10 Pemain dengan Catatan Assist Terbanyak Sepanjang Masa, No 1 Tanpa Klub

Siapa 10 pemain dengan catatan assist terbanyak? Simak ulasannya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 11 Juli 2021 | 10:04 WIB
Kekinian Lionel Messi membukukan hat-trick ke-35 nya ke gawang Real Mallorca. (JOSEP LAGO / AFP)

Kekinian Lionel Messi membukukan hat-trick ke-35 nya ke gawang Real Mallorca. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Sepak bola di era modern saat ini hanya memberi cap terbaik kepada para pencetak gol sembari melupakan peran pencetak assist.

Pencetak assist dipandang sebelah mata keberadaannya ketimbang pencetak gol. Hal ini mengingat tingkat kesulitannya saat menciptakan peluang untuk para pencetak gol.

Pemain yang kerap memberi assist diwajibkan memiliki kreativitas untuk menciptakan sederet peluang dengan operan atau umpannya.

Baca Juga: Selain Julian Nagelsmann, Ini 4 Pelatih yang Lebih Muda Dibanding Pemainnya

Menciptakan assist pun tak hanya dengan memberi umpan saja. Perlu adanya visi, Timing, dan keputusan pengambilan yang tepat untuk menciptakan sebuah assist.

Tanyakan saja pada Cesc Fabregas yang pernah berdebat dengan Michael Owen yang mengklaim bahwa di era ini pemain yang mencetak assist banyak mendapat pujian ketimbang pencetak gol.

Bagi Owen, mencetak assist mudah karena mengoper dari jarak 5 meter saja untuk pencetak gol, maka sudah disebut assist dan dipuja-puja.

Baca Juga: 8 Pemain yang Mungkin Bikin Sir Alex Ferguson Menyesal Tidak Meminangnya

Mantan penggawa Arsenal, Barcelona dan Chelsea ini lantas membalas klaim Owen tersebut lewat akun Twitter pribadinya.

Fabregas menyerang Owen dan berkicau untuk tak meremehkan kerja para gelandang yang memiliki sedikit ruang dan waktu serta membutuhkan kreativitas untuk memberi operan kepada para striker.

Baca Juga: Argentina Juara Copa America 2021, Tumbangkan Brasil di Final

Cuitan Fabregas itu menggambarkan betapa sulitnya dan krusialnya peran para pencetak assist untuk mencetak gol. Sehingga sulit bagi seorang pemain mencetak assist ketimbang gol.

Namun, 10 pemain di bawah ini mampu mengalahkan logika tersebut dan mencetak ratusan assist sepanjang kariernya bermain. Siapa saja mereka?

10. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Baca Juga: Tampil Aduhai saat Pamer Video Joget, Shafira Ika Bikin Halu Netizen

Hingga artikel ini dimuat, Kevin De Bruyne telah mencetak 227 assist sepanjang kariernya bersama KRC Genk, Chelsea, Wolfsburg, Manchester City dan tim nasional Belgia.

Dengan usia yang baru 30 tahun, torehan itu masih bisa bertambah lebih banyak lagi

9. Xavi Hernandez (Pensiun)

Xavi Hernandez memang telah pensiun dan menjadi pelatih di klub Qatar, Al Sadd SC. Semasa bermain, ia dikenal sebagai gelandang kreatif.

Kreativitasnya selama bermain terlihat dari torehannya yang mencetak 236 assist untuk Barcelona, tim nasional Spanyol dan Al Sadd SC.

8. Cesc Fabregas (AS Monaco)

Sejak bermain di usia 16 tahun bersama Arsenal hingga saat ini, Fabregas telah mencetak 245 assist bagi Arsenal, Barcelona, Chelsea, AS Monaco dan tim nasional Spanyol.

Angka ini bisa bertambah mengingat dirinya masih aktif bermain bersama AS Monaco.

7. Franck Ribery (Tanpa Klub)

Winger lincah asal Prancis ini juga dikenal sebagai pemain dengan kreativitas mumpuni. Hal ini tercermin dari gaya bermain dan torehan assistnya.

Selama bermain hingga kini berstatus tanpa klub, Franck Ribery telah mencetak 246 assist baik untuk klub yang pernah ia bela hingga bersama tim nasional Prancis.

6. Thomas Muller (Bayern Munchen)

Mantan rekan Franck Ribery di Bayern Munchen ini juga dikenal sebagai pemain kreatif berkat peran Raumdeuter yang ia perankan di level klub dan tim nasional Jerman.

Peran Raumdeuter yang diperkenalkannya ini, Muller bisa bergerak bebas mencari ruang untuk mencetak gol dan assist. Torehan assistnya bahkan tak main-main, yakni 246 assist di berbagai ajang hingga artikel ini dimuat.

5. Angel Di Maria (PSG)

Angel Di Maria memang dikenal sebagai winger lincah dan memiliki insting mencetak gol serta kreativitas di atas rata-rata.

Karena kemampuan olah bolanya tersebut, Di Maria telah menorehkan banyak gol dan assist. Total assist yang ia buat hingga artikel ini dibuat mencapai 251 assist.

4. Mesut Ozil (Fenerbahce)

Pecinta sepak bola tentu tak asing dengan nama Mesut Ozil. Ia dianggap sebagai salah satu playmaker terbaik di muka bumi dalam satu dekade terakhir.

Sematan itu bukan isapan jempol belaka mengingat total 256 assist telah dibuatnya hingga kini ia berkarier di Turki pasca bergabung Fenerbahce.

3. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Tak hanya andal dalam mencetak gol, Cristiano Ronaldo ternyata juga jago dalam membuat peluang untuk rekan-rekannya.

Total 268 assist telah dibuat megabintang asal Portugal tersebut. Masih yakin menyebut Cristiano Ronaldo pemain egois?

2. Luis Suarez (Atletico Madrid)

Insting Luis Suarez adalah mencetak gol. Namun, ia tak pernah lupa bahwa sepak bola adalah permainan tim. Sehingga ia tak egois dan kerap membuat assist.

Bukti Suarez tak egois sebagai predator di kotak penalti adalah torehan 271 assist yang ia buat selama berkarier di sepak bola profesional.

1. Lionel Messi (Tanpa Klub)

Pemain yang baru saja kontraknya habis bersama Barcelona ini menjadi pemain dengan jumlah assist terbanyak sepak bola sepanjang masa.

Total, Lionel Messi telah menorehkan 342 assist di mana sebagian besar assist itu ia cetak bersama Barcelona.

Kepiawaian Messi dalam membuat peluang dan menjadi Playmaker memang tak diragukan lagi. Wajar jika dia menjadi peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak