Boladunia

5 Comeback Paling Dramatis di Liga Champions

Awalnya tertinggal, 5 klub ini sukses bikin comeback dramatis hingga menang.

Rauhanda Riyantama

Liverpool Juara Liga Champions 2005. Sumber: Dok. The Courier Mail
Liverpool Juara Liga Champions 2005. Sumber: Dok. The Courier Mail

Bolatimes.com - Gelaran Liga Champions 2021/22 akan dimulai pada 14 September 2021. Fase grup kompetisi antar klub se Eropa ini akan dibuka oleh dua laga dari Grup G.

Sevilla akan menjamu RB Salzburg sementara Manchester United bakal bertandang ke markas Young Boys pada Selasa (14/9) pukul 23:45 malam WIB.

Setiap musimnya, selalu ada kejutan yang terjadi di Liga Champions. Salah satunya adalah momen comeback yang tak jarang menghadirkan laga dramatis.

Momen comeback Liga Champions mana saja yang tercatat paling dramatis? Berikut ulasan selengkapnya.

1. PSG vs Manchester United

Setelah kalah 0-2 pada leg pertama di Old Trafford pada babak 16 Liga Champions 2018/19, Man United harus mengejar ketertinggalannya di markas PSG, Parc des Princes.

Defisit dua gol mampu dikejar 'Iblis Merah' melalui dua gol Romelu Lukaku. Kondisi ini membuka peluang Man United untuk bangkit, namun PSG kembali unggul lewat gol Juan Bernat.

Drama terjadi di menit 90 ketika wasit menunjuk titik putih. Marcus Rashford yang jadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Man United pun lolos setelah unggul gol tandang dengan agregat 3-3.

2. Manchester United vs Bayern Munich

Pada final Liga Champions 1998/99 yang berlangsung di Camp Nou, Man United berada di ambang kekalahan karena hingga menit ke-91 masih tertinggal 0-1 dari Bayern.

Di waktu injury time, dua pemain pengganti, Ole Gunnar Solskjaer dan Sheringham menjadi pahlawan The Red Devils dengan masing-masing menyumbang gol sehingga Man United akhirnya berbalik menang 2-1. Gelar Liga Champions itu sekaligus memastikan Man United meraih treble winner.

3. AS Roma vs Barcelona

Keajaiban di langit Olimpico. Begitu banyak headline media Italia menggambarkan comeback fantastis AS Roma atas Barcelona di perempat final Liga Champions 2017/18.

Kalah 1-4 pada leg pertama di Camp Nou, Roma harus menjamu Blaugrana di Olimpico. Roma mewujudkan keajaiban itu dengan menang 3-0 melalui gol Edin Dzeko, Daniele De Rossi, dan Kostas Manolas yang membawa I Lupi lolos ke semifinal berkat unggul gol tandang dengan agregat 4-4.

4. Barcelona vs PSG

Di musim 2016/17, justru Barcelona yang melakukan comeback saat menghadapi PSG di babak 16 Liga Champions. Pada leg pertama di Paris, Barcelona keok 0-4.

Leg kedua di Camp Nou berjalan spektakuler buat Barcelona. Mereka berhasil menang 6-1 sehingga lolos ke perempat final dengan agregat 6-5. Tercatat, ini menjadi comeback dengan skor terbesar di Liga Champions.

5. Liverpool vs Barcelona

Lagi-lagi Barcelona terlibat dalam momen comeback fantastis di Liga Champions. Namun kali ini mereka bukan menjadi protagonis. Liverpool yang kalah 0-3 di leg pertama semifinal 2018/19, mengamuk pada leg kedua di Anfield.

Meski tanpa Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Liverpool mengemas kemenangan 4-0 berkat penampilan luar biasa Divock Origi dan Georginio Wijnaldum. Liverpool pun lolos ke final berkat agregat 4-3.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini