Selain Julian Nagelsmann, Ini 4 Pelatih yang Lebih Muda Dibanding Pemainnya

Umumnya, pelatih berusia lebih tua dibanding pemainnya. Namun, deretan pelatih berikut ini tidak demikian. Simak ulasannya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 11 Juli 2021 | 09:58 WIB
Manajer Hoffenheim, Julian Nagelsmann. (Daniel Roland/AFP).

Manajer Hoffenheim, Julian Nagelsmann. (Daniel Roland/AFP).

Bolatimes.com - Julian Nagelsmann telah tiba dan mulai menjalani kehidupan barunya sebagai pelatih Bayern Munchen. Penunjukkan ini pun lantas membuatnya kemungkinan melatih pemain yang lebih tua darinya.

Nagelsmann menjadi salah satu pelatih muda berbakat di dunia sepak bola saat ini. Meski masih berusia muda, ia menunjukkan kemampuan taktiknya sehingga membuat Bayern Munchen terpikat.

Pelatih berusia 33 tahun ini mampu menorehkan tinta emas saat pertama kali ditunjuk menukangi Hoffenheim, di mana ia mampu mengantar klub berjuluk Die Kraichgauer itu menembus Liga Champions pertama kali sepanjang sejarah.

Baca Juga: 8 Pemain yang Mungkin Bikin Sir Alex Ferguson Menyesal Tidak Meminangnya

Tak main-main, Nagelsmann membawa Hoffenheim menembus Liga Champions saat usianya baru 30 tahun yang membuatnya mendapat perpanjangan kontrak.

Pada akhir musim 2018-2019, Julian Nagelsmann dipinang RB Leipzig yang membuatnya hengkang setelah menjadi pelatih termuda yang mampu mencapai Milestone usai menukangi laga ke-100 di Bundesliga bersama Hoffenheim pada awal tahun 2019.

Bersama RB Leipzig, Nagelsmann memang tak mengantarkan gelar apapun. Namun, ia mampu membuat Die Roten Bullen menjadi penantang gelar yang selalu bertengger di papan atas.

Baca Juga: Argentina Juara Copa America 2021, Tumbangkan Brasil di Final

Prestasi-prestasi yang didapat di usia muda ini lah yang membuat Bayern Munchen berani menebusnya dari RB Leipzig dan membuatnya pelatih dengan transfer termahal.

Uniknya, di Bayern Munchen nanti Nagelsmann akan menukangi para pemain yang secara usia lebih tua darinya yang kini berusia 33 tahun. Pemain tersebut adalah Manuel Neuer yang berusia 35 tahun.

Perbedaan usia di mana pelatih lebih muda dari pemain memang jarang terjadi di sepak bola. Meski demikian, kasus Nagelsmann nyatanya bukan satu-satunya kasus yang ada di dunia sepak bola dalam satu dekade terakhir ini.

Baca Juga: Tampil Aduhai saat Pamer Video Joget, Shafira Ika Bikin Halu Netizen

Lantas siapa saja pelatih yang usianya jauh lebih muda dari pemainnya selain Julian Nagelsmann? Berikut daftarnya.

1. Andre Villas-Boas (33 Tahun)

Julian Nagelsmann memecahkan rekor transfer pelatih termahal sepanjang sejarah. Ia memecahkan rekor transfer pelatih yang dipegang oleh Andre Villas-Boas diboyong Chelsea dari FC Porto pada 2011.

Baca Juga: 5 Wanita Amerika Latin yang Pernah Dikencani Ronaldo, Ada Model dan Eks PSK

Sama seperti Nagelsmann, Villas-Boas datang ke Chelsea di usia muda yakni 33 tahun. Saat itu, ia menukangi deretan legenda The Blues seperti Didier Drogba, Frank Lampard, John Terry dan Petr Cech.

Secara usia, Villas-Boas saat itu berusia sama dengan Drogba dan ia lebih muda dari kiper ketiga Chelsea kala itu, Henrique Hilario.

Saat Villas-Boas datang, Hilario berusia 36 tahun yang membuat pelatih asal Portugal itu menjadi pelatih yang lebih muda dari pemainnya.

Villas- Boas pun dicap gagal di Chelsea dan dipecat di pertengahan musim. Salah satu bekas pemainnya, Frank Lampard, menyebut kegagalannya salah satunya adalah karena ia masih muda (kurang pengalaman).

2. Andrea Stramaccioni (36 Tahun)

Setelah Chelsea menunjuk pelatih muda pada sosok Andre Villas-Boas, Inter Milan menunjuk Andrea Stramaccioni pada pertengahan musim 2011/12.

Stramaccioni menjadi pelatih utama Inter setelah menukangi tim U-19 Nerazzurri. Ia ditunjuk melatih tim senior untuk menggantikan Claudio Ranieri.

Saat ditunjuk, Stramaccioni berusia 36 tahun atau lebih muda dari pemainnya yakni sang kapten Inter Milan, Javier Zanetti, yang berusia 38 tahun.

Nasib Stramaccioni lebih baik dari Villas-Boas. Total 65 laga ia jalani bersama Inter sebelum diturunkan dan digantikan oleh Walter Mazzarri seiring kedatangan pengusaha Indonesia, Erick Thohir.

3. Andrea Pirlo (41 Tahun)

Di awal musim 2020/21 lalu, Juventus membuat keputusan besar untuk menggantikan Maurizio Sarri dengan Andrea Pirlo, pelatih muda non pengalaman.

Entah apa yang melandasi keputusan petinggi Juventus kala itu. Namun, perjudian ini membuat musim Bianconeri berjalan buruk.

Juventus hanya finis di posisi ke-4 Serie A dan tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions akibat tumbang dari FC Porto.

Saat ditunjuk sebagai pelatih di usia 41 tahun, Andrea Pirlo sejatinya tak terbilang muda. Meski demikian, ia tetap lebih muda bila dibandingkan anak asuhnya yakni Gianluigi Buffon yang jadi kiper kedua Juventus dan berusia 42 tahun.

4. Wayne Rooney (35 Tahun)

Dan yang teranyar ada nama Wayne Rooney. Mantan penyerang Manchester United ini ditunjuk menjadi pelatih tim kasta kedua Liga Inggris, Derby County.

Rooney ditunjuk menjadi pelatih sementara atau Caretaker menggantikan Philip Cocu pada November 2020 lalu saat usianya 35 tahun. Kemudian, ia ditunjuk menjadi pelatih tetap pada Januari 2021.

Saat pertama ditunjuk melatih, Rooney merupakan pemain Derby County. Ternyata di klub berjuluk The Rams itu, bukan ia saja yang berusia tua.

Ada nama David Marshall yang merupakan kiper Derby County yang berusia 35 tahun juga. Meski secara angka sama, Marshall nyatanya lebih tua tujuh bulan dari Rooney selaku pelatihnya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak