Boladunia

Ayah Chanathip Songkrasin Ungkap Momen Anaknya Loyo di Piala AFF 2020

Chanathip Songkrasin disebut sempat tampil buruk di Piala AFF 2020.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Instagrana/@changsuek)
Pemain Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Instagrana/@changsuek)

Bolatimes.com - Kapten Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin bersinar saat menghadapi Timnas Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020. Ada kisah mengharukan di balik penampilan bomber Thailand tersebut.

Sejauh ini, Chanathip Songkrasin telah mengoleksi empat gol di Piala AFF 2020, di mana dua di antaranya dilesakkan ke gawang Timnas Indonesia. Ia pun menempati jajaran top scorer.

Dijuluki Messi Thailand, pemain berusia 28 tahun itu menjadi mimpi buruk bagi rival skuad Gajah Perang. Perfomanya di lapangan kerap mengejutkan.

Namun, rupanya ada kisah mengharukan di balik aksi cemerlang Chanathip Songkrasin. Hal itu diungkapkan oleh sang ayah, Kongphop Songkrasin.

Usut punya usut, di awal kejuaraan Piala AFF 2020, Chanathip Songkrasin tak bisa tampil maksimal. Bahkan terkesan loyo tak bersinar seperti kekinian.

Alasan kesulitan beradaptasi dengan cuaca Singapura menjadi penyebabnya. Pemain yang moncer di Liga Jepang itu sempat tampil dalam kondisi demam.

Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)
Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

"Chanathip sakit setelah datang ke Singapura. Alasannya adalah karena cuaca di Singapura lebih panas dari negara bersalju seperti Jepang," ujar Kongphop Songkrasin seperti disadur dari Soha.vn.

"Anak saya tidak bisa beradaptasi sehingga dia demam dalam 2 pertandingan pertama, tetapi masih berkompetisi dan memiliki penampilan buruk saat melawan Filipina," sambungnya.

Melihat kondisi tersebut, Kongphop Songkrasin berusaha memberikan semangat kepada putranya. Perlahan namun pasti, Chanathip Songkrasin pun mampu menunjukkan kualitasnya.

"(Saat itu) saya terus mendorongnya untuk mencetak gol lebih banyak," tandasnya.

Pelatih Thailand, Alexandre Polking sempat mengistirahatkan Chanathip dalam laga terakhir babak fase grup A Piala AFF 2020 lawan Singapura. Setelah dua kali putaran semifinal dan final leg pertama, Chanathip Songkrasin berjaya.

Dari enam tembakaan, ia berhasil mencetak empat gol saat menghadapi Vietnam (2) dan Indonesia (2). Ia pun berpeluang menjadi pencetak gol terbanyak dan menyabet gelar pemain terbaik untuk ketiga kalinya selama mengikuti Piala AFF.

Berita Terkait

Berita Terkini