Boladunia

Ze Roberto, Eks Brasil yang Ngaku Punya Fisik Lebih Baik dari Ronaldo

Ze Roberto yang kini berusia 47 tahun ngaku punya fisik lebih baik dari Ronaldo.

Rauhanda Riyantama

Ze Roberto, eks pemain Timnas Brasil. (Instagram/zr11)
Ze Roberto, eks pemain Timnas Brasil. (Instagram/zr11)

Bolatimes.com - Tak ada yang meragukan bagaimana fisik dari seorang Cristiano Ronaldo. Namun, fisik prima yang dimilikinya nyatanya masih kalah ketimbang fisik mantan penggawa Timnas Brasil dan Bayern Munich, Ze Roberto.

Di usia yang telah menginjak 36 tahun, Cristiano Ronaldo tetap dipuja karena bentuk fisiknya yang masih prima dan tetap mampu bersaing di level tertinggi.

Padahal, rata-rata pemain sepak bola profesional bisa dikatakan telah habis saat memasuki usia kepala tiga. Hanya saja, Ronaldo masih terlihat bugar.

Meski demikian, Ronaldo tak bisa begitu saja sombong akan kebugaran dan betapa prima fisikya di usianya saat ini. Pasalnya, ada pemain lainnya yang mengaku punya fisik jauh lebih baik kendati usianya lebih tua satu dekade lebih ketimbang bintang Portugal itu.

Sosok itu adalah Ze Roberto. Mantan pesepak bola asal Brasil berusia 47 tahun ini mengklaim dirinya lebih baik secara fisik ketimbang Ronaldo.

Ze Roberto, eks pemain Timnas Brasil. (Instagram/zr11)
Ze Roberto, eks pemain Timnas Brasil. (Instagram/zr11)

“Hari ini saya akan katakan bahwa saya memiliki fisik lebih baik (ketimbang Ronaldo), karena saya bermain sampai usia 43 tahun,” ujar Ze Roberto dilansir dari laman GiveMeSport.

“Jika dia (Ronaldo) bisa melakukannya, saya akan katakan dialah yang lebih baik,” lanjutnya.

Ze Roberto sendiri punya resep tersendiri untuk menjaga fisiknya tetap prima kendati usianya telah menginjak kepala empat.

“Saya tak punya kebiasaan buruk. Saya tak minum minuman beralkohol, saya tak merokok, saya makan asupan yang baik, saya tidur teratur.”

“Saya punya keluarga, di mana mereka adalah pengingat terbaik saya. Saya pikir itulah faktor-faktor terpenting untuk mencapai usia saya dan tetap bermain di level tertinggi,” lanjutnya.

Mengenal Sosok Ze Roberto

Bagi penikmat sepak bola era 90 an akhir dan awal 2000 an, maka nama Ze Roberto tentu terbilang tak asing. Ia merupakan salah satu produk terbaik Brasil yang bermain di Eropa.

Ze Roberto yang lahir di Sao Paulo pada 6 Juli 1974, dikenal sebagai pemain Versatile atau pemain yang bisa menempati banyak posisi di sepak bola. Namun, ia lebih banyak diplot sebagai bek kiri dan winger kiri.

Namanya melonjak sejak bergabung Real Madrid pada 1997. Namun kariernya tak berjalan mulus sehingga ia kembali ke Brasil pada 1998.

Tak sampai setahun berselang, Ze Roberto kembali ke Eropa dan bermain untuk Bayer Leverkusen hingga 2002, di mana ia menjadi bagian generasi emas Die Werkself yang hampir meraih Treble Winner di musim 2001/02.

Ze Roberto saat berseragam Bayern Munich. (JOHN MACDOUGALL / AFP)
Ze Roberto saat berseragam Bayern Munich. (JOHN MACDOUGALL / AFP)

Di akhir musim 2001/02, Ze Roberto memilih menyeberang ke Bayern Munich di mana ia bermain hingga tahun 2006. Di klub inilah, ia mampu meraih beragam gelar domestik.

Setelah sempat pulang ke Brasil untuk membela Nacional dan Santos hingga 2007, Ze Roberto kembali ke Bayern Munich dengan status pinjaman hingga 2009.

Sempat mengarungi karier di Hamburg SV sejak 2009 hingga 2011, Ze Roberto lantas memilih berpetualang ke Asia dan juga bermain di Brasil hingga tahun 2017.

Di usia 43 tahun, Ze Roberto memutuskan gantung sepatu dengan Palmeiras menjadi tim terakhir dalam karier sepak bolanya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini