Bolaindonesia

Ada Atlet Muay Thai di TC Timnas Indonesia U-18, Ini Sosoknya

Atlet Muay Thai tersebut adalah pemain Persija Jakarta.

Rauhanda Riyantama

Pemain Persija Jakarta U-16 sekaligus atlet Muaythai Indonesia, Muhammad Uchida menyabet medali perunggu di ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. Persija).
Pemain Persija Jakarta U-16 sekaligus atlet Muaythai Indonesia, Muhammad Uchida menyabet medali perunggu di ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. Persija).

Bolatimes.com - Pemandangan menarik tersaji di pemusatan latihan alias TC Timnas Indonesia U-18 kali ini. Ada atlet Muay Thai yang turut dipanggil Shin Tae-yong untuk melaukan TC yang sudah dimulai sejak Senin (30/8/2021).

Atlet Muay Thai tersebut tak lain adalah pemain muda Persija JakartaMuhammad Uchida. Pemain 18 tahun itu menjalani TC perdana dalam seleknas gelombang perdana Timnas U-18 bersama 36 pemain lain.

Dalam keterangannya, Muhammad Uchida mengaku bersyukur bisa dipanggil TC. Ia pun sadar harus bekerja keras untuk bisa menembus skuat utama.

"Pertama saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada coach Shin Tae-yong atas kesempatan ini," kata Uchida dalam rilis PSSI.

"Latihan hari pertama ini cukup berat, karena kami baru datang semalam dan istirahat sebentar, lalu sorenya latihan."

"Tapi Alhamdulillah, masih bisa mengimbanginya. Tentu sangat berbeda ketika berlatih dengan klub," tambah pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 itu.

Uchida pun bertekad untuk tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mengikuti TC tersebut. Dia berusaha memberikan kemampuan terbaik agar terpilih memperkuat Timnas Indonesia U-18.

Wonderkid Persija, Muhammad Uchida sedang berlatih bersama Timnas Indonesia U-18. (Dok. PSSI)
Wonderkid Persija, Muhammad Uchida sedang berlatih bersama Timnas Indonesia U-18. (Dok. PSSI)

“Pasti semuanya ingin menjadi pemain timnas, semoga dengan kehadiran saya di sini bisa memberikan kontribusi dan aura positif kepada tim. Kemudian lanjut bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023 nanti,” kata Uchida.

"Saya berharap hubungan dengan teman-teman lainnya bisa terjalin dengan baik dan kompak," pungkasnya.

Muhammad Uchida merupakan mantan kapten Persija U-16 yang namanya sempat menjadi perbincangan lanataran berhasil meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2019.

Pencapaian Uchida sangat menarik lantaran dirinya merebut perunggu saat tampil di cabang olahraga Muay Thai. Bersama rekannya, Walun Lorens, Uchida merebut medali perunggu cabang olahraga muay thai nomor wai kru di SEA Games 2019.

Saat itu, mereka kalah dari pasangan Filipina Calica Jearome dan Gallaza Joemar yang mendapatkan medali emas dan Ramijam Hatem serta Ismail Mohamad dari Malaysia yang meraih medali perak.

Melansir dari Antara, Muhammad Uchida sempat mengatakan bahwa dirinya tetap menggeluti Muay Thai kendati kini fokus berkarier di sepak bola profesional.

“Latihan sepak bola dan muay thai nanti diselang-seling. Lagi pula, muay thai tidak hanya pukul-pukulan. Ada latihan di gym dan lain-lain. Muay thai memberikan kepercayaan diri, melatih kekuatan dan kondisi fisik. Jadi semuanya berkaitan,” ucap Uchida pada Januari 2020 lalu.

TC Timnas Indonesia U-18 dimaksudkan untuk mencari pemain yang nantinya akan jadi bagian skuad Merah Putih di Piala Dunia U-20 2023.

Dalam TC yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta itu, Shin Tae-yong memanggil 72 pemain untuk mengikuti TC sekaligus seleksi nasional ini.

Pemusatan latihan nasional yang akan bergulir hingga 11 September itu dibagi menjadi dua gelombang. Masing-masing gelombang diisi 36 pemain.

Berita Terkait

Berita Terkini