Boladunia

Legenda Timnas Prancis Bongkar Biang Kerok Kekalahan Les Bleus

Vieira menilai Swiss memang pantas menang.

Husna Rahmayunita

Kylian Mbappe kecewa Prancis kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)
Kylian Mbappe kecewa Prancis kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)

Bolatimes.com - Kekalahan Timnas Prancis di Euro 2020 masih jadi perbincangan hangat. Bukan tanpa sebab, tim yang digadang-gadang jadi juara malah melempem di tengah laga Euro 2020.

Legenda Timnas Prancis, Patrick Vieira kecewa berat atas kekalahan ini. Ia menyoroti aksi Kylian Mbappe yang gagal mengeksekusi gol ke gawang Swiss saat adu pinalti. Baginya itu bukan penyebab utama kekalahan.

Vieira menilai Swiss memang pantas menang dalam laga lawan Prancis karena performa yang bagus.

"Semua orang bisa gagal mengeksekusi penalti, tapi malam ini kami harus memberikan pujian kepada tim Swiss," kata Patrick Vieira seperti disadur dari Express, Selasa (29/6/2021).

"Tim terbaik lolos dan saya kecewa dengan tim Prancis malam ini," sambungnya.

Vieira pun mengungkap analisisnya mengenai penyebab kegagalan Prancis. Menurut Vieira, Timnas Prancis terlalu mengandalkan permainan individu.

Antoine Griezman dan kawan-kawan gagal tampil kompak hingga tak mampu menandingi determinasi dan daya juang tinggi yang ditunjukan Swiss.

Pemain Timnas Prancis kecewa kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)
Pemain Timnas Prancis kecewa kalah dari Swiss di Euro 2020. (AFP/Franck Fife/Pool)

"Malam ini adalah tim nasional yang buruk, mereka tidak menunjukkan semangat dan kami tidak pantas untuk lolos," kata Vieira.

"Kami terlalu bergantung pada individu untuk coba lolos dan pada akhirnya, hal itu justru merugikan mereka [Timnas Prancis]," tambahnya.

Timnas Prancis secara mengejutkan tersingkir dari 16 besar Euro 2020. Hasil memalukan itu disinyalir terjadi karena kesombongan para pemainnya sendiri.

Les Bleus yang merupakan juara Piala Dunia 2018, secara memalukan kalah adu penalti dari Swiss dengan skor 4-5, setelah 120 menit bermain imbang 3-3 di Arena Nationala, Bukarest, Selasa (29/6/2021) dini hari.

Tim besutan Didier Deschamps sejatinya memiliki peluang untuk menang setelah merespons kebobolan cepat di menit ke-15 lewat tiga gol beruntun yang dicetak Karim Benzema (57', 59') dan Paul Pogba (75').

Namun keunggulan itu tak mampu dimanfaatkan mereka dengan baik. Para penggawa Les Bleus dinilai terlalu meremehkan lawan, sebagaimana pendapat kiper Swiss Yann Sommer.

Alhasil, Prancis kecolongan dua gol di menit-menit akhir yang dicetak Haris Seferovic (81'), dan Mario Gavranovic (90').

Skor sama kuat 3-3 pun bertahan hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir. Di momen itu, Prancis seakan telah menggadaikan tiket perempat final, dan lebih milih berjudi dengan memainkan adu penalti.

Hasilnya jelas, Prancis dipaksa bertekuk lutut setelah tendangan Kyliann Mbappe selaku eksekutor terakhir mereka, mampu ditahan Yann Sommer. Swiss pun berhak melaju ke perempat final dengan kemenangan 5-4. (Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini