Boladunia

Profil Tatsuma Yoshida, Pelatih Timnas Singapura yang Menangis di Piala AFF

Tatsuma Yoshida sempat mencuri perhatian karena menangis usai cemooh suporter Singapura di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. FA Singapura)
Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. FA Singapura)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, tak kuasa menutupi kesedihannya saat anak asuhnya mendapat cemoohan dari pendukungnya sendiri pada ajang Piala AFF 2020.

Sebab, Tatsuma Yoshida menyaksikan sendiri ketika timnya dirundung fans Singapura ketika kalah dari Thailand pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2020.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (18/12/2021) itu, timnas Singapura memang ditekuk Thailand dengan skor 0-2.

Cemoohan dari pendukung timnas Singapura itu jelas menyakitkan bagi Tatsuma Yoshida. Sebab, dia merasa bertanggung jawab atas kekalahan anak asuhnya dari tim Gajah Perang.

Bahkan, dia siap memasang badan untuk melindungi para pemainnya. Pelatih asal Jepang itu pun sempat menangis dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

“Saya merasa sangat sedih, sangat sangat sedih. Jika saya Pep Guardiola, tidak masalah. Namun, saya Tatsuma Yoshida, saya hanya pelatih dari Jepang,” ujarnya dikutip dari ESPN Asia.

Tatsuma berharap, pendukung timnas Singapura bisa menghargai perjuangan skuad The Lions pada ajang Piala AFF 2020.  Sebab, misinya di turnamen ini hanyalah membawa timnas Singapura naik ke level yang lebih tinggi.

“Namun saya bangga dengan para pemain, selalu. Mereka selalu bekerja sama untuk meningkatkan level sepak bola Singapura. Saya cinta Singapura,” ujarnya.

“Orang-orang Singapura harus percaya diri dengan sepak bola mereka. Saya ingin mengatakan lagi. Saya ingin menangis. Terima kasih,” lanjutnya.

Profil Tatsuma Yoshida

Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida. (fas.org.sg)
Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida. (fas.org.sg)

Tatsuma Yoshida merupakan pelatih berkebangsaan Jepang yang lahir di Chiba, pada 9 Juni 1974. Saat ini, dia menjabat sebagai pelatih kepala timnas Singapura.

Sebelum memulai karier kepelatihannya, Yoshida merupakan pemain profesional yang sempat mebela sejumlah klub.

Mulai tahun 1993, kariernya berawal bersama Kashiwa Reysol. Kemudian, dia sempat pindah dan memperkuat Kyoto Purple Sanga, Montedio Yamagata, dan terakhir Jurong.

Setelah pensiun pada tahun 2003, Yoshida kembali ke Kashiwa Reysol. Dia kembali bekerja untuk menjadi Direktur Akademi klub tersebut selama tujuh tahun.

Saat bekerja di sini, dia membantu akademi Keshiwa Reysol menjadi salah satu yang terbaik di Jepang. Setelah itu, dia promosi menjadi direktur olahraga.

Pada tahun 2015, dia akhirnya dipercaya untuk menjadi pelatih kepala dan mendapat kontrak selama dua tahun.

Sebagai pelatih kepala, dia sukses membawa timnya tampil impresif di ajang Liga Champions Asia hingga melaju ke babak perempat final sebelum ditumbangkan Guanzhou.

Semusim berikutnya, ia dikontrak klub kasta kedua, Albirex Niigata, pada tahun 2016, lalu pindah ke Ventforet Kofu pada 2017.

Pada 30 Mei 2019, Tatsuma Yoshida diumumkan sebagai pelatih timnas Singapura.Debutnya sebagai pelatih The Lions tercipta dengan manis setelah sukses menang 4-3 atas Solomon Island di Stadion Nasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini