Boladunia

10 Klub dengan Nilai Termahal di Tahun 2021, PSG Tak Masuk 3 Besar

Berikut 10 klub dengan nilai termahal di 2021.

Rauhanda Riyantama

Aksi Lionel Messi di laga debutnya bersama PSG. (FRANCK FIFE / AFP)
Aksi Lionel Messi di laga debutnya bersama PSG. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Nilai suatu klub sepak bola tak hanya dilihat dari kekayaannya saja, melainkan juga dari kumpulan pemain yang membela klub tersebut.

Selama ini, para penikmat sepak bola menilai sebuah klub dikatakan sebagai yang termahal jika jor-joran di bursa transfer atau pemiliknya memiliki kekayaan berlimpah.

Nyatanya, di sepak bola nilai termahal tak hanya melihat dari dua hal tersebut. Terdapat acuan lain seperti nilai atau harga pasaran para pemainnya yang membuat sebuah klub memiliki status termahal.

Nilai yang diambil pun berdasar performa sang pemain. Dengan kata lain, pemain mahal yang didatangkan akan terasa percuma jika performanya angin-anginan dan membuat nilai pasarnya menurun.

Dengan acuan nilai pemainnya, kira-kira siapa klub dengan nilai termahal di tahun 2021 ini?

10. Atletico Madrid

Atletico Madrid bisa dikatakan tim yang irit dalam urusan transfer. Namun hal tersebut tak menghalangi Los Rojiblancos memiliki skuad dengan nilai termahal di dunia.

Diketahui, Atletico Madrid memiliki skuad bernilai 662 juta euro atau sekitar Rp10,8 triliun. Nilai ini didapat berkat kemampuan para pemainnya yang menanjak setiap pekannya.

9. Borussia Dortmund

Hampir sama dengan Atletico Madrid, Borussia Dortmund juga terbilang irit dalam urusan transfer pemain. Namun, Die Borussen mampu membuat skuadnya yang murah menjadi skuad yang bernilai hingga triliunan rupiah.

Dortmund memiliki para pemain yang total bernilai 687 juta euro (Rp11,2 triliun). Nilai ini menjadi bukti bahwa Die Borussen pandai dalam mengubah pemain biasa menjadi pemain berharga miliaran hingga triliunan rupiah.

8. Paris Saint-Germain

Dikenal sebagai salah satu klub sultan, Paris Saint-Germain atau PSG nyatanya hanya mampu berada di tempat ke-8 dalam daftar ini.

Kendati jor-joran dalam bursa transfer dengan mendatangkan banyak bintang, PSG masih memiliki pemain-pemain yang terhitung sebagai pemain kelas dua. Saat ini, skuad Les Parisiens bernilai 808 juta euro (Rp13,2 triliun).

7. Real Madrid

Real Madrid memang dikenal sebagai salah satu klub kaya yang bertabur bintang. Namun, status ini tak lantas membuat El Real punya status sebagai klub dengan nilai termahal.

Menuanya beberapa bintang serta turunnya harga para pemainnya membuat Real Madrid ada di peringkat ke-7 daftar ini dengan nilai skuad sebesar 846 juta euro (Rp13,9 triliun).

6. Liverpool

Meski tak jor-joran dan banyak beli pemain, Liverpool tetap berhasil masuk dalam daftar ini. Banyaknya pemain yang menanjak dan memiliki kontrak panjang membuat The Reds menjadi klub dengan nilai termahal.

Skuad arahan Jurgen Klopp saat ini diketahui bernilai 868 juta euro (Rp14,2 triliun). Nilai ini didapat setelah para pemain kuncinya mengikat kontrak anyar yang membuat nilai pasar pemainnya melejit.

5. Bayern Munich

Meski memiliki pemain tua dalam skuadnya, Bayern Munich nyatanya tetap bisa masuk dalam daftar klub dengan nilai termahal di 2021 ini.

Masuknya Bayern Munich dalam daftar ini tak lepas dari penyegaran yang dilakukan dengan mendatangkan pemain muda atau di usia prima yang punya performa apik sehingga nilai skuadnya melejit ke angka 890 juta euro (Rp14,6 triliun).

4. Barcelona

Krisis yang menerpa Barcelona dan perginya Lionel Messi nyatanya tak membuat Blaugrana kehilangan nilai pasar dari para pemainnya.

Meski tak memiliki banyak pemain dengan nama besar, Barcelona tetap memiliki nilai skuad fantastis yang mencapai 896 juta euro (14,7 triliun). Nilai ini didapat dari nilai transfer pemain muda yang melejit serta pemain gratisan yang didapat.

3. Chelsea

Raksasa Inggris ini juga masuk dalam daftar klub dengan nilai skuad termahal. Nilai skuad Chelsea saat ini mencapai 964 juta euro (Rp15,8 triliun).

Nilai ini didapat karena Chelsea memiliki banyak pemain muda potensial dengan nilai transfer tinggi seperti Mason Mount, Kai Havertz, dan Reece James. Selain itu, ada beberapa pemain senior yang berada di puncak performanya yang membuat nilai pasarnya melejit.

2. Manchester United

Setelah Chelsea, ada Manchester United yang memiliki nilai skuad mencapai 1,21 miliar Euro atau Rp19,8 triliun. Nilai ini didapat dari banyaknya pemain muda potensial dengan harga mumpuni serta pemain mahalnya.

Kedatangan Cristiano Ronaldo yang membuat performa Man United terangkat pun perlahan juga membuat beberapa pemain nilainya ikut naik yang membuat skuad Setan Merah menyentuh angka miliaran euro.

1. Manchester City

Tetangga Manchester United, Manchester City, menjadi tim dengan nilai skuad termahal di dunia saat ini. The Cityzens diketahui punya nilai skuad mencapai 1,28 miliar euro (Rp21 triliun).

Nilai ini didapat dari banyaknya pemain berusia di bawah 30 tahun atau berada di usia prima dan juga menanjaknya performa sang pemain di level klub dan tim nasional.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini