Boladunia

Ada yang Baru 18 Tahun, Ini Pemain Termuda di Nominasi Ballon d'Or 2021

Ada sejumlah pemain muda yang masuk nominasi Ballon d'Or 2021.

Rauhanda Riyantama

Aksi Pedri saat laga Spanyol vs Italia di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Aksi Pedri saat laga Spanyol vs Italia di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Nominasi peraih Ballon dOr 2021 sudah diumumkan. Total ada 30 nama pemain yang berpotensi meraih salah satu penghargaan individu paling prestisius di jagat sepak bola ini.

Nama-nama lawas dan senior yang sering menghiasi peraih Ballon d'Or masih muncul di edisi tahun ini. Di antaranya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Neymar Jr.

Namun, ada beberapa pemain muda yang secara mengejutkan masuk ke dalam nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Siapa saja mereka?

1. Pedri

Gelandang milik Barcelona ini menjadi nominator peraih Ballon d'Or termuda di edisi 2021. Tercatat usianya masih 18 tahun di tahun ini. Namun, pengalamannya di level senior memang sudah banyak.

Tak cuma menjadi andalan di Barcelona, Pedri juga menjadi sosok penting di Timnas Spanyol saat Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League. Selama musim lalu, Pedri tercatat tampil sebanyak 73 kali bersama klub dan negaranya.

2. Erling Haaland

Nama Erling Haaland tak mengejutkan masuk ke dalam nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Meski usianya masih 21 tahun, dia menunjukkan penampilan ciamik bersama Borussia Dortmund.

Di Bundesliga musim lalu, pemain asal Norwegia tersebut mampu mencetak 37 gol dari 36 pertandingan. Tak mengherankan jika dia menjadi salah satu favorit meraih Ballon d'Or 2021.

3. Phil Foden

Pemain muda Manchester City yang masih berusia 21 tahun ini juga masuk nominasi peraih Ballon d'Or. Menilik statistik, Foden tampil cukup apik musim lalu dengan mencetak 16 gol dan 10 assist dari 50 laga di semua ajang.

Selain itu, penggawa Inggris tersebut mampu membawa Man City menjadi kampiun Liga Inggris dan Piala Liga.

4. Gianluigi Donnarumma

Kiper berusia 22 tahun dan 7 bulan ini juga masuk ke dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2021. Pemain yang baru saja pindah ke Paris Saint-Germain ini menunjukkan penampilan apik di level klub dan negara musim lalu.

Donnarumma mengantarkan AC Milan finis di 4 besar Serie A musim lalu dan lolos kembali ke Liga Champions. Selain itu, dia menjadi sosok penting keberhasilan Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

5. Mason Mount

Bisa dibilang musim lalu menjadi penampilan terbaik sejauh ini yang ditunjukkan oleh Mount bersama Chelsea. Dia mampu membawa The Blues meraih juara Liga Champions 2020/21.

Penampilan apik Mount itu ditunjukkan pula dengan torehan 9 gol dan 9 assist musim lalu. Tak pelak pemain asal Inggris tersebut diganjar dengan masuk nominasi peraih Ballon d'Or. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini