individu yang diraihnya pada 1 Januari 2018 (Handout/CR7 Media/AFP)
Cristiano Ronaldo berpose bersama trofi individu yang diraihnya pada 1 Januari 2018 (Handout/CR7 Media/AFP)

Cristiano Ronaldo tercatat sebagai pesepak bola terkaya saat ini. Diketahui, mega bintang asal Portugal ini memiliki kekayaan sebesar Rp6,4 triliun.

Harta sebanyak itu didapatkan Ronaldo selama bermain, baik itu bayarannya serta nilai kontrak dan bonus yang ia dapatkan.

Selain itu, kekayaan itu juga didapat dari iklan produk yang melibatkan sosoknya dan usahanya yakni properti maupun klinik kesehatan.

2. David Beckham

Kendati telah pensiun, David Beckham termasuk sebagai salah satu atlet sepak bola yang punya kekayaan melimpah. Disebut-sebut, total kekayaannya mencapai Rp6,4 triliun.

Hampir sama dengan Cristiano Ronaldo, Beckham merupakan sosok mega bintang di dalam dan luar lapangan. Hal ini membuatnya mendapat bayaran tinggi semasa bermain dan juga sebagai bintang iklan.

Kekayaan Beckham kian melonjak drastis setelah dirinya pensiun, di mana ia berbisnis. Salah satu bisnisnya adalah klub sepak bola Amerika Serikat, Inter Miami.

3. Lionel Messi

Aksi Lionel Messi saat Paris Saint-Germain ditahan imbang Nice 0-0. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)
Aksi Lionel Messi saat Paris Saint-Germain ditahan imbang Nice 0-0. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

Jika ada Cristiano Ronaldo, maka ada pula Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga ini juga masuk dalam kategori pemain terkaya dengan kekayaan mencapai Rp5,7 triliun.

Kekayaan ini didapatkannya dari nilai kontrak yang dimilikinya semasa bermain, baik itu bersama Barcelona dan Paris Saint-Germain saat ini.

Belum lagi dengan kontrak bersama produk-produk kenamaan, bisnis Clothing dan pemasukan dari iklan maupun Endorse mengingat banyaknya jumlah pengikut yang ia miliki di media sosial.

4. Dave Whelan

Mantan pemain sepak bola selain David Beckham yang punya kekayaan melimpah adalah Dave Whelan. Berbeda dengan kompatriotnya itu, sosok Whelan bukanlah pemain ternama semasa berkarier.

Ia tercatat bermain di Blackburn Rovers dan Crewe Alexandra dari tahun 1950 an hingga tahun 1960 an. Meski begitu, dari penghasilannya sebagai pemain, Dave Whelan berbisnis.

Dari bisnis-bisnis yang digelutinya, Dave Whelan meraih kekayaan hingga Rp 3,1 triliun. Karena kekayaannya itu pula, ia bisa membeli Wigan Athletic di tahun 1995.

5. Alexandre Pato

Pemain AC Milan, Alexandre Pato merayakan gol ke gawang Barcelona pada Liga Champions 2011/2012 (AFP)
Pemain AC Milan, Alexandre Pato merayakan gol ke gawang Barcelona pada Liga Champions 2011/2012 (AFP)

Meski saat ini sudah tak terdengar namanya, Alexandre Pato nyatanya masuk dalam daftar pemain sepak bola terkaya di tahun 2022 ini.

Pato memiliki kekayaan sebesar Rp2 triliun yang ia dapatkan semasa bermain, salah satunya saat bermain di China. Selain itu, ia punya investasi di bidang properti, makanan, Clothing dan kosmetik.

Karena investasinya ini, Pato pun masih bergelimang harta kendati di sisa-sisa akhir karierya sebagai pemain yang meredup dan tak terdengar lagi gaungnya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini