Boladunia

10 Pemain dengan Catatan Assist Terbanyak Sepanjang Masa, No 1 Tanpa Klub

Siapa 10 pemain dengan catatan assist terbanyak? Simak ulasannya

Irwan Febri Rialdi

Kekinian Lionel Messi membukukan hat-trick ke-35 nya ke gawang Real Mallorca. (JOSEP LAGO / AFP)
Kekinian Lionel Messi membukukan hat-trick ke-35 nya ke gawang Real Mallorca. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Sepak bola di era modern saat ini hanya memberi cap terbaik kepada para pencetak gol sembari melupakan peran pencetak assist.

Pencetak assist dipandang sebelah mata keberadaannya ketimbang pencetak gol. Hal ini mengingat tingkat kesulitannya saat menciptakan peluang untuk para pencetak gol.

Pemain yang kerap memberi assist diwajibkan memiliki kreativitas untuk menciptakan sederet peluang dengan operan atau umpannya.

Menciptakan assist pun tak hanya dengan memberi umpan saja. Perlu adanya visi, Timing, dan keputusan pengambilan yang tepat untuk menciptakan sebuah assist.

Tanyakan saja pada Cesc Fabregas yang pernah berdebat dengan Michael Owen yang mengklaim bahwa di era ini pemain yang mencetak assist banyak mendapat pujian ketimbang pencetak gol.

Bagi Owen, mencetak assist mudah karena mengoper dari jarak 5 meter saja untuk pencetak gol, maka sudah disebut assist dan dipuja-puja.

Mantan penggawa Arsenal, Barcelona dan Chelsea ini lantas membalas klaim Owen tersebut lewat akun Twitter pribadinya.

Fabregas menyerang Owen dan berkicau untuk tak meremehkan kerja para gelandang yang memiliki sedikit ruang dan waktu serta membutuhkan kreativitas untuk memberi operan kepada para striker.

Cuitan Fabregas itu menggambarkan betapa sulitnya dan krusialnya peran para pencetak assist untuk mencetak gol. Sehingga sulit bagi seorang pemain mencetak assist ketimbang gol.

Namun, 10 pemain di bawah ini mampu mengalahkan logika tersebut dan mencetak ratusan assist sepanjang kariernya bermain. Siapa saja mereka?

10. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Hingga artikel ini dimuat, Kevin De Bruyne telah mencetak 227 assist sepanjang kariernya bersama KRC Genk, Chelsea, Wolfsburg, Manchester City dan tim nasional Belgia.

Dengan usia yang baru 30 tahun, torehan itu masih bisa bertambah lebih banyak lagi

9. Xavi Hernandez (Pensiun)

Xavi Hernandez memang telah pensiun dan menjadi pelatih di klub Qatar, Al Sadd SC. Semasa bermain, ia dikenal sebagai gelandang kreatif.

Kreativitasnya selama bermain terlihat dari torehannya yang mencetak 236 assist untuk Barcelona, tim nasional Spanyol dan Al Sadd SC.

8. Cesc Fabregas (AS Monaco)

Sejak bermain di usia 16 tahun bersama Arsenal hingga saat ini, Fabregas telah mencetak 245 assist bagi Arsenal, Barcelona, Chelsea, AS Monaco dan tim nasional Spanyol.

Angka ini bisa bertambah mengingat dirinya masih aktif bermain bersama AS Monaco.

7. Franck Ribery (Tanpa Klub)

Winger lincah asal Prancis ini juga dikenal sebagai pemain dengan kreativitas mumpuni. Hal ini tercermin dari gaya bermain dan torehan assistnya.

Selama bermain hingga kini berstatus tanpa klub, Franck Ribery telah mencetak 246 assist baik untuk klub yang pernah ia bela hingga bersama tim nasional Prancis.

6. Thomas Muller (Bayern Munchen)

Mantan rekan Franck Ribery di Bayern Munchen ini juga dikenal sebagai pemain kreatif berkat peran Raumdeuter yang ia perankan di level klub dan tim nasional Jerman.

Peran Raumdeuter yang diperkenalkannya ini, Muller bisa bergerak bebas mencari ruang untuk mencetak gol dan assist. Torehan assistnya bahkan tak main-main, yakni 246 assist di berbagai ajang hingga artikel ini dimuat.

5. Angel Di Maria (PSG)

Angel Di Maria memang dikenal sebagai winger lincah dan memiliki insting mencetak gol serta kreativitas di atas rata-rata.

Karena kemampuan olah bolanya tersebut, Di Maria telah menorehkan banyak gol dan assist. Total assist yang ia buat hingga artikel ini dibuat mencapai 251 assist.

4. Mesut Ozil (Fenerbahce)

Pecinta sepak bola tentu tak asing dengan nama Mesut Ozil. Ia dianggap sebagai salah satu playmaker terbaik di muka bumi dalam satu dekade terakhir.

Sematan itu bukan isapan jempol belaka mengingat total 256 assist telah dibuatnya hingga kini ia berkarier di Turki pasca bergabung Fenerbahce.

3. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Tak hanya andal dalam mencetak gol, Cristiano Ronaldo ternyata juga jago dalam membuat peluang untuk rekan-rekannya.

Total 268 assist telah dibuat megabintang asal Portugal tersebut. Masih yakin menyebut Cristiano Ronaldo pemain egois?

2. Luis Suarez (Atletico Madrid)

Insting Luis Suarez adalah mencetak gol. Namun, ia tak pernah lupa bahwa sepak bola adalah permainan tim. Sehingga ia tak egois dan kerap membuat assist.

Bukti Suarez tak egois sebagai predator di kotak penalti adalah torehan 271 assist yang ia buat selama berkarier di sepak bola profesional.

1. Lionel Messi (Tanpa Klub)

Pemain yang baru saja kontraknya habis bersama Barcelona ini menjadi pemain dengan jumlah assist terbanyak sepak bola sepanjang masa.

Total, Lionel Messi telah menorehkan 342 assist di mana sebagian besar assist itu ia cetak bersama Barcelona.

Kepiawaian Messi dalam membuat peluang dan menjadi Playmaker memang tak diragukan lagi. Wajar jika dia menjadi peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini