Boladunia

4 Fakta Pascal Struijk, Bek Keturunan Indonesia yang Tekel Pemain Liverpool

Pascal Struijk membuat Harvey Elliott mengalami cedera parah

Irwan Febri Rialdi

Bek Belanda keturunan Indonesia, Pascal Struijk, usai menekel pemain Liverpool, Harvey Elliott. (AFP/Oli Scarff)
Bek Belanda keturunan Indonesia, Pascal Struijk, usai menekel pemain Liverpool, Harvey Elliott. (AFP/Oli Scarff)

Bolatimes.com - Nama pemain keturunan Indonesia yang merumput di Premier League, Pascal Struijk, kembali menjadi pemberitaan.

Bukan, bukan karena dia dibidik oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, tetapi karena tekel horor yang dia lakukan saat Leeds United menghadapi Liverpool.

Dalam laga yang tersaji di Stadion Elland Road, Minggu (12/9/2021) malam WIB itu, Struijk menekel wonderkid The Reds, Harvey Elliot, di menit 57. Atas aksinya itu, Struijk langsung diganjar kartu merah.

Berikut ini fakta-fakta dari sosok berusia 22 tahun tersebut.

1. Keturunan Indonesia

Lahir di Deurne, Belgia pada 11 Agustus 1999, Pascal Struijk memiliki tiga kewarganegaraan yaitu Belanda, Belgia, dan Indonesia.

Kepada Sportmagazin, dia bercerita punya garis keturunan Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya. Dia mengaku kakek dan neneknya berada di Indonesia, kemudian pindah ke Belanda.

2. Jebolan Akademi Ajax

Sebagai sosok yang besar di Belanda, Pascal Struijk merasakan pendidikan sepak bola di Negeri Kincir Angin. Dia mengawali dengan bergabung di ADO Den Haag pada usia 7 tahun.

Kemudian dia pindah ke Akademi Ajax pada 2016. Setelah tidak memperpanjang kontraknya bersama Ajax, dia bergabung dengan Leeds United pada 2018.

3. Juara Divisi Championship

Satu tahun setelah bergabung dengan Leeds United, Struijk menjadi bagian dalam sejarah klub tersebut. Dia ikut berjasa menjuarai English Footbal League (EFL) atau Divisi Championship yang merupakan kasta kedua di sepak bola Inggris.

Momen itu terjadi di musim 2019/20 yang sekaligus mengantarkan Leeds promosi ke Premier League setelah 16 tahun lamanya.

4. Dapat Kepercayaan dari Marcelo Bielsa

Keberhasilan Leeds United jadi juara EFL dua musim lalu dan promosi ke Premier League tidak terlepas dari tangan dingin Marcelo Bielsa sebagai pelatih.

Pascal terbilang mendapat kesempatan cukup banyak dari Bielsa. Di musim 2020/21, Pascal Struijk tampil 27 kali di Premier League dengan mencetak 1 gol.

Di musim 2021/22 ini, Pascal Struijk juga selalu diturunkan Bielsa sebagai starter dalam empat pertandingan yang sudah dijalani. Namun, di laga keempat melawan Liverpool dia mendapat kartu merah usai menekel Harvey Elliott.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini